Tak dapat dipungkiri, ngemil di sela-sela waktu makan memang menyenangkan. Namun, konsumsi camilan berlebihan sering diidentikan dengan perilaku tidak sehat, lho. Pasalnya, banyak yang mengonsumsi makanan kurang sehat sebagai camilan.

Namun faktanya, mengonsumsi camilan justru bisa membawa manfaat kesehatan, lho. Asalkan kamu memilih jenis camilan yang sehat – dan dikonsumsi di waktu yang tepat.

Umumnya, manusia makan sehari tiga kali, yaitu di waktu pagi, siang, dan malam. Tetapi, cukup sulit, lho, memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh hanya dengan makan tiga kali dalam sehari. Untuk itu, ngemil pun menjadi aktivitas yang tak kalah pentingnya.

Tidak hanya menghindari makan, namun mengonsumsi camilan sehat juga bisa mendatangkan sejumlah manfaat. Apa saja? Berikut informasinya!

 

 

Membantu Meningkatkan Metabolisme

Credit Image - alodokter.com

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Healthline, orang dengan masalah obesitas yang mengikuti diet rendah kalori menunjukkan penurunan metabolisme.

Namun sebaliknya, pria muda yang aktif makan camilan tinggi protein – atau tinggi karbohidrat sebelum tidur bisa mengalami peningkatan laju metabolisme yang signifikan keesokan harinya. Artinya, konsumsi camilan sehat yang tepat dapat membantu meningkatkan metabolisme.

 

Mengurangi Nafsu Makan

Dalam sebuah penelitian, pria yang makan snack bar berprotein tinggi – dan berserat tinggi memiliki kadar hormone gherlin kelaparan yang lebih rendah dan kadar hormon kenyang GLP-2 yang lebih tinggi, Selain itu, mereka juga mengonsumsi rata-rata 425 kalori lebih sedikit per hari.

Studi lain pada 44 wanita dengan obesitas atau kelebihan berat badan mencatat bahwa camilan sebelum tidur yang tinggi protein atau karbohidrat menyebabkan penurunan rasa lapar dan perasaan kenyang yang lebih besar keesokan paginya.

 

Menyeimbangkan Kadar Gula

Credit Image - sehatq.com

Ngemil juga membantu mengontrol kadar gula darah. Namun, kamu harus memperhatikan jenis snack yang kita makan. Untuk menyeimbangkan kadar gula darah, kamu mesti mengonsumsi camilan rendah karbohidrat dan tinggi serat. Sebab, jenis camilan tersebut secara konsisten menunjukan efek yang lebih baik pada gula darah dan kadar insulin.

Camilan dengan kandungan protein tinggi juga dapat meningkatkan kontrol gula darah. Dalam sebuah penelitian pada 20 pria sehat, makan camilan susu rendah karbohidrat tinggi protein menyebabkan kadar gula darah lebih rendah sebelum makan berikutnya, dibandingkan dengan camilan susu tinggi karbohidrat atau jus jeruk.

Semua manfaat ngemil tersebut bisa kamu dapatkan jika yang kamu konsumsi adalah camilan sehat seperti buah, sayur, yogurt dan biji-bijian.
 

Kebisaan Ngemil yang Berbahaya

Konsumsi makanan ringan bisa menjadi berbahaya, apabila kamu mengonsumsi makanan tak sehat, seperti junk food, makanan olahan, dan makanan kemasan. Apa yang kamu makan memiliki dampak yang lebih signifikan terhadap kesehatan daripada saat kamu makan.

Kunci terpenting adalah mengonsumsi makanan yang sehat, termasuk saat snacking atau ngemil. Lalu, kamu juga harus memastikan idak mengonsumsi lebih dari kalori yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari.

 

Konsumsi Multivitamin untuk Penuhi Asupan Nutrisi

Credit Image - healthline.com

Selain mengonsumsi camilan sehat, memenuhi asupan nutrisi harian juga dapat ditingkatkan dengan menerapkan gaya hidup sehat lainnya, termasuk rutin berolahraga, istirahat yang cukup, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, dan kelola stres dengan baik.

Agar maksimal, kamu pun disarankan memenuhi kebutuhan vitamin vitamin C dan vitamin B kompleks per hari. Kedua vitamin tersebut dapat ditemui dalam berbagai sumber makanan sehat, seperti buah dan sayur.

Selain mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan vitamin C, kamu sangat disarankan untuk minum multivitamin untuk penuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi. Kamu direkomendasikan konsumsi Enervon-C dan Enervon Active.

Mengapa Enervon-C? Karena multivitamin Enervon-C mengandung sejumlah vitamin baik, seperti Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat bantu jaga daya tahan tubuhmu, biar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg. Atau, jika ingin lebih maksimal, minum Enervon-C Effervescent – mengandung Vitamin C 1000 mg dan bisa memberi sensasi segar.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Dengan rutin mengonsumsi multivitamin dari Enervon, imunitas tubuh bakal lebih kuat, sehingga tidak mudah terjangkit penyakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia.

 

Itulah ketiga manfaat baik dari mengonsumsi camilan. Selama kamu sudah memilih jenis camilan yang tepat, maka dampak baiknya pun bisa dirasakan!

 

 

Featured Image – healthyyouvending.com

Source – kompas.com