Tak munafik kalau setiap orang pasti ingin diliputi kebahagiaan setiap harinya. Karena, rasa bahagia dapat membawa pengaruh baik pada kehidupan sehari-hari, lho. Ketika senang, kamu pun akan lebih produktif dalam bekerja dan membawa aura positif.

Yang wajib kamu tanyakan pada diri sendiri, apakah kamu sudah bahagia saat ini? Tak perlu hal yang mahal-mahal – atau effort berlebih, tapi ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk membuatmu selalu bahagia setiap harinya. Ingat, bahagia itu sederhana, kok!

Yuk, simak berbagai kebiasaan yang dapat menambah rasa bahagia di bawah ini!

 

 

Belajar Bersyukur

Credit Image - bola.com

Tahukah kamu hal termudah agar lebih bahagia tetapi tidak semua orang mampu melakukannya yaitu bersyukur. Bersyukur berarti berterima kasih atas semua yang kamu miliki, lalui, dan juga rasakan. Jangan bingung, tidak semua hal yang perlu disyukuri adalah hal-hal besar yang mengubah jalan hidup.

Namun belajarlah untuk bersyukur untuk hal-hal kecil dan sederhana yang kamu alami sehari-hari. Misalnya, hari yang cerah sehingga Kamu tidak perlu kehujanan saat berangkat bekerja atau tubuh yang sehat setiap harinya.

Untuk membiasakannya, cobalah untuk mengingat tiga hal yang perlu disyukuri setiap harinya. Bisa kamu tulis di catatan harian atau sekedar mengingatnya sebelum pergi tidur.

Selain membuat kamu lebih bahagia, penelitian yang dilakukan di tahun 2012 dan diterbitkan dalam Personality and Individual Differences, menyatakan orang yang bersyukur lebih jarang sakit. Selain itu, orang yang selalu bersyukur juga akan memiliki empati yang lebih pada orang lain, dapat tidur lebih nyenyak, hingga meningkatkan harga diri.

 

Menjadi Pribadi yang Positif

Salah satu penyebab mungkin kamu tidak bahagia ialah terlalu banyak hal yang kurang baik ‘menempel’ pada diri, entah itu perilaku atau kebiasaan yang negatif.

Nah, untuk melawannnya kamu perlu menumbuhkan sikap positif. Memiliki sikap yang lebih positif dapat menurunkan tingkat depresi, kecemasan, meningkatkan kesehatan fisik, dan berumur lebih panjang karena tak hanya fisik yang sehat tetapi juga mental.

Cobalah membuat komitmen dengan diri sendiri untuk melawan semua hal yang kurang baik dalam pikiran.

Berpikir dan bersikap positif berarti mengatasi kendala yang kamu alami dengan cara yang lebih baik. Bukan berpikiran yang buruk-buruk, tetapi kamu justru memikirkan segala hal baik ditengah kesulitan yang sedang dialami. Untuk menjadi pribadi yang lebih positif, cobalah mulai hari dengan memberikan senyuman pada orang-orang di sekitar.

 

Lakukan Kebaikan

Credit Image - barisan.co

Tahukah kamu bahwa kebaikan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental? Kebaikan adalah keinginan untuk mengangkat beban dari orang lain atau sekedar membuat orang lain tersenyum karena keberadaanmu.

Saat melakukan kebaikan, tubuh melepaskan zat kimia yang menghasilkan perasaan bahagia. Hormon bahagia yang disebut dengan oksitosin ini, juga dapat mengurangi berbagai rasa sakit dan tentu saja akan membuatmu merasa lebih nyaman.

Kebaikan tak hanya membuat kamu lebih bahagia tetapi juga dapat menyebar dan menular seperti rantai yang tidak terputus.

Untuk membukanya, mulailah dari diri sendiri. Coba lakukan berbagai kebaikan sederhana seperti menyapa tetangga, membawakan cokelat untuk rekan kantor yang sedang dilanda masalah, dan memberikan duduk di angkutan umum pada yang lebih membutuhkan.

 

Jangan Lupa untuk Bersenang-Senang

Menjadi orang yang terlalu serius juga tidak baik untuk kesehatanmu. Sesekali, luangkanlah waktu untuk bersenang-senang dan menghirup udara segar di taman. Cobalah untuk melonggarkan diri dari padatnya rutinitas harian yang dijalani dengan menyelipkan sedikit hiburan yang bisa membuatmu senang – dan rileks.

 

Merawat Diri Sendiri

Credit Image - kompas.com

Agar kamu lebih bahagia, gunakan waktu kosong dengan merawat – dan juga memerhatikan diri sendiri. Ingat, jangan terus menerus dan menempatkan kebutuhan serta keinginan orang lain tanpa memikirkan dirimu, ya.

Melakukan berbagai cara untuk merawat diri seperti ke tempat spa, melakukan hobi yang sudah lama tak dilakukan – dan beragam kegiatan lainnya bisa membantu mengendalikan stres, lho.

Selain itu, self-care juga bisa dilakukan dengan menjaga kesehatan tubuh. Ingat, jangan sampai rasa stres membuatmu mengabaikan pola hidup, ya.  Tetap pertahankan kesehatan dengan mengonsumsi berbagai menu bergizi seimbang, serta hindari jenis makanan cepat saji yang kurang baik bagi kesehatan.

Selain itu, tidur yang cukup setiap harinya, olahraga teratur, hingga mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang dapat menjaga energi tubuh agar tidak mudah merasa lelah, sehingga dapat beraktivitas secara maksimal.

Untuk memaksimalkan kesehatan, dianjurkan pula mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap. Kamu direkomendasikan memilih Enervon Active, cocok untukmu yang memiliki aktivitas padat.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, multivitamin Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon!

 

Jadi, itulah deretan cara yang bisa kamu lakukan untuk membuatmu tetap merasa bahagia. Mudah, kan? Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – sonora.id

Source – hellosehat.com