Jika kamu tertarik untuk menjalani kerja sambil kuliah, pastinya kamu harus bisa mengatur waktu sbaik mungkin agar kedua hal tersebut dapat berjalan dengan lancar. Kamu pasti tidak mau pekerjaanmu terbengkalai dan dapat nilai yang jelek kan.

Biar kamu sukses dalam menjalani kerja sambil kuliah, berikut ini cara- cara yang bisa kamu ikuti!

1. Atur planning harian secara rutin

Credit: amerisleep.com

Melakukan kewajiban kuliah sekaligus kerja tentu membuat waktumu berkurang. Karena itu, kamu harus memanfaatkan waktu sebaik- baiknya. Buatlah planning harian dengan mencatat apa saja yang akan kamu kerjakan besok. Dengan begitu, kamu akan lebih pede dan teratur dalam menjalani aktivitas.

2. Berani menolak ajakan diluar prioritasmu

Credit: kumparan.com

Menjaga konsistensi agar aktivitas harianmu sesuai planning memang sering menemui kendala. Kamu akan ditemukan dengan berbagai ajakan yang bisa memalingkanmu dari tujuan awal.

Jika ajakan itu tidak terlalu penting, maka sebaiknya kamu menolaknya. Ketika menjalani kerja sambil kuliah, kamu harus memiliki prioritas dalam memilih kegiatan mana yang mendesak dan mana yang tidak.

3. Kerjakan tugas kuliah di tempat yang tenang dan sepi

Credit: furnishedquarters.com

Kerja sfambil kuliah membuatmu tidak memiliki banyak waktu. Kamu harus menggunakan waktu yang ada untuk menyelesaikan tugas. Kamu bisa mematikan gadget sementara agar kamu bisa fokus mengerjakan tugas, Dan jika suasana rumah atau kosanmu tidak kondusif, kamu bisa beralih ke tempat yang lebih tenang seperti perpustakaan kampus atau taman.

4. Manfaatkan waktu senggangmu

Credit: nbcnews.com

Membuka sosial media atau browsing  di internet memang sudah menjadi kebiasaan saat waktu senggang. Sebenarnya hal ini boleh saja dilakukan, tapi batasi waktunya. Lebih baik rilekskan badan, tidur- tiduran, atau istirahat agar tubuhmu kembali segar.

5. Cicil tugas sebelum deadline dan hilangkan kebiasaan menunda

Credit: earth.com

Kamu pasti sering mendapat tugas dari dosen dengan deadline tertentu. Menyicil pengerjaannya adalah kunci untuk kamu yang sibuk kerja sambil kuliah. Selain itu, hilangkan kebiasaan menunda karena waktumu tidak banyak! Dengan mengerjakan tugas secara bertahan, kamu bisa menghemat energi dan kamu tidak jadi kewalahan saat deadline datang.

6. Kerja boleh, tapi kuliah tetap harus nomor satu

Credit: consumerreports.org

Peluang job dengan gaji yang lumayan memang sering menggoda mahasiswa untuk menduakan tujuan. Pastikan kamu tetap fokus dan menjadikan kuliah sebagai prioritas utama. Jangan sampai pekerjaan membuatmu lebih memilih bolos kuliah.

Itu dia beberapa cara mengatur waktumu yang sibuk kerja sambil kuliah. Silahkan dicoba!

 

Featured Image - intelligenthq.com