Camilan memang sangat menggoda, terutama untuk menemani aktivitas sehari- hari. Namun, sayangnya camilan atau snack yang sering dikonsumsi oleh sebagian besar orang cenderung kurang sehat dan banyak mengandung bahan pengawet.

Untuk memulai gaya hidup sehat, yuk mulai konsumsi snack yang lebih sehat dan bergizi. Buat kamu yang masih bingung snack sehat apa yang sebaiknya dikonsumsi, berikut ini adalah beberapa snack sehat dan rendah kalori yang terbuat dari sayur dan buah- buahan!

1. Keripik kangkung

Credit: fimela.com

Salah satu sayuran yang memiliki kandungan gizi tinggi dan tentunya sehat untuk tubuh adalah kangkung. Keripik kangkung merupakan snack sehat berbahan dasar daun kangkung yang dipanggang dan dicampur dengan beberapa bumbu.

Snack sehat ini hanya mengandung 33 kalori, dan juga kaya akan zat besi yang bahkan lebih tinggi dari kandungan zat beri pada daging sapi dan kalsium yang lebih baik dari susu. Kamu tertarik mencobanya?

2. Keripik bayam

Credit: fimela.com

Tidak kalah sehat dari kangkung, bayam juga bisa dijadikan sebagai keripik. Biasanya, keripik ini terbuat dari bayam yang dicampur dengan bawang putih dan tepung yang sudah dibumbui.

Snack sehat ini memiliki banyak manfaat, terutama karena bayam memiliki zat besi yang tinggi. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan mata serta mencegah kanker.

3. Keripik wortel

Credit: myfoodandhappiness.com

Meskipun kalau hanya dijadikan sayuran tumis sayuran ini peminatnya sedikit, namun setelah dijadikan keripik, ternyata wortel banyak penggemarnya lho!

Selain mengandung vitamin dan gizi, membuat keripik wortel juga tidak sulit. Kamu hanya tinggal mencampurkan bawang merah, bawang putih, garam, tepung terigu, ketumbar, dan gula saja, lalu dipanggang atau digoreng.

4. Keripik apel

Credit: delish.com

Bagi pecinta camilan manis, keripik apel bisa dicoba. Apel merupakan salah satu buah yang dapat dijadikan snack sehat karena kaya akan antioksidan dan serat makanan yang baik untuk tubuh.

Apel juga merupakan buah yang dapat mengurangi risiko kanker, hipertensi dan diabetes, bahkan dapat mencegah penyakit jantung.

5. Keripik pisang

Credit: seanowaste.co.uk

Buah lain yang bisa dijadikan snack sehat adalah pisang. Dengan pemilihan yang tepat, pisang dapat menjadi sebuah keripik yang lezat dan tidak membutuhkan pemanis lainnya.

Cara membuatnya juga mudah, cukup dengan mengeringkan pisang yang dicampur dengan beberapa irisan lemon dan kemudian dipanggang.

 

Nah, sekarang kamu sudah lebih tahu bahwa mencari snack sehat yang rendah kalori dan tetap nikmat tidaklah susah, karena banyak sayuran serta buah yang dapat dijadikan snack sehat untuk teman ngemil sehari- hari.

 

Featured Image - taste.com.au