Dalam kehidupan menghadapi kegagalan memang menjadi hal yang lumrah, kan? Karena, sesukses apapun manusia, pasti ia pernah mengalami gagal dalam hidupnya. Meski demikian, tidak semua orang bisa menerima dan menghadapi hal tersebut dengan baik, lho.

Ketika mengalaminya, ada berbagai cara menghadapi kegagalan yang penting untuk diperhatikan. Karena, ada baiknya kamu menjalaninya dengan langkah bijak – dan kegagalan tersebut bisa dijadikan sebuah pelajaran berharga.

Nah, untuk kamu yang sedang berada dalam kondisi tersebut, berikut ini cara menghadapi kegagalan yang bisa dilakukan. Simak informasinya sampai habis, yuk!

 

 

1. Tarik Napas Panjang, Kemudian Hembuskan

Credit Image - beritagar.id

Cara menghadapi kegagalan yang pertama kali penting untuk kamu lakukan, yaitu cobalah untuk menarik napas panjang dan dalam saat itu juga sembari memejamkan mata. Kemudian embuskan perlahan. Lakukan aktivitas tersebut selama beberapa menit.

Cara ini bisa bikin kamu jauh lebih rileks menerima kenyataan yang berbanding terbalik dengan ekspektasi kamu. Karena endorfin, zat kimia pada otak yang mampu mengurangi rasa sakit dan stres, ikut terlepas saat kamu berulang kali mengambil napas panjang lalu menghempaskannya.

 

2. Belajar Menerima

Meski telah berusaha semaksimal mungkin, tidak semua hal yang diinginkan dapat terwujud. Sebab, ada hal-hal yang diluar kendali. Maka, langkah selanjutnya adalah mulai menerima kegagalan yang terjadi. Semakin cepat kita dapat menerima kegagalan, akan semakin cepat pula kamu bisa mengintrospeksi diri. 

Bila tidak dapat menerima kegagalan, maka kamu akan semakin terpuruk dan berlarut-larut dalam kesedihan. Hal tersebut bisa menyebabkan kemajuan diri semakin terhambat.

 

3. Sebenarnya, Kegagalan itu Tak Ada, Hanya Saja Kamu Belum Berhasil

Credit Image - entrepreneur.com

Cara menghadapi kegagalan berikutnya, yaitu cobalah ubah mindset-mu. Ingatlah bahwa kegagalan itu sebenarnya tidak ada, lho. Hanya aja memang belum saatnya kamu untuk berhasil – atau meraih hal yang menjadi keinginanmu.

Jadi, buang jauh-jauh kata kegagalan dalam kamus hidup kamu. Ganti kata tersebut dengan sesuatu yang belum berhasil kamu raih. Dengan begitu, secara tidak langsung kamu sudah memberi energi positif dalam diri bahwa bakal ada kesuksesan di depan sana yang sedang menanti kamu.

 

4. Mengingat Kembali Perjuangan yang Pernah Kamu Lakukan

Bukankah yang terpenting adalah proses, bukan hasil? Jadi, saat kamu merasa gagal dalam meraih target atau apa pun yang sedang kamu harapkan, coba deh flashback lagi pada perjuangan yang sudah kamu lakukan.

Perjuangan tersebut yang justru amat bernilai dan bisa jadi pengalaman berharga yang akan menemani kamu menuju perjalanan berikutnya dalam meraih keberhasilan. Kalau kamu tidak gagal dulu, barangkali kamu gak bakal sadar kalau kamu sudah berjuang sedemikian keras untuk ada di titik sekarang.

 

5. Mengambil Pelajaran dari Kesuksesan Orang Lain

Credit Image - forbes.com

Nah, cara menghadapi kegagalan berikutnya adalah mau belajar dari kesuksesan orang lain. Jangan malu untuk kepo dengan kesuksesan yang sudah diraih orang lain atau pesaing kamu. Meski mereka adalah orang-orang yang mungkin lebih muda dari kamu.

Semakin banyak kamu belajar dari orang-orang yang telah sukses lebih dulu, kamu bakal punya lebih banyak ilmu untuk kamu terapkan dalam perjuanganmu berikutnya. Tentu dengan beberapa inovasi biar hasilnya terasa 'kamu banget'.

 

6. Meyakini Bahwa Kegagalan Adalah Sebuah Rezeki

Ya, kamu harus yakin bahwa kegagalan adalah bentuk rezeki juga, lho. Kamu bakal lebih menghargai keberhasilan kalau kamu sudah berkali-kali ditempa dengan bermacam kegagalan.

Lewat sesuatu yang belum berhasil kamu raih, kamu punya kesempatan untuk introspeksi diri, merenung, dan gak langsung merasa cepat puas. Jadi, bersyukurlah jika kamu harus beberapa kali mengalami kegagalan.

 

7. Yuk, Kembali Berusaha!

Credit Image - hipwee.com

Cara menghadapi kegagalan yang terakhir, yaitu dengan kembali bangkit – dan berusaha. Temukanlah tujuan baru, lalu kembali berusaha untuk mencapainya. Anggap saja hidup ini seperti petualangan yang menyenangkan. Dengan begitu, kamu tidak akan takut untuk mencari pengalaman dan hal-hal baru. Semua itu akan membentuk kamu menjadi pribadi yang lebih dewasa dari sebelumnya.

Jangan lupa, dalam proses kebangkitanmu dari kegagalan, ada hal-hal lainnya yang penting dilakukan untuk menunjang produktivitas, lho. Seperti, kamu disarankan untuk memiliki manajemen waktu yang baik, memiliki motivasi yang kuat, dan menjaga fokus dengan baik.

Yang tak kalah pentingnya, pastikan kamu menjadi sosok yang produktif dengan tetap memerhatikan kondisi tubuh. Misalnya, miliki energi yang cukup dengan  beristirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, serta rutin melakukan aktivitas fisik, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

Vitamin dan mineral dapat membantu proses metabolisme – yang berperan untuk membentuk energi tubuh sehingga membuatmu lebih produktif.

Nah, tak hanya dari sumber makanan saja, tapi vitamin dan mineral dapat diperoleh dari konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active yang pastinya aman diminum setiap hari dan nyaman di lambung.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Jadi, gimana, nih? Sekarang kamu sudah tahu berbagai cara menghadapi kegagalan, kan? Jangan langsung putus asa, ya. Karena, dengan adanya kegagalan, kamu justru bisa belajar dari pengalaman dan menjadi sosok yang lebih baik lagi.

 

 

Featured Image – bola.com

Source – idntimes.com