Setiap orang pasti menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Untuk mendapatkannya, berbagai usaha pun dilakukan. Sebenarnya, mendapatkan tubuh ideal itu tidak sesulit yang kamu bayangkan, lho. Cukup dengan mengikuti beberapa gerakan senam sehat yang bisa mengencangkan otot- otot tubuh.

Apa saja gerakan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Single leg deadlift

Credit: popsugar.com

Gerakan senam sehat ini bermanfaat untuk mengencangkan otot bokong dan melatih seluruh otot inti yang bisa mencegah sakit punggung.

Lakukan gerakan ini dengan berdiri memegang sepasang dumbbell, lalu bungkukkan tubuh ke depan dengan salah satu kaki lurus ke belakang. Luruskan punggung dengan kaki yang diangkat ke belakang, tahan beberapa saat lalu kembali lagi ke posisi berdiri.

2. Side plank

Credit: popsugar.com.au

Gerakan ini merupakan rahasia untuk mengencangkan dan mengecilkan lingkar pinggang, dengan melatih kerja otot perut bagian dalam.

Cara melakukannya yaitu berbaringlah ke sisi kanan atau kiri. Kemudian sangga tubuh dengan tangan. Posisi kaki diluruskan ke bawah. Tahan posisi selama 30 detik dengan mengangkat pinggul sampai membantuk garis lurus dari pergelangan kaki ke Pundak.

3. Step- ups

Credit: blog.fitbit.com

Berikutnya yaitu step- ups, yang akan melatih otot- otot bokong dan paha bagian belakang agar lebih kencang dan kuat. Gerakan ini juga mengencangkan otot paha bagian depan saat kamu meluruskan lutut untuk turun ke posisi bawah.

Lakukan gerakan ini dengan berdiri depan bangku atau satu anak tangga. Langkahkan kaki dengan kuat seperti saat sedang menaiki tangga. Angkat kaki kanan ke atas anak tangga/ bangku lalu diikuti dengan kaki kiri. Kemudian, turunkan kaki satu per satu ke bawah, mulai dari yang kanan dan diikuti kaki kiri.

4. Plank sambil mengangkat tangan

Credit: rivertea.com

Plank dengan meluruskan tangan ke depan sangat bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh dan menguatkan seluruh otot inti. Selain itu, gerakan senam sehat yang satu ini bisa membantu mengecilkan perut.

Diawali dengan menopang tubuh dengan siku yang menempel di lantai atau matras. Kemudian, angkat bokong agar kaki dari ujung hingga Pundak dapat terbentuk lurus. Lalu, luruskan salah satu tangan ke depan, dan tangan lainnya tetap menyangga tubuh. Tahan posisi ini selama 10 detik dan ganti dengan tangan satunya.

5. Bridge

Credit: runsociety.com

Gerakan senam sehat ini memang terlihat sederhana, tapi efektif untuk membentuk otot bokong, otot perut, serta otot paha bagian depan dan belakang. Bridge juga baik untuk menjaga kesempurnaan tulang punggung.

Lakukan gerakan ini dengan berbaring terlebih dahulu di atas matras atau lantai. Kemudian, tekuk lutut dengan telapak kaki menapak pada lantai. Angkat pinggul kamu sehingga tubuh membentuk garis lurus. Dan kembali ke posisi awal, kemudian angkat lagi pinggulmu.

 

Nah, itu dia lima gerakan senam sehat yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga efektif untuk membentuk otot- otot tubuh agar kamu bisa mendapatkan tubuh yang ideal. Selain rutin melakukan senam sehat, jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin C dari Enervon secara rutin yang bantu jaga daya tahan tubuh kamu.

 

Featured Image - runtastic.com