Mengalami flu dan batuk yang tak kunjung sembuh memang sangat tidak nyaman, kan? Berbagai pengobatan pun dilakukan, tapi sayangnya penyakit tidak kunjung menghilang. Untuk itu, ada berbagai langkah khusus yang perlu diterapkan guna mengatasi kondisi ini.

Kondisi yang tidak menentu memang sering melemahkan imunitas, apalagi jika tubuh sedang kurang fit. Jika begini, kamu memang lebih rentan terkena flu dan batuk, lho.

Biasanya, flu dan batuk bisa sembuh dalam waktu 7-10 hari. Namun, ada pula yang mengalami flu berkepanjangan. Jangan dibiarkan begitu saja, ya. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobatinya.

 

 

Banyak Minum dan Pastikan Terhidrasi

Credit Image - food.ndtv.com

Minum air putih, konsumsi jus, makan sayur dengan kaldu bening, atau minum perasan lemon hangat yang ditambah madu cocok dilakukan saat terkena flu. Mengutip Mayo Clinic, minuman di atas bisa melonggarkan tenggorokan dan mencegah dehidrasi. Hindari alkohol, kopi, dan soda yang dapat memperburuk dehidrasi.

 

Perbanyak Istirahat

Tubuh butuh istirahat untuk sembuh. Tidak begadang, ambil jeda istirahat di siang hari dengan tidur minimal 15 hingga 20 menit. Istirahat bisa membuat organ tubuh tak bekerja terlalu keras dan membuat imunitas kembali normal.

 

Konsumsi Madu

Credit Image - healthline.com

Madu dapat membantu menyembuhkan batuk pada orang dewasa dan anak-anak yang lebih tua. Dalam sebuah penelitian, anak-anak usia 1-5 tahun dengan infeksi saluran pernapasan atas diberi 2 sdt (10 mililiter) madu sebelum tidur untuk mengurangi penyakit yang diderita.

 

Gunakan Alat Pelembab Udara

Alat penguap atau pelembab udara dapat menambah kelembapan di rumah. Alat ini bisa membantu mengendurkan hidung tersumbat. Ganti air setiap hari, dan bersihkan alat sesuai dengan instruksi pabrik.

 

Mandi Uap

Credit Image - medicalnewstoday.com

Mengutip Healthline, mandi uap dapat membantu Anda melembapkan saluran udara bagian atas. Cara ini juga dapat membantu memecah lendir di dada. Cobalah untuk melakukan mandi uap setidaknya selama lima menit. Kamu dapat mengulang sesuai kebutuhan.

 

Konsumsi Vitamin untuk Menguatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh sangat diperlukan dalam proses pemulihan flu dan batuk. Imunitas berperan untuk melawan virus yang ada di dalam tubuh, sehingga kamu bisa menjadi cepat sembuh.

Untuk meningkatkan kekebalan, pastikan kamu sudah mendapat asupan nutrisi lengkap. Tidak hanya dari makanan saja, namun kamu juga direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, misalnya yang memiliki kandungan vitamin C. Nah, kamu direkomendasikan minum multivitamin dari Enervon secara rutin, ya!

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg vitamin C, atau Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan 1000 mg vitamin C untuk membuatmu merasa segar saat beraktivitas sepanjang hari. 

Jika kandungan vitamin C dalam Enervon-C bertugas untuk menguatkan imunitas. Nah, kandungan vitamin B kompleksnya dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. 

Untuk mendapatkan produk Enervon pilihan kamu bisa segera membelinya di official store di Tokopedia, ya!


jika kamu mengalami flu dan batuk berkepanjangan, kondisi ini bisa diatasi dengan deretan trik di atas. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – healthline.com

Source – cnnindonesia.com