Meskipun kamu memiliki pekerjaan yang menyenangkan, tetapi kamu pasti pernah merasakan capek dengan pekerjaan yang kamu lakukan. Wajar saja kamu merasakan hal ini, terutama ketika kamu menghabiskan banyak waktu untuk pekerjaan.

Ketika capek kerja, kamu akan mudah kehilangan motivasi. Namun, kuncinya kamu harus tetap berjalan dan membuat perubahan kecil dipekerjaanmu. Berikut ini beberapa fakta yang menjadi penyebab rasa capek kerja, dan cara mengatasinya yang perlu kamu ketahui!

1. Selalu bekerja

Credit: dream.co.id

Beberapa pekerjaan terkadang harus dilanjutkan di rumah, seperti mengirim email pada klien dan membuat rencana kerja untuk esok hari. Beristirahat setelah bekerja sangat penting karena perusahaan yang baik menginginkan karyawannya tetap seimbang dalam menjalankan segala aktivitas. 

2. Tidak beristirahat selama jam kerja

Credit: liputan6.com

Sebuah studi di The Atlantic mengungapkan bahwa sering beristirahat dapat membantu seseorang meremajakan dan me- reboot sistem kekebalan tubuhnya.

Tidak mengambil istirahat selama jam kerja bisa menjadi salah satu penyebab mengapa kamu merasa sangat capek kerja. Jadi, sediakan waktu untuk beristirahat dari segala pekerjaan yang ada.

3. Tidak minum cukup air

Credit: timesindonesia.co.id

Jika kamu merasa sangat capek, malas, dan lamban sepanjang hari mungkin ini disebabkan oleh kurangnya kadar air dalam tubuhmu. Dehidrasi dapat membuatmu cranky dan mungkin menghilangkan fokusmu dalam bekerja. Jadi, sebaiknya simpanlah sebotol air mineral di sekitar meja kerjamu.

4. Lebih memilih untuk tinggal di dalam kantor

Credit: nationalgeographic.grid.id

Sedikit sinar matahari yang mengenai tubuhmu tidak akan melukaimu. Cobalah pergi keluar kantor untuk sekedar mengambil napas dan jika memungkinkan berjemurlah sebentar sembari menghirup udara segar.

5. Membandingkan kondisimu dengan orang lain

Credit: selipan.com

Membandingkan pekerjaanmu dengan yang lainnya memang mudah dilakukan, tapi perlu diingat bahwa setiap pekerjaan memiliki tantangan dan tanggung jawabnya masing- masing.

Fokus untuk menciptakan energi positif kepada orang- orang di sekitarmu dengan banyak bersyukur dan saling menghargai. Dengan begitu rasa capek kerjamu akan semakin berkurang.

6. Memilih untuk berdiam diri

Credit: kompasiana.com

Adanya miss communication bisa menjadi penyebab orang menjadi tidak betah dan merasa capek bekerja. Menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja akan memperlancar pekerjaan dan meningkatkan motivasi sesama rekan kerja.

7. Tidak peduli dengan lingkungan

Credit: pxhere.com

Jika kamu lebih peduli dengan orang yang ada di sekitar tempatmu bekerja, mungkin kamu bisa mengurangi pikiran negative. Dengan begitu, kamu akan memperoleh dukungan dari orang- orang di sekitar untuk menghadapi tekanan kerja dan rasa capek kerjamu pun bisa berkurang.

 

Featured Image - tellerreport.com