Orang yang terbiasa mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayuran biasanya memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit diabetes, penyakit jantung, stroke, sebagian jenis kanker, dan menderita obesitas.

Mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, disertai dengan daging rendah lemak, merupakan salah satu pola diet sehat alami yang aman untuk kamu jalani. Selain itu, buah dan sayur juga merupakan sumber serat, vitamin, mineral, serta senyawa penting lainnya yang dibutuhkan tubuh, seperti antioksidan.

Jika saat ini kamu belum menjalani pola diet ini, mungkin kamu akan lebih berminat setelah mengetahui berbagai manfaat diet sehat alami dengan buah dan sayuran, seperti berikut ini.

1. Menyehatkan pencernaan

Credit: 1health.id

Buah dan sayuran mengandung serat alami yang mudah dicerna tubuh. karena mudah menyerap air, serat ini dapat meringankan atau mencegah konstipasi, karena mendorong rasa ingin buang air besar menjadi lebih rutin dan lancar.

Diet sehat alami dengan buah yang menambah asupan serat dan air dapat memberi efek kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu menunda lapar dan membantu menjaga berat badan.

2. Menurunkan tekanan darah

Credit: topmedia.co.id

Pola diet ini dapat membantu tekana  darah menjadi lebih rendah. Orang dengan tekanan darah tinggi yang menjalani diet buah, sayuran, susu rendah lemak, dan membatasi asupan lemak, dapat mengalami penurunan tekanan darah menyerupai efek obat.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Credit: hellosehat.com

Orang yang menjalani diet buah atau mengonsumsi rata- rata delapan atau lebih takaran saji buah dan sayur per hari, berpeluang 30 oresen lebih rendah untuk mengalami serangan jantung dan stroke.

Buah yang paling baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung adalah jeruk, lemon, limau, dan anggur. Sedangkan untuk jenis sayurannya adalah sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, kubis, dan selada.

4. Menyehatkan mata

Credit: liputan6.com

Diet sehat alami dengan buah dan sayuran dapat membantu menyehatkan mata. Diet ini juga dapat membantu mencegah penyakit mata seperti katarak dan degenerasi macula. Manfaat diet buah ini didapatkan dari kandungan antioksidan dan vitamin, seperti vitamin C, yang tinggi dikandung oleh buah- buahan.

5. Melawan kanker

Credit: hariansuara.com

Sejumlah penelitian mengaitkan antara diet buah dan sayur dengan perlindungan alami tubuh terhadap kanker. Dikatakan bahwa banyak mengonsumsi buah dapat melawan kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus besar, dan paru- paru.

 

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari diet sehat alami dengan buah dan sayuran, ada baiknya kamu coba untuk menerapkan pola diet ini pada kehidupan sehari- hari. Dan jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin C dari Enervon secara rutin untuk bantu jaga daya tahan tubuhmu.

 

Featured Image - cookinglight.com