Tak bisa dipungkiri, dunia kerja sering menuntut orang-orang di dalamnya untuk mencapai target yang telah ditentukan oleh perusahaan. Bahkan, dengan berkembangnya pasar, suasana kompetitif pun kerap tercipta di kalangan pekerja. Kondisi ini sangatlah wajar, lho.

Bagi yang belum memiliki banyak pengalaman, bukan tak mungkin kalau kamu akan merasa khawatir berada di tempat kerja yang kompetitif. Dalam menghadapi lingkungan tersebut, ada taktik jitu yang dapat kamu terapkan. Apa saja?

Yuk, simak 8 trik menghadapi lingkungan kerja yang kompetitif. Pastikan kamu membaca ulasannya secara lengkap!

 

 

1. Analisis Situasi Dahulu

Credit Image - bbc.com

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan langkah demi beradaptasi di lingkungan kerja kompetitif adalah menganalisa situasi lingkungan tempat kerja. Kamu harus tahu betul bagaimana budaya yang dianut oleh tempat kerja kamu.

Mulai dari tata cara berbicara antar karyawannya, sikap dan kebiasaan rekan kerja dan atasan kamu, bagaimana cara berkomunikasi yang paling baik dan efektif kepada rekan kerja atau atasan. Sampai sistem birokrasi yang dimiliki oleh tempat kerja.

Setelah kamu memahami betul bagaimana situasi lingkungan kerja kamu, tentunya langkah dan sikap kamu yang ambil akan lebih terencana sehingga tepat untuk dilakukan di setiap keputusan untuk dapat beradaptasi di lingkungan kerja kompetitif.

 

2. Yuk, Kenali Kelebihanmu!

Mengenali kelebihan diri kamu sendiri adalah hal yang penting untuk dilakukan. Di lingkungan kerja kompetitif, tentu akan ada banyak orang yang berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Dengan banyaknya kompetitor yang bukan tidak mungkin akan menghalangi jalanmu, lebih baik kenali dengan betul apa yang bisa kamu jadikan kekuatan untuk mendorong kamu menjadi yang terbaik.

Alih-alih khawatir terhadap yang orang lain lakukan, ada baiknya kamu mengenali kekuatanmu dan menggunakannya secara maksimal. analisis diri dan pikirkan kemampuan yang dimiliki, serta hal apa saja yang bisa kamu lakukan dengan baik.

Setelah mengenali kelebihan, terus kembangkan kelebihan tersebut dan gunakan untuk mencapai target yang kamu miliki. Memahami kekuatan sebagai individu tentu akan membuat kamu lebih mudah beradaptasi di lingkungan kerja kompetitif, kan?

 

3. Pertahankan Integritas

Credit Image - maxmanroe.com

Banyaknya tuntutan yang harus dicapai dalam bekerja bisa membuat siapa saja melakukan hal yang tidak terduga. Tak jarang, banyak orang melakukan hal-hal di luar etika demi mencapai tujuan dan dipandang baik oleh orang yang mereka inginkan.

Yang perlu diingat, tak peduli seberapa kompetitifnya lingkungan dan teman-teman kerja kamu, penting untuk tetap mempertahankan integritas dalam bekerja. Hindari untuk terlibat di dalam kompetisi yang mengharuskan kamu berbuat tidak tercela ataupun tidak jujur.

Dengan lingkungan kerja kompetitif, integritas tinggi akan menjadi sebuah kualitas yang sangat dihargai dan menjadi nilai plus. Mempertahankan integritas dan kejujuran tidak hanya membuatmu beradaptasi di lingkungan kerja kompetitif tapi juga bisa mengantarkan kamu ke posisi yang terbaik.

 

4. Menetapkan Tujuan

Lingkungan kerja kompetitif biasanya akan memberikan kamu banyak target untuk dicapai. Hal yang paling penting untuk dilakukan ketika menghadapi banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan dengan bermacam tugas serta target adalah untuk menetapkan tujuan utama kamu.

Analisa dengan baik pekerjaan dan tugas yang kamu miliki. Setelah itu, tetapkan tujuan utama dari pekerjaan yang akan dilakukan. Ingat selalu tujuan agar tidak mudah terdistraksi dan kehilangan fokus, ya.

Dalam praktiknya, tentu kamu akan menemukan banyak rintangan, baik dari dalam pekerjaan kamu itu sendiri atau dari lingkungan luar yang tidak kamu antisipasi sebelumnya. Ingat kembali tujuan dari pekerjaan yang kamu lakukan. Terus fokus dengan apa yang kamu kerjakan agar dapat dengan lebih mudah beradaptasi di lingkungan kerja kompetitif.

 

5. Ambil Setiap Kesempatan

Credit Image - arlenglobalmulia.com

Tentu saja akan ada banyak orang yang mencoba untuk tampil menonjol di tempat kerja, apalagi ketika berada di lingkungan kerja kompetitif.

Di sinilah, kamu ditantang untuk dapat diingat oleh atasan juga rekan kerja kamu. Berhentilah untuk bekerja selayaknya rekan kerja kamu lainnya. Beranilah untuk mengambil inisiatif di setiap kesempatan yang ada.

Jangan takut untuk terlihat berbeda karena justru inilah kesempatan kamu untuk dapat menjadi yang terbaik meski berada di lingkungan kerja kompetitif. Beranikan diri untuk menantang diri kamu dengan mengambil kesempatan yang orang lain ragu untuk mengambilnya.

Ambil inisiatif lebih untuk membuktikan bahwa kamu memang berbeda dibanding rekan kerja kamu!

 

6. Menjalin Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

Dengan banyaknya tuntutan dan jumlah pekerjaan yang dimiliki setiap hari, bersosialisasi dengan rekan kerja adalah salah satu cara untuk yang ampuh untuk dapat meringankan beban yang kamu miliki. Oleh karena itu, perlu diingat bahwa berteman dan bersosialisasi di lingkungan kerja adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Selain demi menjaga diri kamu untuk tetap bersemangat dalam bekerja, bersosialisasi juga dapat memberikan koneksi, serta mengetahui situasi lingkungan kerja yang mungkin tidak kamu sadari sebelumnya.

Akan tetapi, menjalin pertemanan di lingkungan kerja kompetitif perlu dilakukan dengan hati-hati. Kamu harus tahu betul siapa rekan kerja yang memang jujur dan membuatmu menjadi diri yang lebih baik, juga siapa rekan kerja yang justru membawa kamu ke arah yang tidak baik.

Jangan sampai kamu terbawa arus yang dapat merugikan kamu, seperti politik perusahaan yang kotor ataupun kegiatan yang dapat merusak citra dan integritas kamu di lingkungan kerja, ya!

 

7. Mengasah Kemampuan Diri

Credit Image - glints.com

Yang terakhir, usai kamu mengetahui lingkungan kerja, tujuan, dan kelebihan yang dimilki – maka jangan pernah berhenti untuk mengasah semua kelebihan dan kemampuan tersebut.

Dengan lingkungan kerja kompetitif, sangat penting untuk terus berusaha lebih dari orang pada umumnya. Cari tahu sebanyak mungkin informasi baru yang dapat mengasah kemampuan dan kelebihan yang kamu miliki.

Berada di lingkungan yang serba berkompetisi, penting untuk terus belajar demi menjadi yang terbaik dari yang terbaik. Ikutlah seminar dan workshop yang kamu rasa relevan dengan bidang dan kemampuan kamu sebanyak mungkin.

Dan, jangan malu melakukan diskusi dengan orang yang dirasa dapat membantumu mengembangkan diri. Jadi, sebelum berkompetisi dengan orang lainnya, kamu mesti menjadi kompetitif dengan diri sendiri dahulu. Tantanglah diri untuk melewati batas yang kamu punya!

 

8. Jaga Terus Konsentrasimu

Agar kamu terus bisa berkompetisi secara sehat di lingkungan kerja, pastikan juga kamu sudah menjaga energi tubuh dengan baik, sehingga kamu mampu berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaan.

Hal ini bisa dilakukan dengan menjaga asupan makanan yang tinggi vitamin dan mineral. Pasalnya, kedua nutrisi tersebut berperan penting dalam proses metabolisme yang dapat membentuk energi – dan menjaganya lebih tahan lama.

Selain dari makanan, vitamin dan mineral juga bisa diperoleh dari mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang memiliki kandungan lengkap.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang berguna untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu agar tidah mudah terserang penyakit.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama.

Yuk, segera dapatkan produk multivitamin andalan kaum aktif dengan membeli di official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Apakah kamu berada di lingkungan kerja yang kompetitif? Lakukan 8 tips di atas, yuk, agar kamu bisa cepat beradaptasi!

 

 

Featured Image – gobiz.co.id

Source – glints.com