Harus bangun pagi dan pergi bekerja terkadang membuatmu malas serta kurang tenaga, ya? Hal ini pun bisa diperparah ketika kamu tidak mendapat waktu istirahat yang cukup di malam harinya. Kalau sudah begini, tak jarang orang yang mencari kopi untuk mendongkrak energi.

Alasan banyak yang suka kopi di pagi hari, yaitu karena biasanya kamu membutuhkan semacam doping untuk penyemangat. Kopi mengandung kafein yang memiliki kemampuan meningkatkan tekanan darah, sehingga seseorang menjadi lebih aktif dan rasa ngantuk hilang.

Sayangnya, tidak semua orang cocok mengonsumsi kopi, lho. Apalagi, bagi pemilik lambung sensitif. Alih-alih segar, yang ada kamu malah sakit perut dan mulas karena asam lambung meningkat.

Tapi tenang, ada alternatif kopi yang dapat kamu konsumsi di pagi hari, kok. Meski tidak mengandung kafein, tetapi efeknya sama-sama memberikan energi pada tubuh. Jadi, apa saja asupan ini? Yuk, simak informasi lengkapnya!

 

 

1. Pisang

Credit Image - tastingtable.com

Makanan pertama yang wajib dikonsumsi kalau sedang tidak semangat atau lemas adalah pisang. Buah dengan kandungan karbohidrat ini baik untuk memberikan ganjalan di perut dan membuatmu kembali segar. Makanlah pisang sebanyak 1-2 batang sesuai dengan kean.

Selalu sediakan pisang di dalam tas atau kulkas. Pilih pisang yang kulitnya agak gelap karena biasanya sudah matang dengan sempurna. Pisang harus ada di dalam kulkas setiap harinya. Dengan begitu, kamu bisa menyantapnya di pagi sebagai buah atau dibuat menjadi smoothies atau panekuk.
 

2. Alpukat

Alpukat adalah satu-satunya buah yang mengandung lemak nabati yang baik dan bisa memberikan rasa kenyang yang cukup besar. Kamu bisa mengonsumsi alpukat dalam bentuk buah yang sudah dipotong atau dibuat menjadi jus. Saat membuat jus usahakan untuk tidak menambahkan gula terlalu banyak.

Jenis alpukat yang ada di luar sana ada banyak dan memiliki karakteristik berbeda-beda. Usahakan memilih yang benar-benar matang sempurna untuk menghindari rasa pahit dari buah. Nah, jika kamu ingin beli banyak untuk stok, pilih yang tidak terlalu matang agar saat dikonsumsi nantinya bisa matang sempurna.
 

3. Ubi Jalar

Credit Image - greatbritishchefs.com

Ubi memiliki fungsi seperti nasi dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Yang membedakan ubi dengan nasi adalah indeks glikemik. Jadi, meski mengonsumsi ubi, efeknya kamu tidak akan mudah mengantuk. Pilih ubi dengan warna daging kuning atau ungu untuk mendapatkan vitamin tambahan. Umbi jenis ini bisa dimakan langsung dengan direbus atau ditim dahulu.

Selain itu ubi juga bisa digunakan menjadi aneka olahan kue sebagai pengganti tepung. Ubi biasanya tidak terlalu manis kalau baru saja dipanen. Untuk mendapatkan rasa manis yang khas, diamkan kurang lebih 1-2 minggu di tempat yang kering.

 

4. Buah Bit

Sepertinya, buah bit memang tidak umum dikonsumsi, ya? Namun jus dari buah ini dicampur dengan buah atau sayur lain bisa memberikan asupan antioksidan alami.

Tubuh akan terjaga dari penyakit sehingga selalu segar setiap hari. Pilih buah bit yang masih segar saat membelinya. Buah yang segar akan memberikan semua manfaat yang diinginkan. Sementara itu buah yang agak layu atau mungkin busuk justru berbahaya untuk tubuh.
 

5. Cokelat

Credit Image - perfectdailygrind.com

Cokelat baik dikonsumsi untuk memberikan tambahan tenaga. Namun, usahakan untuk memilih cokelat yang kandungan gulanya tidak terlalu tinggi karena bisa memicu gangguan gula darah. Kalau ada cokelat yang murni dan rasanya masih pahit akan lebih baik karena mirip sekali minum kopi meski secara rasa agak berbeda, nih!

 

6. Jus Buah dan Sayur

Aneka jus buah juga bisa meningkatkan semangat. Buah apa saja bisa digunakan asal tidak terlalu banyak menggunakan gula dan krimer. Selain buah, sayuran juga bisa digunakan untuk membuat jus dan dikonsumsi sebagai sarapan dan pengganti kopi.

 

7. Asupan Tinggi Vitamin B Kompleks

Credit Image - meer.com

Perlu kamu ketahui bahwa vitamin B kompleks merupakan salah satu asupan nutrisi yang berperan penting dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Sejumlah jenis vitamin B kompleks – berfungsi untuk memproses karbohidrat, kemudian memecahnya menjadi glukosa dan diubah menjadi energi untuk tubuh.

Jadi, sebagai pengganti kopi, kamu juga bisa mengonsumsi makanan tinggi vitamin B kompleks di pagi hari, lho. Vitamin ini bisa kamu dapatkan dari susu dan produk olahannya, telur, sayuran berdaun hijau, tempe, kerang, dan hati.

Untuk memudahkanmu, apalagi bagi yang punya aktivitas padat, kamu juga bisa memperoleh asupan vitamin B kompleks dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap. Lantas, apa multivitamin yang baiknya dikonsumsi?

Konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active. Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang berguna untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu agar tidah mudah terserang penyakit.

Tak perlu khawatir, kandungan vitamin C-nya pun aman di lambung sensitif, lho!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Mulai sekarang, yuk jadi pribadi yang aktif dengan Enervon Active!

Tunggu apa lagi? Segera konsumsi produk multivitamin andalan kaum aktif yang satu ini, yuk! Kamu bisa mendapatkannya di official store-nya di Tokopedia, ya.



Mau mendongkrak energi di pagi hari tak harus selalu minum kopi, kan? Sebagai alternatif, kamu dapat sarapan makanan di atas biar semakin produktif menjalani hari. Dari beberapa makanan pengganti di atas, mana nih yang paling sering kamu konsumsi?

 

 

Featured Image – theviewfromgreatisland.com

Source – doktersehat.com