Pola makan merupakan salah satu hal yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan. Jika kamu masih menerapkan kebiasaan makan yang buruk, hati-hati, hal ini bisa memicu penyakit berbahaya – yang buruk bagi kesehatan jangka panjang.

Untuk itu, mulai sekarang, baiknya kamu mulai menjalani pola makan sehat serta memerhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh, ya.

Kembali ke bahasan mengenai kebiasaan buruk makan serta dampak buruknya dalam jangka panjang. Apa saja sih kebiasaan yang dimaksud tersebut? Yuk, cari tahu informasinya di bawah ini – dan jika masih kamu lakukan, segera dihilangkan!

 

 

1. Makan Terlalu Banyak Sebelum Tidur

Credit Image - eksposkaltim.com

Setiap orang pada dasarnya punya kebiasaan makan sendiri-sendiri, salah satunya adalah kebiasaan makan di waktu sebelum tidur. Mungkin maksudnya supaya tidak lapar saat tidur, tapi tanpa sadar hal ini sebenarnya merupakan kebiasaan buruk yang tidak boleh dilakukan. 

Makan di malam hari tepat sebelum tidur apalagi kalau makannya dalam jumlah banyak, bisa mengakibatkan efek jangka panjang seperti obesitas. Karena makanan tidak tercerna baik dan menumpuk menjadi lemak ketika kamu langsung tidur setelah makan. Dan kita semua tahu bagaimana buruknya efek dari obesitas. 

 

2. Menunda-Nunda Makan Ketika Sibuk

Kebiasaan buruk makan yang lainnya ialah suka menunda-nunda makan saat sibuk. Biasanya kebiasaan ini dimulai sejak remaja yaitu ketika nafsu makan menurun akibat banyaknya aktivitas dan pikiran untuk tumbuh dewasa. 

Berlanjut semakin buruk ketika memasuki dunia kerja dimana kesibukan seseorang jadi semakin padat dengan banyaknya pekerjaan. Menunda sarapan hingga jam makan siang, atau bahkan menunda makan siang hingga pulang kerja setelah lembur. Menunda makan seperti ini dapat menimbulkan efek jangka panjang berupa sakit maag, dan akan semakin sulit disembuhkan jika sampai ke tahap kronis. 

 

3. Hanya Makan Satu Kali dalam Sehari

Credit Image - republika.co.id

Kebiasaan buruk ketiga ialah hanya makan satu kali sehari, entah karena lupa makan saking sibuknya, diet, atau memang malas makan. Tapi terlepas dari apa pun alasannya, terus melakukan kebiasaan ini dapat berdampak buruk untuk tubuhmu. 

Yang mana tubuhmu bisa kekurangan energi akibat konsumsi makanan yang tidak mencukupi kebutuhan tubuh, dan tentunya tidak sehat karena dapat membuat tubuh kurus kekurangan nutrisi. Sistem imun juga pasti akan melemah dan mengakibatkan gampang terserang penyakit. 

 

4. Sembarangan dalam Memilih Menu Makanan

Menikmati hidup yang hanya sekali ini memang perlu, tapi jika melakukannya dengan makan makanan sembarangan maka itu bisa jadi kebiasaan buruk. Yang mana orang seperti ini biasanya banyak makan junk food, tinggi kalori, hingga yang mengandung gula berlebih. 

Ada banyak penyakit dan efek jangka panjangnya pada tubuh kalau sembarangan memilih makanan. Mulai dari obesitas, diabetes, diare, hingga gangguan pada organ dalam yang buruk untuk kesehatan jangka panjang. 

 

5. Masih Suka Tak Sarapan Pagi

Credit Image - alodokter.com

Kebiasaan buruk makan yang lainnya ialah sering melewatkan sarapan pagi, kebanyakan orang melakukannya karena sepele dengan sarapan. Mengira kalau sarapan tak begitu dibutuhkan karena tubuh masih memiliki energi setelah tidur yang cukup. 

Memang benar bahwa tubuh masih memiliki energi walaupun tidak sarapan, tapi perlu diketahui kalau energi yang ada hanyalah sedikit. Melakukan banyak aktivitas berat tanpa sarapan bisa membuatmu kekurangan energi, akibatnya bisa berupa dehidrasi hingga pingsan. 

 

6. Tak Memerhatikan Jenis Makanan, Jadi Kebutuhan Nutrisi Tidak Terpenuhi

Yang terakhir, kebiasaan makan buruk satu ini juga perlu diatasi sesegera mungkin. Terlalu sering makan sembarangan menjadi salah satu penyebab kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi dengan baik, lho. Untuk itu, pastikan asupan makananmu sudah baik setiap harinya, ya.

Konsumsi makanan tinggi gizi, seperti mencakup karbohidrat, protein, dan lemak baik. Selain itu, perbanyak mengonsumsi sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan serat.

Dan cukupi pula kebutuhan vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan, termasuk daya tahan tubuh serta menjaga energi tubuh agar tidak mudah lemas dalam melakukan aktivitas harian.

Selain dari asupan makanan sehari-hari, untuk memaksimalkan pemenuhan kebutuhan vitamin dan mineral harian, kamu juga perlu mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, multivitamin Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon!

 

Gimana, nih? Sekarang kamu sudah memahami berbagai kebiasaan makan yang buruk, kan? Jika kamu masih melakukannya, ada baiknya segera diatasi, ya. Karena efek jangka panjangnya bisa membahayakan kesehatan tubuh, lho.

 

 

Featured Image – eatthis.com

Source – idntimes.com