Enervoners, kamu pekerja kantoran yang harus duduk di depan komputer seharian? Sepertinya, aktivitas ini sudah menjadi makanan sehari-hari, ya. Jangan anggap remeh, kebiasaan ini bisa mendatangkan masalah bagi kesehatan tubuh.

Dikutip dari Glints yang melansir Hello Sehat, seharian kerja di depan komputer biasanya menimbulkan keluhan umum, seperti mata merah dan kering. Selain itu, ada juga permasalahan lainnya, termasuk pinggang pegal, kepala terasa pusing, bahkan bisa menyebabkan kenaikan berat badan – jika tak diimbangi dengan aktivitas fisik yang cukup.

Agar kamu tetap sehat ketika harus kerja di depan komputer dalam waktu yang lama, berikut ini tips yang baiknya diterapkan.

 

 

1. Atur Posisi Komputer/Laptop

Credit Image - republika.co.id

Usahakan untuk mengatur meja kerja dengan baik ketika kerja di depan komputer. Pasalnya, posisi komputer dan mata harus sejajar mengurangi risiko gangguan kesehatan.

Posisi komputer yang tidak pas dengan pandangan mata akan menimbulkan potensi gangguan seperti sakit punggung, leher, dan sebagainya. 

Apabila posisi komputer terlalu bawah dari pandangan mata, dapat menimbulkan gangguan seperti sakit leher dan punggung. Sementara itu, jika posisi terlalu ke atas, kemungkinan akan mengalami mata kering. 

Dengan demikian, kamu bisa menggunakan tumpukan buku atau laptop stand untuk membuat posisi laptop dan mata sejajar.

Saat kamu harus duduk lama di depan komputer, setidaknya pandangan kamu saat melihat laptop atau komputer hanya berjarak dalam sudut 10 derajat saja.

 

2. Melakukan Peregangan

Tips agar tetap sehat selama bekerja di depan komputer yang selanjutnya, yaitu menyisihkan waktu untuk meregangkan badan sejenak. Sebab, hal ini dapat membantu kamu untuk tetap menjaga kesehatan walaupun seharian duduk di depan komputer.

Dilansir dari Life Hack, peregangan badan di meja kerja kamu dapat menghilangkan stres dan memberikan kesehatan yang banyak pada tubuh.

Apabila kamu sedang bekerja di kantor, cobalah untuk meregankan badan sejenak di meja kerjamu. Sedangkan jika kamu sedang bekerja di rumah, dirimu bisa menggantinya dengan meregangkan badan di samping meja kerja atau di daerah sekitar rumah.

 

3. Minum Air Putih yang Cukup

Credit Image - halodoc.com

Penting untuk memperhatikan kondisi tubuh kamu dengan sering minum air putih saat bekerja. 

Selain menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, minum air putih juga dapat menghilangkan rasa kantuk karena terlalu lama kerja di depan komputer. Nah, dengan minum otomatis kamu akan berdiri dari meja kerja karena harus mengisi air untuk diminum.

Bahkan, secara tidak langsung, dengan minum air kamu juga memperbanyak gerak agar tetap sehat, lho!

 

4. Gunakan Teknik 20-20-20

Pernah mendengar teknik 20-20-20? Cara yang satu ini baik untuk pekerja kantoran yang duduk di depan layar komputer seharian, lho.

Teknik 20-20-20 membagi waktu atau durasi aktivitasmu. Selama bekerja, kamu bisa menerapkan teknik ini dengan mengatur alarm selama 20 menit saat menatap layar komputer. Lalu, lihat benda-benda di sekitarmu yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik.

Dilansir dari Healthlkine, menggunakan teknik 20-20-20 dapat mengurangi mata kering, iritasi, dan kelelahan.

 

5. Tetap Memerhatikan Postur Tubuh

Credit Image - style.tribunnews.com

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan saat kerja di depan komputer atau laptop sepanjang hari adalah postur tubuh. Hal ini dapat membantumu untuk merasa lebih nyaman ketika bekerja.

Menurut jurnal yang diterbitkan di Journal of Physical Therapy Science, postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan;

  • Otot dan persendian menjadi tegang
  • Tubuh mengalami masalah keseimbangan
  • Mudah merasa lelah
  • Rasa nyeri di bagian punggung dan leher
  • Rasa tidak nyaman ketika harus bergerak, baik itu untuk olahraga atau melakukan aktivitas sehari-hari

Lalu, seperti apa postur tubuh yang baik itu? Menurut Departemen Ketenagakerjaan Amerika Serikat, berikut adalah ciri postur tubuh yang baik ketika duduk di depan komputer.

  • Menjaga tubuh dan tulang belakang dalam posisi netral
  • Kepala dan leher sejajar dengan batang tubuh
  • Pundak yang rileks
  • Sikut dekat dengan badan dan ditopang
  • Punggung bagian bawah ditopang
  • Pergelangan tangan dan tangan sejajar dengan telapak tangan
  • Kaki sejajar dengan lantai

 

6. Makan Siang di Luar Meja Kerja

Salah satu hal yang dapat membantumu tetap sehat meski harus duduk di depan komputer saat bekerja adalah dengan makan siang di luar meja kerja. Cara ini dapat memicumu untuk bergerak lebih banyak. Sehingga, kamu pun akan menjadi lebih sehat.

Tidak hanya itu, kamu pun jadi bisa menikmati makan siang dengan lebih baik. Sehingga, kamu akan merasa lebih puas dan bertenaga setelah menyantap makan siangmu.

Kemudian, dengan mengonsumsi makanan di luar meja kerjamu juga dapat mencegah kamu makan secara berlebihan, lho.

Dan agar kesehatan tubuh tetap terjaga meski harus kerja di depan komputer dalam waktu lama, pastikan saat waktu makan kamu sudah mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian – salah satunya dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C yang ramah di lambung – dan juga zinc bermanfaat daya tahan tubuhmu agar tidah mudah terserang penyakit. Kemudian, vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon Active, kamu bisa segera dapatkan di sini, ya!

 

Bagimu yang harus kerja di depan komputer dalam waktu lama, yuk, lakukan tips di atas agar kondisi tubuh tetap terjaga!

 

 

Featured Image – editornews.pikiran-rakyat.com

Source – glints.com