Seperti diketahui, batuk kering merupakan salah satu gejala flu dan beberapa penyakit lainnya yang tentu tak boleh disepelekan. Meski terlihat tidak berbahaya, namun jika dibiarkkan, maka kondisi tersebut dapat mengganggu kegiatan harianmu, lho.

Tapi, tak perlu khawatir, ya, karena ada berbagai tips mengatasi batuk kering yang terbilang efektif – namun, mudah untuk dilakukan.

Batuk kering merupakan batuk yang tidak disertai dengan lendir atau dahak. Batuk jenis ini akan menimbulkan sensasi geli dan gatal di tenggorokan. Selain itu, biasanya disebabkan oleh flu, alteri, naiknya asam lambung, bahkan Covid-19.

Nah, jika kamu tengah mengalami kondisi tersebut, berikut ini cara mengatasi batuk kering yang dapat diterapkan. Simak informasi lengkapnya, yuk!

 

 

1. Minum Air Putih yang Cukup

Credit Image - health.kompas.com

Pilek atau flu dapat memicu terjadinya postnasal drip, yaitu meningkatnya produksi lendir yang mengalir dari bagian belakang hidung ke tenggorokan, sehingga menyebabkan batuk kering.

Untuk membantu mengatasi batuk kering, kamu disarankan minum air putih minimal 8 gelas per hari. Konsumsi air putih ini akan mengurangi penumpukan lendir, melembapkan tenggorokan, dan meredakan iritasi.

Jika bosan dengan rasa air putih yang tawar, kamu bisa mencampurnya dengan perasan lemon dan madu, atau membuat teh hijau hangat, lho.

 

2. Mengonsumsi Jus Nanas

Tahukah kamu bahwa mengonsumsi jus nanas juga dapat meredakan masalah batuk kering? Dilansir dari Alodokter, sebuah penelitian menunjukkan bahwa jus nanas lebih efektif dalam meredakan batuk dibandingkan dengan obat batuk biasa.

Meski demikian, manfaat nanas untuk mengobati batuk kering masih membutuhkan penelitian lebih lanjut dan tidak dapat menggantikan fungsi obat batuk yang ada di pasaran – maupun yang diresepkan langsung oleh dokter, ya.

 

3. Konsumsi Sup Hangat

Credit Image - healthline.com

Salah satu makanan yang mudah dibuat dan baik dikonsumsi saat batuk kering adalah sup ayam. Kandungan daging ayam, sayuran, dan kaldu ayam di dalam sup dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus cairan yang diperlukan tubuh.

Kebutuhan nutrisi dan cairan yang terpenuhi dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan virus penyebab batuk kering dan mencegah dehidrasi.

 

4. Mengatur Posisi Tidur

Cara mengatasi batuk kering selanjutnya, yaitu kamu juga disarankan mengatur posisi tidur agar terasa lebih nyaman.

Jika batuk kering disebabkan oleh refluks asam lambung, kamu bisa meredakannya dengan mengatur posisi tidur. Cobalah untuk meninggikan posisi kepala dengan cara menumpuk 2 bantal. Hal ini bertujuan agar asam lambung tidak kembali naik ke kerongkongan.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk menghindari pemicu penyakit asam lambung, seperti makanan berlemak, cokelat, minuman bersoda, dan kopi.

 

5. Mengatur Suhu Ruangan

Credit Image - cleanipedia.com

Membuat udara sekitar menjadi lembap cukup efektif untuk meredakan batuk kering. Hal ini karena udara kering dapat mengiritasi saluran pernapasan dan menyebabkan batuk kering bagi sebagian orang. Untuk mengatasi batuk kering akibat hal tersebut, kamu bisa menggunakan humidifier, mandi air hangat, atau menghirup uap air.

Selain kelembaban udara, asap, dan debu, polusi yang masuk ke dalam ruangan juga dapat memicu munculnya batuk. Jadi selain menjaga kelembaban, usahakan menjaga lingkungan selalu dalam kondisi bersih.

 

6. Minum Vitamin atau Obat Tertentu

Cara mengatasi batuk kering yang terakhir, yaitu mengonsumsi obat-obatan maupun vitamin tertentu untuk membantu meredakan gejala tersebut.

Jika batuk kering tidak mereda dengan beberapa perawatan di atas, kamu bisa mengonsumsi obat batuk kering yang dapat dibeli secara bebas di apotek. Untuk mengobati batuk kering. Nah, kamu dapat memilih obat golongan antitusif.

Obat batuk antitusif bekerja dengan cara menghambat refleks batuk, sehingga batuk yang diderita bisa berkurang. Tapi, pastikan kamu selalu membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini.

Selain itu, untuk mengatasi kondisi tersebut, kamu juga dapat melakukan cara lainnya, seperti:

  • Mengonsumsi madu.
  • Meminum air hangat.
  • Menghirup uap panas.
  • Mengonsumsi jahe.

Selain itu, untuk melawan batuk akibat virus, kamu juga wajib meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga pemulihan menjadi lebih cepat.

Untuk meningkatkan kekebalan, pastikan kamu sudah mendapat asupan nutrisi lengkap. Tidak hanya dari makanan saja, namun kamu juga direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, misalnya yang memiliki kandungan vitamin C.

Nah, kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon Active secara rutin, ya!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Mengatasi batuk kering tak sesulit yang kamu bayangkan, kan? Jika kamu mengalaminya, jangan dibiarkan begitu saja, ya. Segera lakukan cara untuk meredakan batuk yang kamu rasakan. Dan, kalau kondisi tidak kunjung membaik, kamu disarankan segera memeriksakan diri ke ahlinya.

 

 

Featured Image – parapuan.co

Source – alodokter.com