Sebelum jatuh sakit kamu rajin mengonsumsi suplemen penambah daya tahan tubuh, gak? Atau, malah ketika sakit kamu baru meminum suplemen tersebut? Percaya atau tidak, justru lebih banyak yang melakukan kebiasaan kedua, lho. Padahal, suplemen ini penting dikonsumsi kapan saja untuk menambah proteksi tubuh.

Secara logika, daya tahan tubuh telah melemah saat sakit, sehingga tidak jarang orang yang merasa percuma jika mengonsumsinya. Bahkan, banyak yang beranggapan kalau hal tersebut kurang bermanfaat.

Tapi, sebenarnya, apakah meminum suplemen imunitas penting dilakukan ketika sakit? Biar kamu gak salah pengertian, simak informasi lengkapnya di bawah ini, yuk!

 

 

Mengonsumsi Suplemen Penambah Imun Saat Sakit

Credit Image - thelist.com

Sebagai suplemen penjaga daya tahan tubuh, tentu kamu berpikir bahwa minum suplemen ini hanya boleh dilakukan saat menjelang sakit. Pasalnya, daya tahan tubuh telah melemah saat sudah jatuh sakit. Jadi, percuma jika memaksakan untuk mengonsumsi suplemen tersebut, padahal terlanjur sakit.

Umumnya, suplemen ini akan disarankan untuk kamu gunakan saat sedang pilek, flu, meriang, demam, hingga kelelahan. Tapi apakah benar minum suplemen penjaga daya tahan tubuh saat telah jatuh sakit tidak akan memberikan efek apapun?

Tentu saja anggapan tersebut salah besar, ya. Nyatanya, suplemen penjaga daya tahan tubuh tetap membantu proses pemulihan apabila dikonsumsi saat telah jatuh sakit. Karena, di dalam kandungan suplemen penjaga daya tahan tubuh yang banyak beredar terdapat berbagai nutrisi yang memang baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari vitamin C hingga mineral zinc.

 

Manfaat Suplemen Daya Tahan Tubuh Saat Sakit

Biasanya, suplemen penjaga daya tahan tubuh yang banyak beredar dan disarankan untuk kamu minum saat sakit adalah yang memiliki kandungan seperti vitamin C dan mineral zinc. Kedua kandungan tersebut disebut-sebut memberikan efek yang baik untuk kesehatan, khususnya jika sedang sakit flu.

Hal ini pun disebutkan di dalam sebuah penelitian yang dimuat di dalam Cochrane Database of Systematic Reviews 2013. Penelitian tersebut menyatakan bahwa vitamin C dapat sedikit mengurangi gejala flu pada sebagian besar orang. Meski begitu, vitamin C tidak benar-benar bisa menyembuhkan penyakit itu sendiri, ya. Jadi, jangan sampai kamu salah ngerti!

Sementara itu, penelitian lain yang dimuat di dalam Journal of The Royal Society of Medicine menyatakan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung mineral seng juga memiliki dampak positif terhadap kondisi kesehatan. Saat kamu sakit flu, minum suplemen ini dapat mempersingkat lama waktumu mengalami penyakit flu dan meriang.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa saran untuk minum suplemen penjaga daya tahan tubuh sebenarnya saat telah sakit bukan hal yang salah kaprah. Sebab, meski tidak berpengaruh secara signifikan, suplemen ini tetap bermanfaat untuk membantu mengembalikan kesehatan.

 

Dosis Vitamin C Saat Sakit

Credit Image - cnnindonesia.com

Daya tahan tubuh yang menurun saat sakit, termasuk ketika flu memang bisa membatasi aktivitas harianmu. Tentu saja hal ini terasa tidak nyaman, ya? Sistem imunitas yang seharusnya melindungi tubuh dari penyakit, justru sedang tidak bisa bekerja dengan optimal. Nah, untuk itu, kamu direkomendasikan mengonsumsi vitamin C yang berfungsi meningkatkan kekebalan.

Vitamin C biasanya diresepkan oleh dokter ketika batuk dan pilek. Sebab, vitamin ini bukanlah komponen yang bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, lho. Sehingga, kamu membutuhkan bantuan vitamin C melalui makanan dan suplemen.

Dilansir dari sebuah jurnal yang berjudul Larger Doses of Vitamin C May Lead to a Greater Reduction in Common Cold Duration dari University of Helsinki, ditemukan bahwa vitamin C dapat membantu mencegah dan mengurangi infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri.

Selain itu, vitamin C disebut dapat menurunkan risiko dan tingkat keparahan sebuah infeksi yang dialami manusia. Jadi, tidak heran kalau vitamin C termasuk salah satu jenis vitamin yang disarankan untuk dikonsumsi secara rutin, apalagi kalau sedang sakit.

Kemudian, seorang peneliti juga menganalisis dua hasil penelitian yang mencari tahu hubungan antara dosis vitamin C dengan durasi ketika sedang sakit. Penelitian tersebut menunjukkan adanya hubungan penting di antara keduanya. Hasilnya, dengan menambah asupan vitamin C, seperti 6-8 gram per harinya, hal tersebut dapat membantu mempercepat proses pemulihan tubuh.

Untuk itu, bisa dikatakan bahwa kemungkinan besar, kalau kamu mengonsumsi vitamin C harian dalam jumlah yang lebih tinggi, maka cara tersebut bisa membantu tubuh cepat sembuh. Tapi ingat, vitamin C bukanlah obat yang benar-benar bisa menyembuhkan ya, hanya saja vitamin ini bisa mempercepat penyembuhan ketika sakit, termasuk batuk dan pilek.

 

Mengonsumsi Suplemen Vitamin Setiap Hari, Penting Dijalani!

Meski minum suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh bisa membantu mengembalikan kesehatan saat sedang sakit, akan lebih baik jika kamu menggunakannya sebagai upaya preventif atau pencegahan. Misalnya, mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C setiap hari demi menjaga daya tahan tubuh.

Vitamin yang satu ini mungkin akan sangat penting bagi sebagian besar orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah.

Untuk mendapatkan asupan vitamin C, kamu bisa mendapatkannya dari buah maupun sayuran, seperti jeruk, jambu biji, buah lemon, pepaya, kiwi, buah berries, nanas, leci, maupun sayur seperti kangkung, brokoli, paprika merah dan hijau, serta bayam.

Yang perlu kamu ketahui – kamu mesti memperhatikan proses pengolahan sayuran yang mengandung vitamin C. Jika tidak, kandungan vitaminnya justru dapat hilang. Pastikan, kamu mengolah sayur dengan suhu rendah dan tambahkan sedikit air untuk mengurangi risiko vitamin C yang terbuang.

Untuk memaksimalkan pencukupan kebutuhan vitamin dan mineral harian, termasuk vitamin C, kamu disarankan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi vitamin C dan zinc di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit, sekaligus mempercepat proses pemulihan. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Jadi, mengonsumsi suplemen penambah daya tahan tubuh masih sangat disarankan ketika kamu jatuh sakit, karena dapat membantu mempercepat proses pemulihan.

 

 

Featured Image – verywellmind.com

Source – hellosehat.com