Bukan rahasia lagi kalau mengonsumsi buah dan sayur dapat mendatangkan berbagai manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik serta kaya serat – yang dapat memperlancar pencernaan serta menjaga sistem imunitas.

Selain itu, buah-buahan menyediakan macam antioksidan untuk meningkatkan kesehatan dan menjauhi tubuh dari radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Meski banyak manfaatnya, sayangnya masih banyak yang malas, bahkan enggan memasukkan buah-buahan ke dalam menu hariannya. Apakah kamu termasuk? Kalau begitu, ada beragam informasi soal pentingnya asupan buah yang perlu kamu ketahui.

Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

 

 

Konsumsi Buah di Indonesia Masih Kurang

Credit Image - gemapos.id

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan bahwa jumlah masyarakat Indonesia yang mengonsumsi sayur dan buah masih di bawah 10 persen. Hal ini menjadi salah satu penyebab meningkatnya angka penyakit tidak menular, seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit lainnya. 

Buah berfungsi penting untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Namun, nyatanya konsumsi buah masyarakat masih jauh dari cukup. Rata-rata konsumsi buah di Indonesia tahun 2020 baru mencapai 88,56 gram/kapita/hari, bahkan turun sebesar 1,4 persen dibanding 2019.

 

Pentingnya Konsumsi Buah untuk Kesehatan Tubuh

Dilansir dari IDN Times, konsumsi buah dan kekebalan tubuh memiliki kaitan yang sangat erat. Ia mengatakan bahwa buah mengandung banyak sekali mikronutrien yang sangat penting bagi tubuh. 

Mikronutrien ini menjadi salah satu faktor penting yang mendasari sistem kekebalan tubuh. Saat tubuh kekurangan mikronutrien, sistem kekebalan tubuh menjadi tidak efektif dalam melawan patogen penyebab penyakit. 

Untuk itu, memastikan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang sangat diperlukan. Di sini, buah memegang peranan penting, karena mengandung ragam vitamin, mineral, serat pangan, dan antioksidan. Jadi, buah membantumu membangun dan mengoptimalkan sistem daya tahan tubuh.

 

Asupan Buah Ideal yang Perlu Diketahui

Credit Image - popsugar.com

Porsi asupan buah yang ideal adalah minimal tiga kali sehari. Kamu dianjurkan konsumsi tiga porsi buah ini dibagi menjadi pagi, siang, dan malam. Asupan buah ini akan menjadi lebih baik lagi jika bisa dibagi menjadi buah-buahan yang beragam. Selain itu, buah juga bisa dikonsumsi dalam bentuk jus. 

Kemudian, kamu disarankan untuk membangun kebiasaan mengonsumsi buah sejak dini. Orangtua juga harus memberikan contoh yang baik kepada anaknya, seperti memakan buah di depan anak dan mengisi kulkas dengan buah-buahan.

 

Waspada, Kurang Asupan Buah dalam Jangka Panjang dapat Sebabkan Kanker Usus Besar

Jika kamu kekurangan asupan buah, hal ini tentu dapat menyebabkan sembelit. Masalah ini pun kerap dialami kebanyakan orang. Sembelit terjadi karena tubuh kekurangan serat – sementara serat berperan penting dalam proses pencernaan.

Jika ini terus terjadi, sembelit berkepanjangan bisa mengakibatkan kanker usus besar. Selain itu, seseorang yang kurang asupan mikornutiren dalam buah bisa mengalami berbagai macam gangguan kesehatan, termasuk risiko CA colon atau kanker usus besar.

 

Lengkapi Kebutuhan Mikronutrien, Yuk, Konsumsi Multivitamin!

Credit Image - honestdocs.id

Rutin mengonsumsi buah-buahan akan membantu mencukupi kebutuhan mikronutrien, seperti vitamin dan mineral. Namun, terkadang, asupan buah saja tidak bisa memenuhinya, lho. Untuk itu, kamu direkomendasikan minum multivitamin dengan kandungan lengkap.

Lantas, apa multivitamin yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari?

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang para kaum aktif, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas tubuhmu.

Dan kedua multivitamin ini pun dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Kemudian, bagi usia emas, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Gold yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Omega-3, Asam Folat, dan Lutein yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, membentuk energi, hingga menjaga kesehatan otak, kesehatan jantung, dan juga kesehatan mata.

Dan untuk anak-anak, direkomendasikan mengonsumsi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang penting untuk menjaga kesehatan Si Kecil.

Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Tunggu apa lagi? Segera peroleh asupan multivitamin Enervon pilihanmu dengan mendapatkannya di sini, ya!

 

Jadi, sudahkah kamu mengonsumsi buah-buahan setiap harinya? Jika masih sering bolong-bolong, mulai sekarang, yuk, penuhi asupan buah yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk menguatkan sistem imunitas.

 

 

Featured Image – everydayhealth.com

Source – idntimes.com