Siapa di sini yang masih suka melewatkan sarapan? Sayangnya, waktu makan tersebut masih suka diabaikan banyak orang karena berbagai macam alasan, salah satunya buru-buru harus berangkat kerja maupun malas untuk sarapan.

Tapi siapa sangka kalau sarapan memiliki berbagai macam manfaat buat kesehatan tubuh, termasuk membantu menurunkan berat badan, lho. Biar kamu gak lagi penasaran dengan dampak baik dari sarapan, berikut ini ulasannya.

 

 

Menambah Energi untuk Beraktivitas

Credit Image - goodineverygrain.ca

Sama hal seperti mobil yang membutuhkan bensin sebagai bahan bakar energi untuk bisa bergerak. Tubuh kita pun membutuhkan makanan yang bisa diolah menjadi energi di pagi hari setelah dikosongkan sepanjang malam.

Nah, sarapan ini adalah 'bahan bakar' yang dapat diolah oleh tubuh untuk menjadi energi yang kamu butuhkan. Oleh sebab itu, memiliki kebiasaan sarapan dapat membuat kamu lebih berenergi di pagi hari untuk memulai hari.

Tapi, agar manfaat yang satu ini lebih maksimal, pastikan kamu sudah memilih menu sarapan yang tepat, ya, seperti telur, smoothie, salad sayur, roti gandum, maupun buah potong.

Dengan memilih menu sarapan yang tepat, kamu pun juga sudah membantu metabolisme tubuh, sehingga energi tubuh menjadi lebih maksimal. Dan untuk memaksimalkan hal tersebut, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi vitamin B kompleks.

Sejumlah jenis vitamin B kompleks berfungsi untuk memproses karbohidrat, kemudian memecahnya menjadi glukosa dan diubah menjadi energi untuk tubuh. Sehingga, kekurangan asupannya pun akan menyebabkan metabolisme menjadi terhambat – dan pembentukan energi tidak bisa dilakukan secara maksimal.

Lalu, bagaimana caranya memenuhi kebutuhan vitamin tersebut? Vitamin B kompleks dapat diperoleh dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tak gampang terkena penyakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga bisa mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu tak mudah lelah saat berkendara.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, ya.

 

Tubuh Akan Terhindar dari Penyakit

Memiliki kebiasaan sarapan akan membuat kamu lebih sedikit mengonsumsi kalori saat siang hari nanti karena tubuh sudah terisi lebih dulu sehingga gak mengalami "kelaparan". Hal ini akan membantu diri terhindar dari penyakit diabetes dan jantung.

Selain itu, orang yang sering sarapan akan terhindar dari penyakit maag – atau masalah lambung, sebab makan di pagi hari sudah menetralkan asam lambung. 

 

Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Credit Image - healthline.com

Saat kamu berpikir gak sarapan akan membuat berat turun dan akan mempercepat dietmu, itu merupakan asumsi yang keliru. Sebab pada faktanya sarapanlah yang justru membantumu menurunkan berat. Hal ini dikarenakan kamu gak akan terlalu lapar pada siang hari yang bisa menyebabkan kamu kalap saat makan siang.

Selain itu metabolismemu yang masih lancar seusai bangun tidur akan menyebabkan makanan yang kamu makan terserap sempurna menjadi energi dan tidak tersimpan sebagai lemak yang menjadi cadangan makanan serta bisa menambah berat badanmu.

 

Meningkatkan Konsentrasi

Perut yang terlalu lama kosong akan membuat asam lambung meningkat sehingga bisa menyebabkan perutmu terasa perih dan hal tentu saja akan membuatmu kehilangan fokus. Belum lagi saat tubuhmu kekurangan energi kamu akan menjadi lemah, pusing dan sekali lagi akan kehilangan fokus.

Dengan sarapan semua hal di atas akan hilang, sebab metabolisme tubuh dapat berjalan lancar dan kamu akan memiliki energi yang cukup untuk memulai hari.

 

Membantu Menjaga Suasana Hati

Credit Image - cleanfoodcrush.com

Jika hari ini kamu merasa lebih mudah kesal atau marah, coba cek apakah kamu sudah sarapan atau belum? Jika belum, bisa jadi ini disebabkan karena perut lapar. Agar ini tidak terjadi, biasakan untuk memulai hari dengan sarapan, agar suasana hati lebih baik dan stres di pagi hari dapat diatasi.

 

Apakah kamu masih suka malas sarapan? Mulai sekarang, yuk, kurangi kebiasaan tersebut, karena sarapan merupakan waktu makan penting yang bisa memberikan energi untuk tubuh – sekaligus memberikan berbagai manfaat baik untnuk kesehatan.

 

 

Featured Image – edition.cnn.com

Source – idntimes.com