Ketika sedang merasa kurang enak badan, atau bahkan sakit, banyak orang yang kehilangan nafsu makannya. Biasanya, hal tersebut disebabkan oleh lidah yang terasa pahit – dan rasa tidak nyaman pada tubuh.

Padahal, menurut Cleveland Clinic, mendapatkan makanan dengan nutrisi yang tepat dapat membantu tubuh merasa lebih baik. Apalagi, nutrisi yang tepat dapat menguatkan tubuh, memberikan energi, menambah daya tahan tubuh, hingga mempercepat proses pemulihan.

Lantas, apa saja nutrisi yang baiknya diperoleh ketika sedang sakit? Berikut ini ulasan lengkapnya!

 

 

1. Protein Hewani

Credit Image - rs.ui.ac.id

Dikutip dari WebMD, salah satu nutrisi paling penting yang perlu dikonsumsi saat kamu merasa sakit adalah protein. Sumber protein terbaik adalah dari sumber hewani.

Ini karena protein hewani biasanya juga mengandung asam amino esensial dan zat gizi yang lebih mudah diserap tubuh. Mengutip dari Everyday Health, beberapa jenis asam amino seperti glutamin dan arginin dapat membantu pemulihan dan penyembuhan lebih cepat.

Protein hewani bisa didapatkan dari aneka jenis boga bahari yang juga kaya akan omega 3 dan 6, daging ayam tanpa lemak, telur, dan daging sapi tanpa lemak.

Jadi, memastikan kebutuhan protein harian terpenuhi sangat penting dilakukan agar fungsi tubuh secara keseluruhan bisa berjalan dengan baik.

 

2. Protein Nabati

Selain protein hewani, tubuh juga memerlukan nutrisi yang berasal dari protein nabati. Ini karena protein nabati memiliki proporsi asam lemak tak jenuh yang lebih baik dibanding protein hewani.

Menurut Healthline, sumber nutrisi ini dapat membantu mengontrol kolesterol, berat badan, hingga meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular. Ditambah lagi, protein nabati biasanya juga dilengkapi dengan berbagai zat gizi, serat, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sumber protein nabati adalah kedelai, kacang polong, hingga produk olahan susu seperti keju dan yoghurt.

 

3. Karbohidrat Kompleks

Credit Image - surakarta.suara.com

Makronutrien yang tidak boleh dilewatkan bagi kamu yang sedang sakit adalah karbohidrat. Itu karena karbohidrat bertugas untuk menyediakan energi dengan cara melepaskan glukosa dalam tubuh. Meski begitu, pilihan jenis karbohidrat sangat penting dalam masa penyembuhan. Saat sakit, sebaiknya kamu memiliki karbohidrat kompleks dibanding karbohidrat sederhana.

Karbohidrat kompleks bisa diperoleh dari kentang, oatmeal, pisang, ubi jalar, maupun nasi merah.

Tidak hanya baik untuk meningkatkan imunitas – dan memberi energi, karbohidrat kompleks juga bermanfaat bagi kesehatan usus dan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dilansir dari Livestrong, karbohidrat kompleks akan menurunkan kolesterol LDL (jahat) sambil menormalkan kadar glukosa darah dan respons insulin dari waktu ke waktu.

 

4. Lemak Tak Jenuh

Dilansir dari WebMD, saat sakit, tubuh membutuhkan kalori yang besar untuk proses metabolisme yang besar. Untuk itu, lemak juga merupakan salah satu makronutrien yang tidak boleh ditinggalkan saat sakit. Lemak menjadi salah satu sumber kalori penting dalam proses penyembuhan.

Namun, lemak yang dipilih sebaiknya adalah lemak tak jenuh. Kamu bisa mendapatkan lemak tak jenuh dari berbagai makanan sehat seperti alpukat dan keju.

Meski menyehatkan – dan dapat membantu proses pemulihan, asupan lemak tak jenuh juga ada batasannya. Mengutip situs Cleveland Clinic, asupan lemak untuk orang dewasa adalah 20–35% total kalori dari lemak.

Itu artinya, sekitar 44 hingga 77 gram lemak per hari jika mengonsumsi 2.000 kalori. Nah, khusus untuk lemak tidak jenuh tunggal asupannya adalah 15-20%, sedangkan lemak tidak jenuh ganda adalah 5-10% dari asupan lemak secara keseluruhan.

 

5. Vitamin dan Mineral

Credit Image - diet.ind.in

Selain makronutrien, tubuh juga membutuhkan mikronutrien yaitu vitamin dan mineral. Misalnya, menurut Medical News Today, tubuh membutuhkan vitamin C untuk meningkatkan sistem imun dalam melawan pilek. Selain itu, beberapa mineral seperti zinc, zat besi, dan selenium juga dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh.

Baik vitamin maupun mineral merupakan nutrisi yang bisa diperoleh dengan mendapat asupan makanan bergizi seimbang. Namun, mendapatkannya dari makanan saja belum tentu cukup. Untuk itu, kamu dianjurkan meminum multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active memiliki kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – kandungan vitamin C yang ramah dilambung yang ditambah dengan zinc akan membantu menjaga imunitas biar kamu tidak mudah jatuh sakit.

Dan kandungan vitamin B kompleksnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon!

 

Jadi, itulah deretan nutrisi yang baiknya diperoleh untuk membantu pemulihan ketika sakit. Dengan nutrisi yang tercukupi dengan baik, maka tubuh bisa memiliki energi, sehingga dapat cepat sembuh.

 


Featured Image – healthyeating.org

Source – kompas.com