Siapa yang setuju kalau mengalami hidung tersumbat memang menyiksa? Yap, sepertinya hampir semua orang pasti akan sependapat. Jika mengalami kondisi tersebut, jangan khawatir, ya, karena ada berbagai cara mengatasi hidung tersumbat yang dapat kamu lakukan – sederhana tapi efektif, lho!

Hidung tersumbat terjadi ketika jaringan dan pembuluh darah di sekitar hidung bengkak akibat infeksi atau peradangan. Hal ini dapat membuat proses pernapasan terganggu disertai dengan keluarnya cairan yang berlebihan hingga menyebabkan batuk dan sakit tenggorokan.

Penyebabnya pun beragam, seperti infeksi virus, terpapar alergen, atau masuknya benda asing ke dalam hidung. Selain itu, kondisi ini juga kerap menjadi keluhan di masa kehamilan, efek samping konsumsi obat tertentu, atau gejala dari penyakit, seperti sinusitis, polip hidung, dan deviasi septum.

Berikut ini cara mengatasi hidung tersumbat yang dapat kamu lakukan.

 

 

1. Menghirup Uap Hangat

Credit Image - kompas.com

Menghirup uap hangat bisa menjadi cara mengatasi hidung tersumbat dan melegakan pernapasan. Cara melakukannya cukup mudah, yaitu kamu hanya perlu siapkan wadah berisi air hangat, kemudian dekatkan wajahmu ke wadah dan hirup uapnya. Namun, kamu harus berhati-hati saat melakukan cara ini.

Tapi ingat, jangan sampai uap air yang terlalu panas justru membuat luka bakar di wajah, ya. Cara lainnya, kamu bisa mandi air hangat atau membasuh wajah dengan waslap yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat.

 

2. Saat Berbaring, Posisikan Kepala Lebih Tinggi, Ya!

Sulit bernapas akibat hidung yang tersumbat bisa membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Nah, supaya kamu bisa terlelap dan proses bernapas menjadi lebih baik, posisikan kepalamu lebih tinggi ketika tidur. Gunakan bantal tambahan untuk menopang kepala dan bahu.

 

3. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Credit Image - health.detik.com

Cara mengatasi hidung tersumbat lainnya, yaitu dengan memperbanyak asupan air putih. Minum air putih dalam jumlah yang cukup dapat membantu mengencerkan lendir di hidung, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Dengan mencukupi asupan cairan, kamu juga bisa terhindar dari beragam masalah kesehatan lainnya, seperti dehidrasi.

 

4. Dapat Menggunakan Humidifier

Supaya hidung tidak semakin tersumbat, kamu bisa memanfaatkan humidifier, terutama bila di dalam ruanganmu menggunakan penyejuk udara atau AC. Alat ini dapat membantu menjaga kelembapan udara dan mengurangi penyebaran debu di udara, sehingga saluran napas lebih terbuka dan napas menjadi lega.

 

5. Cuci Hidung dengan Air Garam

Credit Image - health.clevelandclinic.org

Selain menghilangkan debu dan partikel berbahaya di rongga hidung, cuci hidung dengan air garam juga bisa menghilangkan lendir di hidung. Hal ini pun sering direkomendasikan sebagai salah satu cara mengatasi hidung tersumbat.

Caranya, larutkan 1 sendok teh garam dan sejumput soda kue pada 2 gelas (500 ml) air hangat. Tuang air larutan garam pada wadah atau botol khusus yang bisa dibeli di toko obat atau apotek.

Miringkan kepalamu dan arahkan corong botol ke salah satu sisi hidung. Kemudian, semprotkan dengan kuat hingga cairan keluar lewat lubang hidung sisi lainnya. Untuk hasil yang maksimal, cuci hidung dengan air garam bisa dilakukan 3–4 kali dalam sehari.

 

6. Konsumsi Vitamin atau Obat-obatan Tertentu

Cara mengatasi hidung tersumbat yang terakhir, yaitu dengan mengonsumsi vitamin maupun obat-obatan tertentu. Untuk obat-obatan, misalnya kamu dapat menggunakan dekongestan dalam bentuk semprotan hidung. Tapi sebelum menggunakannya, pastikan kamu sudah membaca keterangan di kemasan – atau berkonsultasi ke ahlinya terlebih dahulu, apalagi jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Kemudian, hidung tersumbat juga bisa disebabkan oleh virus yang menyebabkan penyakit tertentu. Untuk membantu proses pemulihannya, pastikan kamu sudah menjaga imunitas yang berperan untuk melawan virus di dalam tubuh.

Untuk meningkatkan kekebalan, pastikan kamu sudah mendapat asupan nutrisi lengkap. Tidak hanya dari makanan saja, namun kamu juga direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, misalnya yang memiliki kandungan vitamin C. Nah, kamu direkomendasikan minum multivitamin dari Enervon Active secara rutin, ya!

Enervon Active memiliki kandungan lengkap, seperti non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi kandungan vitamin C dan zinc akan membantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak gampang sakit. Kandungan non-acidic vitamin C di dalam Enervon Active juga aman dikonsumsi kamu yang punya masalah perut sensitif – jadi, tak perlu takut lambung menjadi nyeri, ya!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu gak gampang lelah ketika beraktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya!

 

Itulah berbagai cara mengatasi hidung tersumbat yang dapat kamu terapkan dengan mudah di rumah. Jika setelah melakukan perawatan di atas – dan kondisi tidak kunjung membaik, apalagi disertai gejala lainnya, maka ada baiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter!

 

 

Featured Image – halodoc.com

Source – alodokter.com