Saat mengunjungi Yogyakarta, Jalan Malioboro merupakan salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Berbagai kegiatan seperti berbelanja, wisata kuliner, hunting foto, atau sekedar jalan- jalan saja pun bisa kamu lakukan.

Daripada hanya berputar- putar di Jalan Malioboro saja, kamu bisa lho mengunjungi beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi dalam satu hari dan hanya dengan jalan kaki. Apa saja wisata tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

1. Tugu Jogja

Credit: kawanuainside.com

Tugu Jogja dibandung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755 untuk memperingati persatuan antara raja dan masyarakat dalam melawan penjajahan pemerintahan Belanda. Sebagai bangunan yang penuh makna dan sejarah, Tugu Jogja menjadi tempat yang wajib dikunjungi wisatawan yang datang berkunjung ke Yogyakarta.

2. Pasar Beringharjo

Credit: travel.tempo.co

Disini kamu bisa menemukan berbagai macam barang, dari yang moden hingga tradisional. Bahkan banyak barang dan makanan khas Yogyakarta yang jarang ditemui di tempat lain kecuali di Pasar Beringharjo. Rugi deh kalo kamu nggak kesini!

3. Banteng Vredeburg

Credit: yogyadise.com

Banteng ini dulunya digunakan Belanda sebagai bangunan pertahanan dan untuk memata- matai aktivitas di Kraton Yogyakarta. Setelah berhasil direbut, Benteng Vredeburg kemudian di buka untuk umum. Di dalam bangunan ini terdapat berbagai karya seperti patung, foto, diorama, dan senjata yang memiliki nilai sejarah.

4. Taman Pintar

Credit: alsaalta.com

Tempat wisata ini sudah populer dan menjadi favorit dari mulai anak- anak sampai orang dewasa. Taman Pintar terdiri dari berbagai wahana edukasi, yang memiliki konsep belajar sambil bermain untuk menggali minat anak- anak.

5. Kraton Yogyakarta

Credit: highlight.id

Mumpung sedang berada di Yogyakarta, kamu bisa sekalian mampir ke istananya yang masih berdiri kokoh sampai saat ini, yaitu Kraton Yogyakarta.

Di dalam bangunan ini, kamu bisa melihat berbagai macam benda bersejarah, seperti alat musik, pusaka, dan pagelaran seni pada waktu- waktu tertentu.

6. Titik Nol Kilometer

Credit: channelnasional.com

Waktu terbaik untuk mengunjungi jantungnya kota Yogyakarta ini adalah saat sore atau malam hari. Karena, semakin malam, spot ikonik ini justru semakin ‘hidup’ karena banyak dikunjungi masyarakat maupun wisatawan serta seniman jalanan yang akan menghibur pengunjung.

 

Nah, seru bukan? Dan jangan lupa pastikan smartphone atau kameramu selalu terisi dayanya agar kamu bisa puas berfoto di tempat- tempat tersebut, ya!

 

Featured Image - pinterest.com