Moms dan dads, memupuk rasa cinta tanah air pada Si Kecil merupakan salah dari sekian banyak hal yang mesti ditanamkan sejak ia berusia dini. Hal ini akan membuat anak lebih mengenal negaranya dan menumbuhkan rasa cinta terhadap bangsa dan negara.

Tidak hanya mengandalkan lembaga formal seperti sekolah, seperti melalui pelajaran kewarganegaraan saja, tetapi rasa cinta tanah air justru harus dibentuk dari unit sosial terkecil, yaitu keluarga. Ingat, moms dan dads punya peran penting dalam menanamkan perasaan ini, lho!

Lantas, apa saja yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air pada anak? Berikut deretan tips yang dapat diterapkan. Simak di bawah ini.

 

 

Sering Memaparkan

Credit Image - kumparan.com

Perkenalkan anak dengan Indonesia beserta seluruh keberagamannya, baik kondisi alam maupun budayanya. Nah, hal ini akan menjadi bekal pengetahuan dan kebanggan Si Kecil bahwa Indonesia sangat kaya.

Akan tetapi, yang mesti moms dan dads ketahui, jangan sampai anak berpikir bahwa apa yang dimiliki oleh budaya atau negaranya lebih baik dari yang lain. Ajarkanlah bahwa keberagaman yang ada ini menciptakan keindahan.

 

Membacakan Dongeng Kisah Pahlawan

Jika moms dan dads memiliki kebiasaan untuk membacakan si kecil dongeng sebelum tidur, maka hal ini bisa menjadi momen yang tepat untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dalam dirinya. Kamu bisa mencoba untuk berdongeng tentang kisah pahlawan Indonesia dan perjuangannya dalam memerdekakan Indonesia, lho!

Moms dan dads bisa memilih cerita tentang sejarah kemerdekaan, perjuangan para pahlawan, dan segala hal lainnya mengenai Indonesia yang menarik. Untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air tersebut, ajak Si Kecil untuk berdiskusi mengenai dongeng yang dibacakan dan tanyakan pahlawan yang didambakan.

 

Mengajak Menyanyi Lagu Nasional

Credit Image - rumahprivat.com

Pasti banyak sekali anak yang suka menyanyi – apakah anakmu salah satunya, moms dan dads? Jika ia, ini dapat memudahkanmu untuk menumbuhkan cinta tanah air padanya untuk belajar lebih dalam mengenai Indonesia.

Nah, kamu bisa mengenalkannya dengan memutarkan lagu-lagu kebangsaan, lagu nasional, atau lagu daerah. Ajak ia menyanyi bersama dan tanyakan jika pada beberapa lagu yang diputar, adakah yang menarik perhatiannya. Dengan cara ini, anak akan semakin merasa dekat dengan budaya Indonesia dan hafal akan lagu-lagu nasional. Sehingga, rasa cinta tanah air akan tertanam.

 

Hindari Underestimate Tanah Air!

Setiap negara pasti punya dinamika tersendiri. Tidak ada negara yang sempurna tanpa masalah. Akan tetapi, sebagai orangtua, kamu dianjurkan untuk tidak selalu mengucapkan kalimat bernada merendahkan atau underestimate terhadap negara di depan anak-anak. Sebab, ia juga akan menyerap kesangsian orang tua tersebut terhadap negaranya.

 

Kenalkan Tempat Bersejarah

Credit Image - jalananjogja.com

Selain deretan kegiatan di atas, hal lain yang juga digemari oleh anak-anak adalah jalan-jalan. Namun mengingat pandemi yang saat ini masih melanda, kamu tetap bisa menjadikan hal ini sebagai momen untuk mengajari menumbuhkan cinta tanah air pada anak tentang sejarah Indonesia, lho.

Moms dan dads bisa mengajak anak berwisata ke museum atau tempat-tempat bersejarah. Saat ini, sudah banyak sekali museum-museum sejarah di Indonesia, yang bahkan dapat diakses secara online. Menyenangkan, ya?

Selain itu, kamu juga bisa mengajak Si Kecil mengikuti klub sejarah. Banyak yang berkata bahwa pelajaran sejarah sangat membosankan. Kamu bisa coba mengikutkan si kecil ke klub sejarah. Di sana, ia akan belajar sejarah dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan.

 

Mengajak Anak Mengikuti Momen Perayaan Kenegaraan

Dorong anak aktif ikut kegiataan perayaan kenegaraan seperti lomba di hari kemerdekaan, karnaval peringatan Sumpah Pemuda, atau upacara hari pahlawan. Ini akan menjadi memori masa kecilnya yang akan ia bawa hingga dewasa sekalipun ia sudah berada di luar negeri untuk belajar atau bekerja kelak.

 

Kenalkan Lewat Makanan

Credit Image - siasatpartikelir.com

Indonesia juga kaya akan makanan yang bercita rasa tinggi. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara penghasil rempah. Banyak warga negara Indonesia yang selalu merindukan masakan Indonesia saat berada di luar negeri.

Tidak hanya disukai oleh warga Indonesia, namun makanan Indonesia juga digemari oleh banyak warga asing, lho. Jadi, masakan Nusantara bisa jadi kebanggan tersendiri – dan ini bisa moms dan dads jadikan cara untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak, ya.

Makanan asal Indonesia juga diwarnai dengan beragam macam sayuran yang tentu baik untuk kesehatan Si Kecil. Sayuran kaya akan kandungan vitamin untuk mencukupi nutrisi guna mendukung tumbuh kembangnya.

Selain dari sayuran, kamu juga dianjurkan memberikan suplemen tambahan yang memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Enervon-C Plus Sirup mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit, menjaga anak tetap aktif selama masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, sekaligus dapat membantu pembentukan tulang dan gigi.

Untuk mendapatkan produk Enervon-C Plus Sirup, moms dan dads bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia, yuk, moms dan dads tumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak dengan menerapkan deretan hal di atas!

 

 

Featured Image – blog.klikindomaret.com

Source – parenting.co.id