Varian Omicron tak henti-hentinya melahirkan anak baru. Belum lama ini, subvarian Omicron terbaru, yaitu XBB sudah terdeteksi, termasuk di Indonesia.

Omicron XBB diketahui menjadi penyebab terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di 24 negara, salah satunya Singapura dengan lonjakan pasien sebanyak 54 persen. Varian ini merupakan yang terbaru dari serangkaian varian yang telah muncul di negara-negara dengan tingkat vaksinasi tinggi.

Untuk itu, masyarakat Indonesia diimbau agar tetap waspada akan varian yang sangat cepat menular tersebut. Berikut 5 cara pencegahan Omicron XBB yang sebaiknya diterapkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

1. Menggunakan Masker dengan Tepat Penting Dilakukan

Credit Image - alodokter.com

Pemakaian masker adalah salah satu pencegahan yang baik dari setiap droplet yang mungkin membawa virus. Namun, perlu diingat bahwa masker tak selalu melindungi, apabila tidak tepat dalam pemilihannya. 

Menurut rangkuman para pakar yang dilansir oleh Unicef indonesia, jenis masker yang dibutuhkan keluarga, yakni:

  • Masker nonmedis (masker kain)

Diperuntukan bagi keluarga yang tinggal di daerah dengan kasus Covid-19 yang tinggi, namun tidak memiliki gejala apapun. Maka, jenis masker yang disarankan adalah masker nonmedis.

 

  • Masker medis

Masker jenis ini disarankan bagi anggota keluarga mama yang punya risiko terkena penyakit berat akibat Covid-19 atau yang punya kondisi kesehatan bawaan pada anggota keluarga lansia berusia 60 tahun ke atas.

 

2. Menghindari Kerumunan

Tahukah kamu bahwa droplet dari pasien terinfeksi yang bersin memiliki kecepatan 50 m/s selama 0,12 detik? Ya, bahkan untuk bernapas saja, ternyata kamu bisa tertular dalam hitungan 1 m/s atau selama 1 detik, lho.

Inilah yang jadi alasan, mengapa kamu disarankan untuk tidak berada di kerumunan orang, untuk menghindari adanya kontak dengan orang yang sudah terinfeksi.

 

3. Menjaga Kebersihan dengan Rutin Mencuci Tangan

Credit Image - beritagar.id

Menjaga kebersihan tangan dengan mencucinya sehabis memegang barang dan objek adalah hal yang paling sederhana dan murah untuk dilakukan. Mencuci tangan 40 hingga 60 detik, terbukti efektif mematikan kuman penyakit.

Selain penting untuk menjaga kebersihan tangan, terkadang kita tak sadar menyentuh area wajah atau mulut yang rentan terhadap penularan Covid-19. Cara mudah untuk mengetahui seberapa lama kuman akan mati adalah dengan menyanyikan lagu “Happy Birthday to You” sembari mencuci tangan. 

Ketika lagunya selesai, baru kamu bisa membilasnya dengan air bersih. Mudah, bukan?

 

4. Melakukan Testing Jika Mengalami Tanda Covid-19

Gejala infeksi virus ini berupa flu, pilek, batuk, dan demam. Sebagai upaya antisipatif, kamu dan keluarga yang mengalami tanda-tanda tersebut dapat melakukan pemeriksaan swab PCR di layanan kesehatan terdekat.

Sebisa mungkin untuk tidak keluar rumah dan melakukan aktivitas berat terlebih dahulu, atau langsung mengonsumsi makanan sehat agar imun terjaga.

 

5. Segera Vaksinasi untuk Meningkatkan Proteksi Terhadap Covid-19

Credit Image - cidrap.umn.edu

Sebagai upaya dalam merangsang kekebalan tubuh, maka mama dan keluarga bisa segera melakukan vaksinasi untuk meningkatkan proteksi tubuh terhadap virus dan variannya yang sedang marak ini. 

Menurut Kementerian Kesehatan, vaksin mengandung berbagai produk biologi dan bagian dari virus yang sudah dilemahkan, disuntikkan ke dalam manusia untuk merangsang timbulnya imun atau daya tahan tubuh seseorang.

 

6. Menguatkan Kekebalan Tubuh

Selain menerapkan cara di atas, masyarakat juga perlu untuk menguatkan kekebalan tubuh, sehingga risiko infeksi Covid-19 berserta subvariannya dapat dihindari. Ingat, imunitas merupakan senjata utama dalam menghalau penyakit, lho!

Optimalkan kekebalan tubuh dengan menerapkan pola makan sehat yang dimulai dari mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Serta, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas!

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Jadi, itulah sejumlah cara menghindari risiko infeksi Covid-19, termasuk subvarian Omicron XBB. Yuk, diterapkan agar tetap terlindungi dari paparan virus berbahaya!

 

 

Featured Image – japantimes.co.jp

Source – popmama.com