Sering mendengar istilah financial freedom? Sepertinya, hal ini menjadi impian hampir setiap orang. Yap, dengan adanya kebebasan finansial artinya kamu sudah tidak lagi dipusingkan dengan masalah keuangan.

Selain itu, memiliki financial freedom juga berarti kamu mampu mengambil keputusan dalam hidup tanpa perlu mempertimbangkan masalah keuangan, karena sudah memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan hidup pribadi, maupun keluarga.

Bisa dipastikan kebebasan finansial pun dapat memengaruhi kualitas kehidupan seseorang, lho. Selain itu, ada berbagai manfaat lainnya yang bisa kamu peroleh dari hal tersebut. Apa saja sih?

Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

1. Memiliki Lebih Banyak Waktu

Credit Image - halodoc.com

Ketika sudah memiliki kebebasan finansial, kamu tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk bekerja. Kamu dapat memilih pekerjaan yang tak perlu menyita banyak waktu, bahkan tak perlu lagi bekerja karena adanya passive income yang mencukupi.

Kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk kehidupan pribadi. Alhasil, kamu memiliki lebih banyak kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga untuk quality time, maupun untuk me time diri sendiri. Hidup terasa lebih bahagia karena dapat memanfaatkan waktu sesuai dengan keinginan.

 

2. Hidup Terasa Semakin Nyaman, Lho!

Kemudian, financial freedom memungkinkan seseorang untuk menjalani hidup dengan lebih nyaman. Dengan kondisi keuangan yang baik, kamu mampu untuk membeli aneka benda yang dapat memudahkan hidup. Misalnya membeli kendaraan sesuai keinginan agar memudahkan transportasi.

Kamu tidak perlu lagi menunggu dan membuat pertimbangan ketika ingin membeli kebutuhan dan keinginan. Kamu dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan secara bersamaan sehingga hidup terasa lebih menyenangkan.

 

3. Dapat Melakukan Banyak hal yang Disukai

Credit Image - koinworks.com

Saat kondisi keuangan sangat baik, kamu bebas untuk melakukan banyak hal yang disukai. Misalnya, pergi liburan, makan makanan kesukaan, mengunjungi tempat-tempat yang diinginkan, maupun kegiatan favorit lainnya.

Selain tak lagi mempermasalahkan tentang biaya, kamu juga memiliki waktu luang yang lebih banyak untuk melakukan hal-hal favorit. Itulah sebabnya kamu seolah bebas melakukan banyak hal yang disukai. Sungguh menyenangkan, ya?

 

4. Semakin Fleksibel dan Tak Terikat Masalah Keuangan

Kebebasan finansial yang dimiliki memungkinkan orang untuk dapat hidup secara lebih fleksibel. Mereka dapat melakukan apapun tanpa terikat masalah keuangan. Misalnya, dalam hal pekerjaan, mereka dapat leluasa memilih pekerjaan yang disukai dan dianggap nyaman untuk dijalani.

Jika orang lain yang belum memiliki financial freedom bersedia bertahan pada pekerjaan toksik demi alasan keuangan, maka hal itu tidak berlaku bagi seseorang yang telah mencapai kebebasan finansial. Orang dengan kondisi finansial yang sudah stabil tidak akan menjadikan pendapatan dalam bekerja sebagai pertimbangan untuk bertahan dalam suatu pekerjaan.

 

5. Lebih Tenang dalam Menjalani Hidup

Credit Image - bfi.co.id

Ketika tabungan mencukupi dan kebutuhan hidup dapat terpenuhi dengan baik, maka hidup akan terasa lebih tenang. Tak ada lagi rasa khawatir dalam menjani hidup karena masalah keuangan.

Misalnya, mereka dengan financial freedom tak khawatir jika tak memiliki biaya saat jatuh sakit karena ada dana darurat yang mencukupi. Mereka juga tak perlu pusing memikirkan tagihan dan cicilan yang harus dibayarkan setiap bulanya karena biaya kehidupan mencukupi.

 

6. Bagaimana Cara Mencapai Financial Freedom?

Untukmu yang masih belum mencapai kebebasan secara finansial, jangan berkecil hati, ya. Karena, masih ada usaha lainnya yang dapat kamu lakukan, lho. Apa saja yang dapat diterapkan?

  • Pahami dahulu kondisi keuanganmu. Seperti dari berapa pengeluaran – dan berapa pendapatan. Jika kamu sudah mampu melunasi semua pengeluaran, artinya kebebasan finansial bisa segera diraih.
  • Tentukan tujuan keuangan terlebih dahulu agar untuk ke depannya kamu bisa lebih mudah dalam menyusun strategi untuk mencapainya. 
  • Kamu juga dapat menciptakan aset yang mampu menghasilkan pendapatkan untuk mencapai financial freedom. Setelahnya, biarlah pendapatan dari aset tersebut yang menutupi segala pengeluaran – atau kebutuhanmu.
  • Lakukan investasi, tapi pilihlah jenis instrument yang cocok – dan tentunya punya harga jual yang semakin meningkat seiring berjalannya waktu.
  • Lunasi pula hutang. Kalau kamu masih memiliki tagihan maupun hutang yang masih berjalan, segera upayakan untuk melunasinya kapan saja ketika kamu memiliki uang yang cukup nominalnya. Hal ini juga penting dalam mencapai financial freedom.

Agar proses mencapai financial freedom semakin optimal, pastikan juga kamu sudah memiliki energi – dan stamina yang cukup, sehingga kegiatan bekerja, sekaligus produktivitas tidak terganggu, ya. Dalam hal ini, kamu direkomendasikan multivitamin dengan kandungan vitamin dan mineral lengkap, seperti Enervon Active – suplemen tepat untuk menemani berbagai rutinitas harianmu yang pastinya aman di lambung.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Nah, Enervon Active punya beragam manfaat baik untuk kesehatan, kan? Yuk, segera minum multivitamin yang satu ini – dapatkan di e-commerce Tokopedia, ya!

 

Wah, memiliki financial freedom memang bisa membantu meningkatkan kualitas hidup, nih. Jadi, tak heran kalau banyak orang yang berlomba-lomba untuk mencapai hal tersebut.

 

 

Featured Image – cnbc.com

Source – idntimes.com