Rumah bukan hanya tempat untuk istirahat, tetapi juga tempat berkumpulnya anggota keluarga. Karena itu, membersihkan rumah secara rutin harus dilakukan setiap keluarga. Jika rumah kotor dan berantakan, hal ini tentu akan membuat penghuninya tidak betah.

Meskipun melelahkan, membersihkan rumah dapat menjaga kesehatan fisik dan mental. Bahkan, melakukan aktivitas fisik seperti bersih- bersih selama 20 menit dapat mengurangi kecemasan dan stress, lho!

Selain itu ada beberapa manfaat kesehatan lainnya dari menjadikan hunianmu sebagai rumah sehat.

1. Menghalau penyebaran penyakit

Credit: thehealthy.com

Rumah yang jarang dibersihkan akan jadi sarang kuman, debu, tungau, dander hewan (sel kulit mati hewan yang mengelupas), bakteri, dan jamur. Membersihkan kamar mandi, kamar tidur, tempat cuci piring, lantai dan dinding rumah dapat melindungi kamu dan keluarga dari kuman berbahaya.

Selain area- area tersebut, dapur juga seringkali jadi sarang tumbuhnya penyakit. Jadi, ada baiknya selalu bersihkan dapur terutama sehabis memotong atau membersihkan bahan makanan mentah, terutama daging mentah yang bisa menjadi sarana penyebaran kuman.

2. Mencegah berkumpulnya tikus dan serangga

Credit: rd.com

Tikus dan serangga merupakan hewan yang suka berada di lingkungan yang kotor. Mereka bisa berkembang biak dan lebih mudah bersembunyi di rumah yang berantakan. Selain itu, mereka dapat menyebarkan penyakit, bakteri, kuman, dan alergi.

Dengan menjadikan tempat tinggalmu sebagai rumah sehat, menutup makanan setiap habis makan, dan membuang sampah setiap hari, maka hal ini bisa menghindari adanya tikus dan serangga di rumah.

3. Mengurangi risiko alergi

Credit: 5pointeye.com

Di dalam rumah yang berantakan, akan banyak sekali tungau debu rumah yang dapat menimbulkan alergi dan bisa menimbulkan serangan asma. Tungau sendiri dapat ditemukan di Kasur, bantal, guling, sofa, karpet, dan gorden.

Bersihkan dan jemur peralatan tidur, gorden, dan karpet rumah secara rutin minimal tiga minggu sekali. Selain itu, pastikan setiap ruangan kamar memiliki ventilasi yang baik sehingga sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan.

4. Meminimalkan stress

Credit: foxnews.com

Seringkali ketika kamu sedang buru- buru dan sulit untuk menemukan suatu barang karena kondisi rumah yang berantakan. Hal ini bisa membuat kamu bertambah stress dan lebih lelah karena harus menggunakan energi tambahan untuk mencari barang. Jadi, ada baiknya selalu rapihkan barang- barang dirumah agar tetap bersih dan rapih.

 

Ada baiknya buat jadwal rutin untuk membersihkan dan merapihkan rumah. Mulai dari kamar mandi, kamar tidur, dapur, ruang keluarga, garasi, hingga Gudang. Tidak hanya lantai saja yang dibersihkan, tetapi hingga ke dinding. Karena bisa saja dinding juga menjadi sarang berkumpulnya kuman.

Ayo jaga kesehatan keluarga dengan rutin membersihkan dan merapihkan rumah. Dengan begitu hunian kamu pun menjadi rumah sehat yang bisa memberikan banyak manfaat pada penghuninya.

 

Featured Image - cleanmyspace.com