Sejak akhir bulan Juli silam, vaksinasi booster kedua telah digelar khusus untuk tenaga kesehatan sebagai garda terdepan. Diperkirakan ada sekitar lebih dari empat juta nakes yang menerima vaksin Covid-19 dosis keempat.

Seperti yang diketahui, nakes diprioritaskan mendapat booster kedua karena masuk dalam kelompok rawan. Mengingat, gelombang Omicron baru tengah mengancam – dan antibodi pasca vaksinasi dosis ketiga diyakini bisa meredup setelah enam bulan disuntikkan.

Jika kini booster kedua masih diprioritaskan untuk nakes, kapan masyarakat umum dapat menerimanya? Cari tahu ulasannya di bawah ini!

 

 

Kapan Masyarakat Umum bisa Peroleh Booster Kedua?

Credit Image - alodokter.com

Menurut juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril, vaksin Covid-19 booster kedua masyarakat bakal didahulukan pengidap komorbid dan lansia. Targetnya pun tidak lewat dari tahun 2022 ini.

Namun, rencana tersebut tentunya masih membutuhkan analisis langsung dan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI). Pemerintah juga akan fokus melihat capaian vaksinasi booster pertama atau dosis ketiga terlebih dahulu.

Alasan di balik diberikannya vaksinasi dosis keempat untuk nakes adalah kondisi pandemi yang masih mengalami fluktuasi kenaikan kasus, untuk itu, berdasarkan rekomendasi ITAGI dan berbagai pihak, diberikanlah booster kedua untuk nakes.

 

Jarak Waktu Booster Satu dan Dua

Credit Image - balipost.com

Seperti halnya pemberian vaksin Covid-19 dosis sebelumnya, vaksin booster kedua ini diberikan dengan ketentuan jarak interval tertentu.

Menurut SE Nomor HK.02.02/C/3615/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan, pemberian vaksinasi dosis keempat atau booster kedua dapat dilakukan setelah 6 bulan menerima vaksinasi dosis ketiga atau booster pertama.

Dalam surat edaran, disebutkan bahwa pemberian vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua diberikan dengan interval selama 6 bulan sejak vaksinasi dosis booster pertama. Jadi, jangan sampai kamu keliru lagi, ya!

 

Jenis Vaksin yang Dapat Diberikan

Credit Image - health.detik.com

Vaksin yang dapat digunakan untuk dosis booster ke-2 ini adalah vaksin Covid-19 yang telah mendapatkan Persetujuan Penggunaan Dalam Kondisi Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan memperhatikan ketersediaan vaksin yang ada.

Berdasarkan surat dengan nomor SR.02.06/C/3632/2022 mengenai Regimen Vaksinasi Covid-19 Dosis Lanjutan Kedua (Booster Ke-2) Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDM Kesehatan), berikut daftar vaksin yang diberikan untuk booster kedua, antara lain:

Bagi tenaga kesehatan yang mendapatkan booster pertama dengan jenis vaksin Sinovac, diberikan vaksin:

  • AstraZeneca: separuh dosis (half dose) atau 0,25 ml
  • Pfizer: separuh dosis (half dose) atau 0,15 ml
  • Moderna: dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml
  • Sinopharm: dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml
  • Sinovac: dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml

 

Bagi tenaga kesehatan yang mendapatkan booster pertama dengan jenis vaksin AstraZeneca, diberikan vaksin:

  • Moderna: separuh dosis (half dose) atau 0,25 ml
  • Pfizer: separuh dosis (half dose) atau 0,15 ml
  • AstraZeneca: dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml

 

Bagi tenaga kesehatan yang mendapatkan booster pertama dengan jenis vaksin Pfizer, diberikan vaksin:

  • Pfizer: dosis penuh (full dose) atau 0,3 ml
  • Moderna: separuh dosis (half dose) atau 0,25 ml
  • AstraZeneca: dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml

 

Bagi tenaga kesehatan yang mendapatkan booster pertama dengan jenis vaksin Moderna, diberikan vaksin:

  • Moderna: separuh dosis (half dose) atau 0,25 ml

 

Bagi tenaga kesehatan yang mendapatkan booster pertama dengan jenis vaksin Sinopharm, diberikan vaksin:

  • Sinopharm: dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml

Vaksinasi dosis keempat sudah mulai diberikan yang diawali dengan nakes, tetapi untuk menjaga diri dari infeksi virus, kamu harus menjaga daya tahan tubuh yang merupakan kunci utama dalam menghindari paparan virus penyebab penyakit.

Kamu dianjurkan untuk menerapkan gaya hidup sehat, dimulai dari istirahat cukup, tetap berolahraga, mengelola stres dengan baik, menjaga kebersihan diri, serta memaksimalkannya dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap yang bisa menjaga kekebalan tubuh secara optimal.

Untuk multivitamin, namun sebaiknya apa suplemen yang dikonsumsi? Nah, direkomendasikan

untuk mengonsumsi multivitamin dari Enervon secara rutin.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang memiliki masalah lambung sensitif – direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas tubuhmu.

Dan kedua multivitamin ini pun dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Untuk anak-anak, dapat diberikan Enervon-C Plus Sirup. Multivitamin andalan ini memiliki kandungan lengkap, seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit, menjaga anak tetap aktif selama masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, sekaligus dapat membantu pembentukan tulang dan gigi.

Dan bagi usia lanjut, dapat diberikan multivitamin Enervon Gold yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Omega-3, Asam Folat, dan Lutein yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, membentuk energi, hingga menjaga kesehatan otak, kesehatan jantung, dan juga kesehatan mata.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa segera membelinya di official store di e-commerce, atau langsung klik di sini, ya!

 

Diperkirakan masyarakat umum, diprioritaskan untuk pemilik komorbid dan lansia, akan mendapatkan vaksin booster kedua di akhir tahun ini. Saat ini, baru nakes yang dapat menerima dosis keempat!

 

 

Featured Image – rumah.com

Source – detik.com