Tahukah kamu bahwa memiliki sikap disiplin merupakan salah satu kunci utama dalam mencapai kesuksesan dalam berkarir? Ya, tanpa hal ini, maka karir akan sulit berkembang, karena tak punya semangat dan pendorong dalam menghadapi tantangan pekerjaan.

Jika kamu merasa karir kurang berkembang, coba perhatikan kembali deh berbagai aspek yang memengaruhinya, termasuk disiplin kerja. Apakah kamu sudah memiliki sikap yang satu ini? Kalau belum, yuk, segera ditingkatkan, ya.

Berikut ini berbagai jenis disiplin kerja, indikator, dan tips untuk meningkatkannya.

 

 

Jenis Disiplin Kerja

Credit Image - jojonomic.com

Jika kamu ingin meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja, ada baiknya untuk mengenali beberapa jenisnya terlebih dahulu. Menurut Moekizat (2002), ada dua jenis disiplin di kantor, yaitu:

1. Self Imposed Discipline

Ialah disiplin yang dipaksakan diri sendiri. Disiplin yang berasal dari diri seseorang yang ada pada hakikatnya merupakan suatu tanggapan spontan terhadap pimpinan yang cakap dan merupakan semacam dorongan pada dirinya sendiri artinya suatu keinginan dan kemauan untuk mengerjakan apa yang sesuai dengan keinginan kelompok.

 

2. Command Discipline

Ini merupakan disiplin yang diperintahkan. Disiplin yang berasal dari suatu kekuasaan yang diakui dan menggunakan cara-cara menakutkan untuk memperoleh pelaksanaan dengan tindakan yang diinginkan yang dinyatakan melalui kebiasaan, peraturan-peraturan tertentu. Dalam bentuknya yang ekstrem command discipline memperoleh pelaksanaannya dengan menggunakan hukum.

 

Apa Saja Indikatornya?

Credit Image - karirgogo.com

Kemudian, ada juga indikator beserta aspeknya yang akan digunakan dalam menilai sikap disiplin dalam bekerja. Apa saja indikatornya? Berikut ulasannya.

1. Tepat Waktu

Tepat waktu disini diartikan bahwa anda dapat menilai karyawan dari bagaimana disiplin dari waktu yang telah ditetapkan oleh perusahaan, meliputi kehadiran dan kepatuhan karyawan melaksanakan tugas dengan tepat waktu dan benar.

Misalnya, perusahaan menetapkan jam kerja pada pukul 07.00 wib s/d 16.00 wib, maka sebagai karyawan harus hadir dan selesai sesuai jam kerja yang telah ditentukan. Selain itu, jika perusahaan membetikan tugas yang harus diselesaikan, maka karyawan harus menyerahkan tugas harus tepat waktu.

 

2. Taat Terhadap Peraturan dalam Perusahaan

Karyawan yang disiplin harus taat terhadap peraturan dalam perusahaan. Peraturan maupun tata tertib harus dibuat agar tujuan suatu perusahaan dapat dicapai dengan baik. Untuk itu dibutuhkan sikap kesetiaan dari karyawan terhadap komitmen yang telah ditetapkan pada perusahaan.

Kesetiaan disini diartikan patuh dan taat dalam melaksanakan perintah dari atasan dan peraturan tata tertib yang telah ditetapkan. Serta ketaatan karyawan dalam menggunakan kelengkapan pakaian seragam yang telah ditentukan organisasi atau perusahaan.

 

3. Tanggung Jawab dalam Bertugas

Seorang karyawan harus memiliki tanggung jawab dalam bertugas. Salah satu wujud sebagai tanggung jawab karyawan yakni penggunaan dan pemeliharaan peralatan yang sebaik-baiknya, sehingga dapat menunjang kegiatan kantor berjalan dengan lancar. Serta adanya kesanggupan dalam menghadapi pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya sebagai seorang karyawan yang dapat dihandalkan.

 

Tips Meningkatkan Disiplin Kerja

Credit Image - glints.com

Seperti yang sudah disebutkan, tanpa adanya sikap disiplin, karir akan sulit berkembang karena tidak memiliki semangat – dan motivasi untuk menghadapi tantangan dalam pekerjaan. Untuk meningkatkannya, berikut beberapa tips yang perlu kamu lakukan, ya!

1. Mulai dari Hal Kecil Dahulu

Dalam melakukan perubahan, misalnya untuk menjadi lebih disiplin dalam bekerja. Ingat, kamu tidak perlu memaksakan bisa berubah dalam waktu singkat, lho.

Ketika terlalu banyak perubahan dalam hidup, kamu pasti akan kesulitan untuk menyesuaikan diri dan menerimanya. Lebih baik kamu melakukannya secara perlahan dan bertahap, tapi konsisten.

Tidak masalah jika mulai dari hal-hal sederhana, yang penting adalah niatmu untuk jadi lebih baik jadi terpacu. Terlalu memaksakan dirimu atas perubahan bisa membuatmu lupa tujuan utamamu, yaitu meningkatkan disiplin kerja.

 

2. Menjadi Lebih Terorganisir

Dalam meningkatkan kedisiplinan, kamu juga perlu menjadi sosok yang lebih terorganisir, ya.

Membuat daftar untuk segala hal yang ingin dilakukan adalah contoh seseorang sudah mulai dapat mengorganisir kehidupannya. Menurut Clever Girl Finance, kebiasaan ini sangat baik untuk meningkatkan disiplin kerja karena membantumu untuk menentukan prioritas.

Maka dari itu, cobalah untuk membuat daftar kegiatan per hari atau target yang ingin dicapai dalam jangka waktu tertentu.

 

3. Berani untuk Memilih Sejak Awal

Setiap individu pasti akan selalu dihadapkan pada pilihan, tapi tidak semua pilihan selalu benar atau salah, tapi juga menjadi lebih baik atau tidak. Seperti ketika kamu memilih untuk menjadi seseorang yang inisiatif saat bekerja.

Tanpa menunggu atasanmu menegur saat bekerja, kamu sadar bahwa mengambil inisiatif adalah hal yang baik untuk kariermu dan mulai melakukannya.

Intinya, jika dihadapkan dengan pilihan di mana kamu bisa menjadi lebih baik, maka pilihlah yang menurutmu dapat mendorongmu. Tidak perlu menunggu dan berpikir kapan waktu yang tepat untuk menjadi lebih baik karena waktu terbaik adalah sekarang.

 

4. Kenali Kemampuan dan Batasanmu

Hal lainnya yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan disiplin kerja adalah mengenali kemampuan dan batasan dirimu terhadap godaan.

Jika ada godaan yang mengganggu kamu untuk menjadi disiplin saat bekerja, sebaiknya hilangkan saja. Contohnya seperti selalu datang lebih pagi ke kantor. Maka seharusnya kamu bisa menahan diri untuk tidak begadang.

 

5. Jangan Menyerah pads Satu Kegagalan

Meningkatkan disiplin kerja adalah sebuah proses yang perlu dilakukan agar karirmu sukses. Oleh karena itu, wajar apabila ada banyak tantangan dan kegagalan selama proses.

Sayangnya, banyak orang yang langsung menyerah ketika menemukan kegagalan. Menurut Entrepreneur, sebaiknya yang kamu lakukan adalah memaafkan diri sendiri.

Jika kamu pun sudah mencontoh orang yang sudah sukses tapi tidak merasakan hal yang sama, jangan menyerah dan merasa khawatir. Karena, setiap orang memiliki cara dan waktunya sendiri untuk meraih kesuksesan. Temukan cara lain yang bisa membantumu untuk mencapai tujuan.

 

5. Tetap Fokus pada Tujuan

Untuk mencapai tujuan karir dengan menerapkan disiplin kerja, pastikan kamu tetap fokus terhadap hal yang ingin dicapai tersebut, ya. Buang jauh-jauh pikiran yang kurang penting, serta yang dapat mengganggu proses mencapai cita-cita kamu.

Namun, yang pasti, agar pikiran tetap fokus, pastikan kamu juga sudah mendapatkan asupan energi yang cukup, seperti dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, ya.

 

Disiplin kerja merupakan aspek mendasar dalam karir – dan ini bisa ditingkatkan dengan hal-hal yang mudah untuk dilakukan. Jadi, yuk, tingkatkan kedisiplinan dalam bekerja sekarang juga!

 

 

Featured Image – liveabout.com

Source – glints.com