Liburan bisa membuatmu menjauh sejenak dari rutinitas sehari- hari, sekaligus membuat pikiranmu jadi lebih fresh dan rileks. Tapi, banyak yang menganggap kalau berlibur merupakan kegiatan yang memerlukan banyak uang.

Padahal, masih banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat budget liburanmu. Bahkan, walaupun sedang tidak ada diskon dari aplikasi pemesanan tiket dan hotel, kamu masih bisa menghemat biaya liburan.

Bagaimana caranya? Berikut ini tipsnya.

1. Pilih menginap di hostel atau homestay

Credit: travel.kompas.com

Sekarang ini sudah ada banyak sekali tempat penginapan murah dengan kualitas yang baik. Harganya, tentu sudah tentu lebih murah daripada harga kamar di hotel. Jadi, kalau budget mu terbatas, pilihlah menginap di hostel atau homestay di rumah penduduk lokal yang disewakan.

2. Bawa makanan

Credit: productnation.co

Kalau kamu berencana untuk berlibur dalam jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya bawalah makanan sendiri. Hal ini untuk menyiasati budget liburan, agar tidak terlalu membludak. Karena, harga makanan di beberapa tempat bisa saja sangat mahal.

Jika takut repot, kamu bisa membawa makanan dalam kemasaan yang praktis, seperti rendang kaleng, abon, kering tempe, dan lain sebagainya.

3. Ajak teman liburan bersama

Credit: hipwee.com

Solo travelling memang menyenangkan. Namun, daripada kamu melakukan perjalanan sendiri, lebih baik ajak teman- temanmu untuk pergi berlibur bersama. Dengan pergi berlibur bersama teman, kamu bisa mengirit biaya penginapan.

4. Pilih waktu liburan pada low season

Credit: erv.co.uk

Pemilihan waktu liburan yang tepat juga bisa membantumu menghemat budget liburan. Sebaiknya pilihlah pada saat low season. Karena pada waktu tersebut, harga tiket pesawat dan penginapan biasanya jauh lebih murah dari biasanya.

Ditambah lagi ketika kamu pergi liburan saat low season akan terasa lebih nyaman dan kamu bisa lebih leluasa menikmati tempat wisata tanpa harus berdesakan dengan banyak orang.

5. Gunakan transportasi public

Credit: curbed.com

Transportasi merupakan hal penting yang harus kamu pikirkan selama liburan dan kamu harus menyiapkan budget khusus untuk ini. Untuk menghemat budget, kamu bisa menggunakan transportasi public karena lebih hemat. Misalnya, saat pergi ke Jogja, kamu bisa mencoba memakai Trans Jogja untuk berkeliling kota.

6. Kunjungi destinasi wisata yang gratis

Credit: tripsavvy.com

Beberapa destinasi wisata mungkin berbayar. Harga tiket masuk yang ditetapkan bisa saja sangat mahal dan menguras budgetmu. Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa hemat dengan mengunjungi wisata gratis yang ada di kota tujuanmu. Misalnya, seperti Merlion Park di Singapura, Tokyo Imperial Palace di Jepang, atau Pantai Kelan di Bali.

 

Ternyata banyak ya cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat budget  liburan! Jadi, nggak perlu lagi deh menunggu diskon tiket ataupun tempat penginapan, sekarang kamu tetap bisa pergi berlibur hemat ke negara atau kota tujuan kamu!

 

Featured Image - worldtravelguide.net