Ketika mendaki gunung, bukan hanya puncak saja yang menjadi tujuan. Tetapi, kawah- kawah indah pun jadi tujuan utamanya. Namun, tidak semua gunung memiliki kawah yang indah.

Jika kamu ingin mendaki gunung dengan kawah yang indah, berikut ini beberapa rekomendasi kawah di Indonesia yang bisa kamu kunjungi.

1. Kawah Kelimutu

Credit: triptohiddenparadise.com

Kawah Kelimutu memiliki tiga danau dengan warna air yang bisa berubah- ubah. Terkadang merah, biru, dan putih. Dua kawahnya menyatu, hanya dipisahkan satu pembatas berupa tebing. Sedangkan, kawah lainnya terpisah. Untuk mengakses kawah ini hanya bisa dilakukan dengan naik tangga saja.

Lokasi: Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 05.00-18.00 WITA

2. Kawah Ijen

Credit: hipwee.com

Mendaki Gunung Ijen tidak terasa lengkap jika tanpa mampir ke Kawah Ijen. Hal yang paling menarik adalah keindahan blue fire. Untuk bisa menikmatinya, kamu harus tiba di puncak pada pukul 03.00. Karena, api biru mulai menghilang sejak pukul 04.30. Dan untuk mencapai Kawah Ijen, kamu harus mendaki gunung selama kurang lebih 2- 4 jam.

Lokasi: Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 00.00-12.00

3. Kawah Domas Tangkuban Perahu

Credit:primaberita.com

Tangkuban Perahu memiliki 9 kawah, dan salah satunya adalah Kawah Domas. Untuk mencapai kawah ini bisa melalui dua jalur. Jalur Parkiran Kawah Domas sepanjang 500 meter dan jalur dari Parkiran Kawah Ratu. Disini kamu bisa merendam kaki di dalam kolam air hangat, jadi semacam refleksi. Menarik ya?

Lokasi: Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-17.00

4. Kawah Papandayan

Credit: travel.kompas.com

Destinasi yang satu ini menyediakan kawah dengan asap belerang yang cukup tebal, sehingga pengelola membatasinya dengan pagar, agar wisatawan tidak terlalu dekat. Disini terdapat beberapa tempat unik, seperti padang bunga edelweiss, hutan mati yang ikonik, hingga beberapa kolam pemandian air panas. Selain itu, pemandangan pegunungan pun bisa dijadikan sebagai spot foto.

Lokasi: Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

5. Kawah Gunung Galunggung

Credit: kumparan.com

Berbeda dengan kawah pada umumnya, Kawah Gunung Galunggung memiliki warna khas hijau, karena dipenuhi pepohonan dan rumput. Untuk bisa mencapai lokasi ini, kamu harus menaiki 620 buah tangga. Sesampainya di kawah, kamu bisa menyaksikan keindahan Kawah Gunung Galunggung yang hijau dari dekat. Keren ya!

Lokasi: Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

 

Itu dia lima rekomendasi kawah indah di Indonesia yang bisa jadi tujuan wisatamu berikutnya. Kamu tertarik mengunjungi yang mana nih?

 

Featured Image - http://belajargeologi.com/