Penataan ruang kerja kantor memiliki pengaruh besar terhadap kenyamanan karyawan. Tapi, jika kamu memiliki ruang kerja kantor yang tidak cukup luas, jangan khawatir! Berikut ini adalah beberapa tips mendesain ruang kerja kantor yang sempit agar suasana kerja semakin kondusif dan kamu tetap merasa nyaman!

1. Pilih warna yang cerah

Credit: fabelio.com

Pemilihan warna sangat berpengaruh terhadap kesan suatu tempat. Warna yang gelap, akan memunculkan kesan ruang kerja kantor yang sempit. Sebaliknya, warna cerah akan membuat ruangan tampak lebih lega. Aplikasikan warna terang pada dinding dan perabot kantor, misalnya warna krem atau putih.

2. Gunakan kaca

Credit: insinyurbangunan.com

Kaca tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi saja, tetapi bisa membuat ruangan terlihat lebih luas. Selain harga yang cukup terjangkau, kaca juga akan menghemat budget kamu yang seharusnya dipakai untuk membeli dekorasi dinding, seperti lukisan dan sebagainya.

3. Hindari terlalu banyak motif

Credit: wallpapergordyn.com

Gorden bermotif bunga, atau karpet dengan berbagai corak memang terlihat menarik. Namun, penggunaan motif dan corak pada dekorasi ruang kerja kantor justru akan membuat ruangan terasa lebih sempit.

Hindari terlalu menggunakan dekorasi yang penuh corak atau motif. Untuk penataan ruang sempit, gunakan item- item yang minim motif, atau bahkan polos.

4. Pemilihan furniture

Credit: dekoruma.com

Jika kamu memiliki ruang kerja kantor yang tidak terlalu luas, hindari menggunakan furniture yang berukuran besar, karena akan membuat ruang kerjamu semakin sempit. Pilihlah furniture berukuran minimal tetapi tetap efektif untuk dipakai. Atau kamu bisa menggunakan rak bertingkat untuk menyimpan dokumen dan barang- barang yang berukuran kecil.

5. Manfaatkan setiap sudut

Credit: pinterest.com

Manfaatkanlah setiap sudut ruang kerja kantormu semaksimal mungkin, misalnya ruang kosong di bawah tangga untuk meletakkan barang, lemari dokumen, atau dimanfaatkan sebagai sudut untuk bersantai.

6. Kaca untuk pembatas ruangan

Credit: pesonainterior.com/

Tembok bisa menjadi penyebab ruang kerja jadi semakin sempit. Untuk itu, gunakan pembatas ruangan dari kaca besar. Agar suasana kerja terasa nyaman dan privasi masing- masing tetap terjaga, aplikasikan kaca dengan motif sedikit blur sampai ketinggian tertentu.

7. Singkirkan barang yang tidak perlu

Credit: twenty20.com

Salah satu penyebab ruang kerja kantor terlihat semakin sempit adalah penempatan barang dan furniture yang tidak diperlukan. Tumpukan barang juga bisa membuat suasana kerja jadi kurang nyaman, lho. Jadi, rapihkan kembali item mana yang kamu perlukan dan mana yang tidak.

 

Pada dasarnya, luas sebuah ruang kerja bukan masalah. Selama kamu mengetahui cara menatanya dengan benar, ruang kerja kantor pun akan terasa lebih nyaman dan bisa membuatmu semakin produktif dalam bekerja.

 

Featured Image - fastcompany.com