Dimana pun kamu berada, mandi merupakan kegiatan yang wajib dilakukan dalam keseharian. Begitu juga ketika kamu lagi liburan ke suatu tempat. Menata peralatan mandi terutama saat travelling sangat penting.

Alat mandi yang tertata rapi bikin kamu jadi tidak ribet saat mencari dan mengambilnya. Berikut ini beberapa tips packing alat mandi yang bisa kamu terapkan saat travelling.


1. Catat perlatan mandi apa saja yang kamu butuhkan

Credit: favoritestory.co

Saat berpergian, perlatan mandi yang tidak begitu diperlukan seringkali ikut terbawa padahal ujung- ujungnya tidak terpakai. Agar hal ini tidak terulang lagi, catat peralatan mandi yang kamu butuhkan dalam keseharian. Dan pikirkan berapa lama perjalanan wisatamu agar mengimbangi berapa banyak kuantitas per item yang harus dibawa.

2. Siapkan toilety bag yang memiliki banyak kompartemen

Credit: luggagebyexpert.com

Agar peralatan mandi tidak tercecer sehingga sulit dicari, tentu kamu butuh wadah yang tepat. Nah, siapkan toiletry bag saat pergi berlibur. Pilih toiletry bag yang memiliki banyak kompartemen atau kantong karena lebih efisien. Kompartemen tas yang see- through juga akan semakin mempermudahkanmu mencari dan mengambil alat- alat mandi.

3. Gunakan botol atau jar refill travel size

Credit: worldonawhim.com

Isi tas seringkali tetap penuh meskipun sudah meminimalkan barang bawaan. Mungkin, hal ini terjadi karena kamu membawa beberapa kebutuhan mandi dalam full size. Kamu bisa menyediakan botol atau jar yang masuk dalam kategori travel size. Kemudian, isi botol- botol tersebut setiap kamu akan berpergian.

4. Beri label di setiap botol agar memudahkan kamu

Credit: etsy.com

Botol atau jar refill memang diperjualbelikan tanpa diberi label khusus. Tapi, kamu tetap bisa membedakan produk apa saja yang kamu isi ke dalamnya dengan memberi label.

Tempelkan label di setiap botol atau jar refill yang kamu bawa untuk berpergian. Dan akan lebih baik lagi jika label yang kamu gunakan berjenis waterproof. Sehingga nantinya tidak akan rusak ketika basah atau terkena air.

5. Lapisi alat mandimu dengan ziplock bag tambahan

Credit: flickr.com

Membawa plastik ziplock dijamin tidak akan memakan banyak tempat. Justru hal ini semakin memudahkanmu dalam menata alat mandi. Wadah ziplock ini bisa digunakan untuk melapisi peralatan mandi, terutama untuk botol berisi cairan. Tujuannya agar isi botol tidak tumpah dan mengotori seisi tasmu.

Dengan 5 tips di atas, peralatan mandi kamu akan tetap rapih di dalam tas. Selain itu, ketika mencarinya pun akan lebih mudah karena sudah di packing sedemikian rupa. Jangan lupa diterpakan ya, agar kegiatan travelling mu semakin terasa simple!

 

Featured Image -  ezpacking.com