Parents, kamu sudah mulai mengajarkan anak untuk mencuci tangan belum? Mulai mengajarkan si kecil mencuci tangan itu penting. Karena tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang harus diperhatikan karena berisiko menyebarkan bakteri.

Untuk itu, kamu harus mulai membiasakan anak mencuci tangan, terutama ketika mau makan. Jika tidak, maka si kecil bisa rentan terkena beberapa penyakit. Apa saja? Yuk, simak ulasannya.

1. Hepatitis

Credit: deherba.com

Penularan hepatitis bisa sangat mudah dan dapat menyerang anak- anak, apalagi kalau mereka malas mencuci tangan atau kurang menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu, selalu ingatkan anak untuk mencuci tangan sebelum makan.

Gejala hepatitis sendiri dapat berupa demam, nafsu makan berkurang, mual- mual, urine berwarna gelap, dan kulit serta mata yang berwarna kuning.

2. Impetigo

Credit: parenting.dream.co.id

Impetigo merupakan salah satu penyakit yang dialami karena malas mencuci tangan. Penyakit ini ditandai dengan kulit kemerahan, lalu lama kelamaan akan berkembang menjadi luka lecet kecil.

Impetigo bisa ditularkan melalui mainan yang jarang dibersihkan dan diletakkan di tempat yang kurang bersih atau rapih. Berikan pemahaman kepada anak, kalau dirinya perlu membiasakan mencuci tangan setelah bermain.

3. Flu

Credit: kumparan.com

Salah satu faktor anak bisa terkena flu adalah karena ia jarang mencuci tangan. Apalagi anak- anak suka memegang apapun yang menarik perhatiannya, padahal belum tentu barang yang dipegangnya itu bersih atau tidak.

Ketika anak sedang flu, sistem imunnya pun menurunkan dan sering bersin- bersin. Sama seperti orang dewasa, ia pasti akan menutup mulutnya dengan tangan ketika bersin. Jadi, pastikan ia sudah mencuci tangannya dengan benar ya, agar anak tidak semakin sakit.

4. Diare

Credit: ibudanbalita.com

Anak yang kurang rajin mencuci tangan akan lebih mudah terinfeksi bakteri penyebab diare. Apalagi diare biasanya akan muncul akibat perpindahan bakteri yang kasat mata.

Penyebaran bakteri ini bisa saja terjadi ketika anak menggunakan toilet umum. Dan tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet umum memudahkan anak terinfeksi bakteri penyebab diare. Kalau anak sudah terbiasa mencuci tangan dalam segala keadaan, ketika di toilet umum ia juga tidak akan lupa untuk membersihkan tangannya.

5. Penyakit kulit

Credit: kumparan.com

Ketika anak malas mencuci tangan, maka ada beragam risiko penyakit kulit yang akan mengintai. Bakteri yang menumpuk pada tangannya bisa menyebabkan kulit gatal- gatal, infeksi, bentol- bentol, dan berisiko munculnya bisul pada kulit.

Untuk mengajarkan anak rajin mencuci tangan, kamu harus bisa memberikan contoh kepadanya. Dan berikan pemahaman juga kalau kegiatan mencuci tangan itu hal yang baik agar tidak ada kuman di tangan dan ia pun bisa terbebas dari berbagai macam penyakit.

 

Featured Image - klikdokter.com