Jika dilihat secara sepintas, dunia kerja memang terlihat menyenangkan, terutama bagi kamu yang baru saja lulus kuliah dan baru akan masuk dunia kerja.

Kamu memang menjadi mandiri secara finansial dan memiliki banyak relasi baru. Selain itu, kamu bisa membeli barang yang kamu inginkan tanpa harus meminta ke orangtua lagi. Meskipun banyak hal menyenangkan, tetapi ada beberapa realita baru yang akan kamu temui ketika sudah bekerja. Berikut ini ulasannya.

1. Rutinitas yang membosankan

Credit: liputan6.com

Bekerja pasti memiliki waktunya sendiri, kecuali kamu bekerja freelance. Setiap hari kerja kamu harus bangun pagi dan siap- siap untuk berangkat kerja. Kemudian, sorenya kamu baru bisa pulang dan beristirahat.

Bagi kamu yang menyukai keteraturan, hal seperti ini mungkin dirasa tidak membosankan. Namun, bagi kamu yang suka dengan hal- hal baru, kemungkinan kamu bisa bosan dengan rutinitas seperti ini. Agar kamu tidak bosan, lakukan lah hal- hal di luar pekerjaan yang bisa menghiburmu, seperti hangout dengan teman sepulang kerja.

2. Gaji yang terkadang tidak sesuai ekspektasi

Credit: sigmahris.com

Gaji yang diberikan perusahaan terkadang tidak sesuai dengan ekspektasimu. Meskipun kamu sudah bekerja keras, tetapi kamu merasa bahwa gaji yang didapatkan segitu- gitu saja. Tapi, jangan sedih, jika perusahaanmu fair, atasanmu akan melihat prestasi dan kamu bisa mendapatkan promosi.

3. Attitude diutamakan

Credit: tipsgayahidup.com

Di dunia kerja kamu dituntut untuk bersikap professional. Maka dari itu, kamu harus bisa menjaga attitude-mu ketika bekerja. Bersikap sopan kepada siapapun dalam situasi apapun akan membuatmu lebih dihargai orang- orang sekitar.

Dan jika ada hal yang membuatmu tidak suka, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu sebelum kamu mengutarakannya di depan umum.

4. Tidak semua orang bisa dipercaya

Credit: shrm.com

Selain menjaga sikap, kamu juga harus berhati- hati dalam mempercayai orang. Semua orang memang terlihat baik, namun bisa jadi mereka akan bersikap berbeda di belakangmu.

Beberapa orang terkadang suka menjatuhkan temannya sendiri untuk kepentingan pribadi. Ada juga yang memiliki niat buruk, apalagi jika sudah berhubungan dengan uang. Selain itu, kamu perlu berhati- hati dalam mempercayakan rahasiamu kepada teman- teman sekantor. Jika kamu tidak selektif, kamu akan dijadikan bahan gossip.

5. Tekanan pekerjaan yang tidak ada habisnya

Credit: testofy.com

Bekerja memang membuatmu jadi lelah dan bagimu semua tekanan ini mungkin terasa tidak ada habis- habisnya. Tapi jangan khawatir, setiap pekerjaan pasti memiliki tekanannya masing- masing. Kamu hanya perlu mengatur emosimu. Karena jika kamu tidak pandai mengatur emosi, kamu akan menjadi stress dan kemudian sakit.

Sebaiknya hargai waktu istirahatmu, jangan paksakan diri jika sudah merasa lelah. Selain itu, jaga pola makan agar tubuh selalu fit. Dan ambil beban kerja yang sesuai dengan kemampuanmu, serta kamu harus berani menolak jika beban kerjamu sudah banyak.

6. Kamu akan menemui kegagalan

Credit: magazine.job-like.com

Hadapi kenyataan bahwa kamu tidak selalu berhasil. Di dunia kerja, kamu akan menemui hal- hal buruk, seperti hasil pekerjaan yang tidak bagus, atau gagal dalam suatu proyek.

Meski begitu, jangan mudah menyerah. Belajar dari kegagalan, dan suatu saat nanti kamu akan berprestasi dari hasil kerjamu.

 

Featured Image - .iamexpat.nl