Tingginya tekanan pekerjaan maupun masalah kehidupan yang kerap menghampiri membuat banyak orang mencari berbagai macam cara untuk membantu mengurangi stres. Salah satunya adalah terapi holistik. Enervoners, ada yang pernah mendengar metode ini?

Terapi holistik adalah gabungan dari beberapa metode penyembuhan yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan mental. Tekniknya pun dikenal efektif untuk meredakan stres hingga perubahan suasana hati.

Disebut juga sebagai holistic psychotherapy, metode ini merupakan psikoterapi yang berpusat pada tubuh. Terapi holistik adalah cara terapi integratif yang menggabungkan perawatan tradisional dan non-tradisional, seperti terapi hypnosis, terapi napas, dan meditasi.

Nah, untuk kamu yang masih bingung soal terapi yang satu ini. Tanpa perlu berlama-lama, yuk, simak informasi lengkapnya, ya, Enervoners!

 

 

Apa Pengaruhnya Terhadap Stres?

Credit Image - sehatq.com

Perlu diketahui dahulu, nih, praktik terapi holistik seharusnya dilakukan oleh seorang terapis berpengalaman. Secara umum, terapi ini bertujuan untuk membantu mengatasi stres yang berdampak pada meningkatnya kualitas hidup secara menyeluruh.

Berbeda dengan jenis terapi lain, terapi ini menggunakan pendekatan ke seluruh tubuh. Semua menargetkan kesehatan mental, fisik, juga spiritual. Dengan begitu, pasien bisa melihat lebih dalam lagi dari berbagai aspek dalam hidupnya.

Jika sudah terbiasa, teknik dalam terapi holistik bisa diterapkan di luar sesi terapi bersama psikolog atau psikiater. Tekniknya bisa dilakukan kapan saja saat menghadapi situasi yang memicu stres berlebihan.

 

Teknik Melakukan Terapi Holistik

Untuk mengatasi gangguan yang dialami, praktik terapi dilakukan menggunakan berbagai teknik. Tujuannya adalah menumbuhkan kesadaran diri agar lebih memahami hubungan antara tubuh, pikiran dan jiwa.

Ketika seorang pakar menerapkan terapi terapi holistik pada pasiennya, mereka biasanya menerapkan lebih dari satu teknik. Tujuannya untuk membantu individu mengenali dan mengelola gejala yang dialami.

Strategi yang dibangun juga berguna agar seseorang kian sadar dan lebih mengenali dirinya sendiri. Dengan begitu, koneksi antara tubuh dan pikiran bisa sejalan sehingga gejala gangguan mental bisa dikelola.

Teknik-teknik terapi holistik adalah metode yang berasal dari mindfulness (pola pikir) dan bodywork (gerakan tubuh). Keduanya umum digunakan dalam pengobatan komplementer (tambahan) dan alternatif (CAM).

Penerapan teknik dalam terapi, antara lain:

  • Akupuntur
  • Teknik pernapasan
  • Imajinasi
  • Hipnosis
  • Pemberian pijatan
  • Meditasi
  • Tai chi
  • Yoga

 

Berbagai Jenisnya Terapi Holistik

Credit Image - dream.co.id

Sebenarnya, terapi holistik adalah jenis psikoterapi yang menaungi beberapa jenis terapi lainnya. Yang tergolong sebagai jenis terapinya, termasuk:

  • Terapi eklektik atau integratif. Terapi dilakukan dengan pendekatan yang dalam beberapa teknik.
  • Terapi pikiran dan tubuh. Terapi berfokus pada peningkatan fungsi tubuh dan pikiran guna membantu mengontrol gejala stres.
  • Terapi somatik. Terapi berfokus pada tubuh pasien yang dilakukan dengan gerakan tubuh, seperti menari, latihan pernafasan hingga meditasi.
  • Terapi spiritual. Terapi berfokus pada sistem keyakinan dan iman pasien. Ini merupakan pendekatan sistem kepercayaan atau agama.

 

Terapi Holistik Tak Cuma Atasi Stres Saja, Lho!

Selain stres, terapi holistik adalah metode yang dianggap efektif dalam membantu pengobatan beberapa kondisi psikologis yang berbeda. Adapun gangguan mental yang dapat diatasi melalui terapi ini, antara lain:

  • Kecanduan
  • Kecemasan
  • Depresi
  • Kesulitan mengatur emosi
  • Terlibat masalah keluarga
  • Merasa tertekan
  • Memiliki trauma mendalam
  • Masalah terkait pekerjaan

Jika selama ini sering menghadapi gangguan seperti yang disebutkan di atas, tak ada salahnya untuk bertanya ke ahlinya terkait dengan penerapan praktik terapi holistik. Sebab, penerapannya akan bergantung pada kondisi setiap pasien.

Kebutuhannya juga disesuaikan dengan intensitas keparahan gejala yang dialami. Dengan praktik yang tepat, stres bisa ditangani dengan baik. Terapi yang satu ini juga efektif mencegah gangguan mental jadi semakin parah.

 

Cara Lain untuk Membantu Mengatasi Stres

Credit Image - siarandepok.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, terapi holistik adalah metode yang kerap digunakan untuk membantu mengatasi rasa stres. Nah, agar stres cepat minggat, ada baiknya kamu juga melakukan cara lainnya, nih!

Atasi stres dengan melakukan kegiatan favorit – atau hobi, pusatkan pikiran kepada hal-hal yang positif, serta jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh. Ingat, kamu tak boleh mengabaikan pola hidup sehat dalam kondisi apapun, ya.

Untuk melengkapi hidup sehat, kamu juga dianjurkan mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang dapat menjaga energi tubuh agar tidak mudah merasa lelah, sehingga dapat beraktivitas secara maksimal.

Dan biar hidup sehat makin maksimal, dianjurkan pula mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap. Kamu direkomendasikan memilih multivitamin Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu gak gampang lelah.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya!

 

Nah, dari ulasan di atas, terapi holistik adalah salah satu metode yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi rasa stres – sekaligus mengatasi masalah kesehatan mental lainnya. Tapi, pastikan kamu sudah melakukan dengan ahlinya, ya, jangan sembarangan!

 

 

Featured Image – thewell.northwell.edu

Source – halodoc.com