Bali memang dikenal sebagai salah satu Kawasan wisatanya di Indonesia. Tidak hanya pantai yang menjadi khas Bali, kamu juga bisa mengunjungi pegunungan, danau, hingga air terjun. Selain itu, ada juga wisata hutan yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Bali.

Berikut ini rekomendasi wisata hutan di Bali yang bisa kamu kunjungi.

1. Sacred Monkey Forest Sanctuary Ubud

Credit: travelingyuk.com

Hutan ini memiliki sekitar 600 kera yang bisa dijadikan destinasi alam dan sumber edukasi yang menarik. Tidak hanya banyak satwa yang menggemaskan, hutan ini juga memiliki 18- jenis pohon tua yang berusia ratusan tahun.  Dan ada pula tiga pura suci, seperti Pura Prajapati, Pura Beji, dan Pura Dalem Agung Padangtegal.

Lokasi: Jalan Monkey Forest, Desa Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar

Jam operasional: 08.30- 17.30 WITA

Tiket masuk: Rp 25.000- Rp 50.000

2. Hutan Bambu Penglipuran

Credit: mongabay.co.id

Untuk kamu yang akan mengunjungi daerah Bangli, kamu bisa datang ke Hutan Bambu. Tidak hanya suasananya saja yang sejuk, tapi tempatnya juga estetik, lho.  Pohon bambu yang menjulang tinggi membuat hutam ini semakin indah, dan sering dijadikan sebagai spot hunting untuk berfoto.

Lokasi: Jalan Penglipuran, Desa Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli

Jam operasional: 24 jam

Tiket masuk: Rp 15.000

3. Hutan Pinus Kintamani

Credit: selipan.com

Berada di dataran tinggi membuat hutan ini memiliki udara yang sejuk. Sepanjang perjalanan menuju ke Des Manikliyu, kamu akan dimanjakan dengan barisan hutan pinus yang menjulang tinggi. Wisata ini cocok untuk kamu pecinta alam yang ingin menjauh dari keramaian kota.

Lokasi: Jalan Manikliyu, Dusun Glagah Linggah, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli

Jam operasional: 24 jam

Tiket masuk: gratis

4. Hutan Mangrove Lembongan

Credit: bpol.litbang.kkp.go.id

Hutan yang luasnya kurang lebih 200-an hectare ini bisa ditelurusi dengan menggunakan perahu. Tanaman bakaunya sangat indah dan rindang. Jika kamu ingin mengunjungi hutan ini, sebaiknya kunjungi pada pagi hari, karena air lautnnya masih dangkal.

Lokasi: Desa Jungutbatu, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung

Jam operasional: 06.30- 17.30 WITA

Tiket masuk: Rp 100.000- Rp 150.000

5. Sangeh Monkey Forest

Credit: raskitatour.com

Hutan kera yang dianggap sakral oleh pendidik ini memiliki pura suci, yaitu Pura Bukit Sari. Karena lokasinya berada di tengah hutan kera, jadi pura ini seolah- olah dijaga oleh para kera.

Ketika kamu mengunjungi Sangeh Monkey Forest, jangan lupa untuk ekstra hati- hati karena kera suka mengambil barang atau makanan yang kamu bawa.

Lokasi: Jalan Brahmana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabuparen Badung

Jam operasional: 08.00- 17.00 WITA

Tiket masuk: Rp 10.000

 

Featured Image - ranggawarsitatrans.com