Setelah lulus kuliah, hal yang pertama kali terpikir adalah mencari pekerjaan. Jika kamu ingin mencari pengalaman lebih, bekerja di luar kota dan menjadi anak rantau adalah salah satu pilihan yang menarik.

Namun, cari kerja di luar kota bukanlah hal yang mudah dan ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Agar kamu tidak kebingungan saat mencari kerja di luar kota, ikuti tips- tips berikut ini.

1. Cari informasi tentang perusahaan yang dituju

Credit: mdlinx.com

Jika kamu ingin cari kerja di luar kota, kamu perlu mencari informasi seputar perusahaan yang menjadi tujuanmu. Pastikan alamat perusahaan tersebut jelas, agar kamu tidak kebingungan nantinya. Dan jangan lupa untuk mencari kost atau tempat tinggal di sekitar perusahaan yang kamu tuju.

2. Cari tahu apakah ada keluarga atau teman yang berada di kota tersebut

Credit: istockphoto.com

Kamu harus mencari tahu apakah di kota yang akan kamu datangi ada keluarga atau teman, agar kamu juga bisa mencari informasi tentang suasana kota atau bahkan informasi tentang perusahaan yang menjadi incaranmu.

3. Jelaskan dirimu di CV atau resume

Credit: thebalancecareers.com

Ketika kamu sudah memutuskan untuk cari kerja di luar kota, penting untuk menjelaskan tentang dirimu di CV dan cover letter yang kamu buat. Dalam cover letter, kamu bisa menceritakan alasan mengapa kamu memilih kerja di luar kota.

4. Bersikap fleksibel

Credit: hipwee.com

Jika kamu ingin kerja di luar kota, cobalah untuk bersikap fleksibel dan siap dengan segala perubahan yang bisa terjadi. Memiliki tempat tinggal yang cukup jauh dari perusahaan tujuanmu berarti kamu harus siap untuk dipanggil wawancara kerja kapan saja.

5. Selain keluarga dan teman, kamu juga perlu menghubungi kenalanmu

Credit: hipwee.com

Memutuskan untuk cari kerja di luar kota, berarti ini saatnya kamu menggunakan koneksi dan kenalan yang kamu punya.

Sebelum benar- benar memutuskan untuk cari kerja atau pindah ke lujar kota, hubungi kenalanmu terlebih dahulu yang sudah lebih lama tinggal di kota tujuanmu. Informasikan hal tersebut ke semua kenalan yang kamu punya mengenai keinginanmu untuk bekerja dan pindah ke kota tersebut.

 

Featured Image - topresume.com