Mengunjungi bursa kerja atau yang lebih sering disebut job fair bisa menjadi salah satu cara dalam mencari kerja. Bagi kamu yang sudah memiliki pengalaman kerja atau fresh graduate dapat mencari lowongan yang sesuai dengan minat kamu di bursa kerja.

Hal ini bisa memberikanmu beberapa keuntungan dalam pengembangan kariermu. Namun, saat kamu datang ke bursa kerja, kamu perlu memperhatikan beberapa hal agar dapat menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minatmu. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Mencari informasi tentang bursa kerja

Credit: altitudeinformation.com

Kamu perlu mencari informasi mengenai bursa kerja yang akan kamu datangi. Kamu bisa mengunjungi website bursa kerja tersebut untuk mengetahui cara registrasi hingga perusahaan apa saja yang berpartisipasi.

Dengan mencari informasi mengenai perusahaan yang berpartisipasi, kamu dapat memahami target karyawan dari perusahaan tersebut.

2. Siapkan lamaran kerjamu

Credit: forbes.com

Siapkan dokumen lamaranmu, karena hal ini sangatlah penting. Kamu dapat menyiapkan lamaran kerja dalam bentuk hard copy atau soft copy. Pastikan kamu membawa dokumen lengkap agar proses pelamaran kerja tidak terhambat.

3. Kunjungi semua booth di bursa kerja

Credit: blog.karir.com

Mungkin kamu agak sedikit kesulitan dalam menemukan pekerjaan yang sesuai minat, terutama jika kamu hanya mengunjungi booth yang menurutmu menarik. Untuk itu, sebaiknya kunjungi semua booth yang ada, agar kamu memiliki kesempatan lebih luas untuk melamar pekerjaan.

Selain itu, dengan mengunjungi semua booth yang ada, kamu dapat memperluas kesempatanmu untuk menjalin relasi, mulai dari orang- orang dari perusahaan tersebut atau para pencari kerja lainnya.

4. Simpan informasi yang diberikan perusahaan

Credit: getbloomfarms.com

Pada bursa kerja tentunya perusahaan akan memberikan informasi dalam bentuk flyer atau brosur. Sebaiknya, simpan baik- baik brosur tersebut, agar nantinya kamu bisa membaca informasi mengenai perusahaan tersebut.

Dengan informasi yang tertera pada brosur, kamu dapat mengetahui beberapa informasi sehingga kamu tidak perlu menanyakan lagi hal yang sudah dijelaskan di brosur perusahaan.

5. Persiapkan diri untuk wawancara dadakan

Credit: northeastern.edu

Bukankah lebih baik jika saat kamu melamar kerja di bursa kerja, kamu langsung untuk melakukan wawancara. Selain mempercepat waktu, dengan begitu kamu dapat menunjukkan rekruter bahwa kamu adalah orang yang memiliki persiapan yang baik.

Jadi, jangan lupa untuk selalu persiapkan diri untuk wawancara. Mulai dari membawa dokumen lengkap, hingga menyusun konten apa yang ingin kamu tonjolkan.

6. Perhatikan pakaian yang akan kamu kenakan

Credit: inc.com

Pakaian tentu berpengaruh saat datang ke bursa kerja. Kamu tidak perlu mengenakan pakaian yang terlalu formal seperti jas, tapi gunakanlah pakaian semi- formal seperti kemeja atau rok yang rapih. Dengan begitu, perusahaan dapat melihatmu sebagai salah satu job seeker yang sopan dan berpakaian rapih.

 

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu ingat jika akan mengunjungi bursa kerja. Hal- hal tersebut dapat membantmu menemukan pekerjaan yang tepat hingga membuatmu dinilai lebih oleh perusahaan yang berpartisipasi dalam bursa kerja tersebut.

 

Featured Image - glassdoor.com