Belum kunjung usai kekhawatiran masyarakat akan pandemi Covid-19, kini menurut pakar epidemiologi Dicky Budiman dari Universitas Griffith Australia menyebut bahwa Indonesia tengah dihantui tsunami long Covid. Tanda awalnya pun sudah mulai terlihat di akhir 2021, kini diprediksikan akan terjadi dalam waktu dekat.

Dilansir dari Detik, data ilmiah terkait dampak akut Covid-19 serupa seperti infeksi lainnya, yaitu HIV hingga polio. Misalnya, efek jangka panjang HIV adalah AIDS, sementara polio bisa berujung pada kecacatan atau kelumpuhan.

Kemudian, Covid-19 seperti diketahui bisa memicu efek jangka panjang atau long Covid seperti kelelahan kronis, gangguan organ lain – mulai dari paru hingga jantung. Dan jika tidak diantisipasi, hal tersebut akan mengarah ke krisis kesehatan kronis.

Yang perlu diketahui, hal tersebut tidak haya menjadi beban pada individu, melainkan negara dalam beban kesehatan.

Saat ini, Dicky melihat banyak negara di dunia, termasuk Indonesia tidak menyoroti bahaya akan long Covid. Terutama mereka dengan respons pandemi lemah, artinya terlambat dalam memberikan vaksinasi, obat, dan perawatan lainnya.

 

 

Yuk, Hindari Paparan Virus, Kuatkan Proteksi Tubuh!

Credit Image - aimfood.co.id

Selain mendapat vaksinasi sekaligus menjalani protokol kesehatan, untuk menghindari risiko infeksi Covid-19 dan juga subvariannya, kamu juga harus menguatkan imunitas tubuh. Ingat, kekebalan yang baik merupakan perlindungan utama dalam mengurangi risiko paparan virus penyebab penyakit.

Optimalkan kekebalan tubuh dengan menerapkan pola makan sehat yang dimulai dari mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Serta, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C dan zinc di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas!

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Jadi, itulah informasi mengenai tsunami long Covid yang diprediksikan akan segera terjadi. Yuk, kuatkan proteksi diri untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit termasuk risiko berbahayanya.

 

 

Featured Image – agurgentcare.com

Source – detik.com