Beberapa waktu silam, Badan Keamanan Kesehatan Inggris telah mengkonfirmasi empat kasus baru dari penyakit monkeypox di London, Inggris. Penyakit yang satu ini memang mengkhawatirkan warga dunia, karena cukup membahayakan kondisi kesehatan.

Meski masih jarang terjadi, jenis cacar yang satu ini sudah masuk ke dalam jajaran penyakit berbahaya dan menular. Tetap, penularan dari manusia ke manusia masih jarang ditemukan, namun lebih sering dari hewan ke manusia.

Untuk melindungi diri dari infeksi penyakit ini, ada deretan langkah pencegahan yang penting dilakukan. Yuk, simak informasi lengkapnya!

 

 

Rutin Mencuci Tangan

Credit Image - yalemedicine.org

Hingga saat ini belum ditemukan pengobatan yang efektif untuk mengatasi virus cacar monyet. Namun tidak ada salahnya untuk rutin mencuci tangan hingga bersih.

Setelah beraktivitas, jangan lupa untuk selalu cuci tangan. Sebab ada banyak bakteri dan kotoran setelah melakukan kegiatan di luar rumah. Selain itu, cuci tangan dengan memakai sabun ya.

Agar manfaat mencuci tangan bisa dirasakan secara maksimal, berikut ini sejumlah langkah tepat ketika melakukannya.

  • Basahi tangan dengan air mengalir, bisa menggunakan air dingin atau hangat suam-suam kuku
  • Tuangkan sabun khusus cuci tangan secukupnya di telapak tangan, lalu usapkan di seluruh bagian tangan sampai seluruhnya terkena sabun
  • Gosok-gosok telapak tangan
  • Lanjutkan dengan menggosok punggung tangan bagian kanan dan kiri
  • Kemudian gosokkan sabun di masing-masing jari, termasuk ke sela-sela jari. Sebab sela-sela jari merupakan salah satu tempat persembunyian kuman
  • Gosok bagian belakang jari dengan gerakan saling mengunci
  • Gosok ibu jari menggunakan tangan yang lain dengan gerakan memutar. Lakukan hal yang sama dengan ibu jari satunya.
  • Bersihkan bagian kuku dan ujung jari dengan gerakan menguncup
  • Bilas tangan dengan air mengalir selama 20 detik lalu keringkan dengan tisu atau handuk bersih sekali pakai

 

Konsumsi Makanan Hewan yang Matang

Terkadang banyak orang yang memasak tidak begitu matang, apalagi makanan yang dimasak berasal dari hewan. Agar terhindar dari virus cacar monyet, setidaknya perlu diperhatikan tingkat kematangannya.

Masalah utama dari makan makanan mentah terdapat pada parasit dan bakteri. Tidak menutup kemungkinan mikroorganisme ini hidup pada sayur maupun daging mentah. Dengan memperhatikan tingkat kematangannya, makanan yang berasal dari hewan bisa terhindar dari kuman maupun bakteri.

 

Gunakan Pelindung Diri Saat Beraktivitas di Luar Rumah

Credit Image - healthline.com

Saat melakukan aktivitas yang cukup padat, siapkan alat pelindung diri secara konsisten. Salah satunya yang bisa dilakukan dengan memakai masker dan siapkan hand sanitizer.

Penggunaan hand sanitizer direkomendasikan jika kamu sedang berada di kondisi yang tidak memungkinkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Dengan kandungan 60 persen alkohol, hand sanitizer dapat membantu membersihkan tangan sementara waktu.

Akan tetapi, hand sanitizer tidak berarti menggantikan aktivitas mencuci tangan. Sebab hand sanitizer hanya membantu menghilangkan sebagian jenis kuman, kotoran, maupun minyak yang menempel pada tangan.

Dan bagi petugas kesehatan, siapkan juga alat pelindung diri secara lengkap pada saat berkontak langsung dengan pasien pengidap cacar monyet.

 

Konsumsi Makanan Sehat

Selain makanan hewan, makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan juga tak kalah penting untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya baik untuk tubuh, makanan sehat juga penting agar kesehatan imunias terjaga.

Imunitas tubuh memiliki peran yang penting. Jika imunitas lemah, ini akan memudahkan virus dan penyakit mudah masuk ke tubuh.

Selai dengan mengonsumsi makanan sehat, menjaga daya tahan tubuh juga dianjurkan dengan rutin berolahraga, istirahat yang cukup, serta memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

Baik vitamin maupun mineral, keduanya dapat diperoleh dari makanan bergizi, kemudian dilengkapi dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap. Nah, kamu direkomendasikan untuk meminum multivitamin dari Enervon secara rutin, ya.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang para kaum aktif, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas tubuhmu.

Dan kedua multivitamin ini pun dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Kemudian, bagi usia emas, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Gold yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Omega-3, Asam Folat, dan Lutein yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, membentuk energi, hingga menjaga kesehatan otak, kesehatan jantung, dan juga kesehatan mata.

Dan untuk anak-anak, direkomendasikan mengonsumsi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang penting untuk menjaga kesehatan Si Kecil.

Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan multivitamin Enervon pilihanmu, segera kunjungi official store-nya di sini.

 

Hindari Bepergian ke Daerah yang Rentan Cacar Monyet

Credit Image - english.alarabiya.net

Liburan memang menjadi kebutuhan bagi setiap orang, apalagi bila waktunya hanya diisi dengan aktivitas yang padat. Tapi, kamu perlu hindari bepergian ke daerah atau negara yang rentan terhadap virus cacar monyet.

Karena jika dipaksakan, ini sama saja menularkan virus tersebut ke tubuh. Maka dari itu, hindari bepergian atau liburan dulu, ya. Tunda rencana bepergian hingga kondisi menjadi lebih kondusif.

 

Saat ini, cacar monyet menjadi salah satu penyakit menular yang harus diwaspadai. Meski kasusnya belum ditemukan di Indonesia, namun ada baiknya kamu tetap melakukan langkah pencegahannya, ya!

 

 

Featured Image – wyomingnewsnow.tv

Source – popmama.com