Setiap pasangan pasti mendambakan hubungan yang sehat dan bahagia. Meskipun sebuah hubungan tidak bisa lepas dari masalah tentunya, tapi kamu dan pasangan tetap bisa lho mewujudkan hal tersebut. Pada dasarnya, komunikasi dan keterbukaan menjadi salah satu kunci utamanya.

Kamu sendiri, apakah sudah memiliki hubungan yang sehat dengan pasangan? Jika belum yakin, yuk kenali ciri-ciri dan cara membangun nya dengan membaca artikel berikut ini.

Ciri-Ciri Hubungan yang Sehat pada Pasangan

Pasang surut dalam sebuah hubungan adalah hal yang lumrah terjadi. Hal-hal yang membahagiakan, terkadang diselingi dengan isak tangis yang tak pernah diduga sebelumnya. Namun, pada akhirnya kamu dan pasangan selalu menemukan cara untuk tetap bersama, saling menyayangi, dan juga memaafkan. 

Lalu, bagaimana mengenali sehat tidaknya sebuah hubungan? Nah, supaya tidak terkecoh, beberapa uraian di bawah ini semoga bisa menjawab rasa penasaran kamu, ya!

1. Saling Terbuka

Kunci utama dari sebuah hubungan yang sehat adalah komunikasi yang baik antar pasangan. Hal ini bisa dimulai dengan saling terbuka satu sama lain. Artinya, kamu selalu berusaha jujur dan mengutarakan hal-hal yang sewajarnya dibagikan kepada pasangan.

Bayangkan jika kamu atau pasangan suka berbohong atau menutupi fakta-fakta terkait diri sendiri, keluarga, maupun hal-hal lain dalam kehidupan masing-masing. Lambat laun hal tersebut akan terbongkar dan menyebabkan hubunganmu kandas di tengah jalan. 

Layaknya pasangan pada umumnya, kamu bisa berbagi kebahagian, maupun menceritakan kesedihan atau masalah tertentu selama hal tersebut tidak membebani satu sama lain. 

Pasanganmu mungkin sesekali akan menentang pilihanmu, tapi dengan komunikasi yang baik, hal tersebut justru bisa jadi insight yang akan membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat.

2. Percaya Satu Sama Lain

Hubungan yang tidak dilandasi rasa saling percaya hanya akan membuatmu dan pasangan tersiksa dan saling menyakiti. Apa yang bisa diharapkan dari sebuah hubungan jika kamu selalu menaruh rasa curiga dan tidak bisa menerima fakta-fakta yang memang demikian adanya.

Hubunganmu hanya akan diwarnai dengan cekcok dan perselisihan yang tidak ada habisnya. Hal ini akan lebih parah apabila pasangan tidak dapat mengontrol emosinya. Tak hanya saling menyakiti secara lisan, kondisi tersebut juga bisa berujung pada hal-hal yang mengerikan seperti kekerasan fisik di antara pasangan.

3. Jadi Diri Sendiri

Jika kamu bisa jadi diri sendiri saat bersama pasangan, artinya kamu memiliki hubungan yang sehat dengannya. Baik kamu dan pasangan sama-sama bisa menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga tidak ada lagi yang perlu dirisaukan. 

Namun, jika yang terjadi adalah hal sebaliknya, kamu perlu bertanya pada dirimu sendiri. Kira-kira apa yang membuatmu tidak nyaman saat bersama dengan pasangan? Hal apa yang sekiranya membuatmu tidak bisa menjadi diri sendiri saat bersamanya? 

Sebaiknya, renungkan hal ini dan utarakan dengan pasangan apabila memungkinkan agar satu sama lain bisa saling berbenah diri dan memiliki hubungan yang lebih sehat kedepannya.

4. Saling Mendukung pada Pilihan Masing-Masing

Hubungan yang sehat juga bisa dilihat dari sikap saling dukung antar pasangan, baik yang sudah menikah atau belum menikah. Meskipun kamu sudah memutuskan untuk bersama, tapi baik kamu dan pasangan pastinya punya pilihan hidup masing-masing yang tidak bisa dipaksakan. 

Apabila memaksakan kehendak satu sama lain, hal ini bisa menjadi bom waktu yang nantinya bisa menghancurkan hubungan yang sudah lama terjalin.

5. Mampu Mengelola Konflik dengan Baik

Di dalam sebuah hubungan selalu ada pasang surut yang tidak bisa diprediksi. Namun, menghindari masalah tidak akan menyelesaikan apapun, malah justru akan merusak hubungan yang sudah susah payah dibangun selama bertahun-tahun.

Masalah yang datang sewajarnya dihadapi bersama, bukan malah dihindari apalagi diabaikan. Apabila setiap pasangan menyadari betul tentang hal ini, maka lama kelamaan kamu akan terbiasa untuk bisa mengelola konflik yang datang dengan lebih bijak.

6. Menghormati Privasi Pasangan

Sama halnya dengan menghargai pilihan hidup pasangan, kamu juga harus menghormati privasinya. Pasalnya, ada saat-saat tertentu dimana kamu atau pasangan ingin menikmati waktunya sendiri tanpa kehadiranmu, seperti misalnya pergi dengan keluarga, melakukan hobi, bertemu dengan teman, dan sebagainya.

Pasangan yang mengerti satu sama lain akan saling memberi ruang privasi tanpa menaruh curiga atau khawatir secara berlebihan. Hal ini justru akan membuat hubunganmu dengan pasangan menjadi lebih awet lho!

7. Tidak Menuntut Lebih pada Pasangan

Umumnya, semakin lama seseorang menjalin hubungan, ada rasa ingin menuntut lebih dari pasangan. Kamu mungkin merasa berhak untuk meminta sesuatu kepada pasangan, sehingga tanpa sadar mulai menuntut lebih.

Memaksakan diri untuk menuruti keinginan pasangan di luar kapasitas diri tentu juga tidak baik dan menjadi beban tersendiri dalam sebuah hubungan. Oleh karena itu hubungan yang sehat bukanlah tentang menuntut lebih ke pasangan, tapi menerima kekurangan dan kelebihannya.

Cara Membangun Hubungan yang Sehat dengan Pasangan

Hubungan yang sehat tentu tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan dengan usaha untuk saling memperbaiki diri antar pasangan. Jika kamu masih bingung, simak beberapa tips di bawah ini untuk mewujudkan hubungan yang tak hanya sekedar sehat, tapi juga membahagiakan dan sesuai ekspektasi.

1. Menjaga Komunikasi

Menjaga komunikasi menjadi hal utama yang harus kamu lakukan bersama pasangan apabila ingin memiliki hubungan yang langgeng. Meski tidak bisa saling bertemu setiap hari, kamu masih bisa menghubungi pasangan via telepon, chat, atau media sosial untuk bertukar kabar satu sama lain.

Komunikasi yang baik akan membuatmu merasa nyaman, berharga, dan juga dicintai pasangan meski hanya terkesan sepele. Sebaliknya, tidak adanya komunikasi dalam sebuah hubungan akan menjadi pemicu konflik yang bisa berujung pada perpisahan.

2. Meluangkan Waktu untuk Bersama

Meski sibuk satu sama lain, tapi tetap usahakan untuk meluangkan waktu agar bisa saling bertemu atau melakukan sesuatu bersama-sama. Meskipun hanya bertemu untuk makan siang sejenak, tapi waktu tersebut akan sangat berharga dan menambah rasa sayang antar pasangan. 

3. Mencoba Hal Baru

Kamu juga bisa melakukan hal baru yang belum pernah dilakukan bersama pasangan sebelumnya. Misalnya saja melakukan olahraga yang sedang digeluti banyak orang, mencicipi kuliner di kota lain, atau hal-hal lain yang merupakan minat bersama. 

Kegiatan ini pastinya akan menambah keseruan dan membuat hubunganmu dengan pasangan semakin intim.

4. Saling Memberi dan Menerima

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, hubungan yang sehat ditandai dengan tidak saling menuntut dan berusaha menerima kelebihan dan kekurangan pasangan. Apabila sejak awal kamu tidak sanggup untuk melakukannya, maka pikir ulang sebelum menjalin hubungan yang serius dengan orang lain.

Selain itu, hubungan yang sehat adalah hubungan yang seimbang dengan saling memberi dan juga menerima. Jika salah satu pihak saja yang hanya merasakan memberi atau menerima, maka akan membuatnya terasa berat sebelah.

Selain menjaga hubungan yang sehat dengan pasangan, kamu juga wajib menjaga kesehatan diri sendiri. Hal ini bisa kamu wujudkan dengan mengonsumsi multivitamin dan mineral terbaik seperti Enervon Active.

Enervon Active akan memastikan kamu selalu fit dan bertenaga sehingga waktu yang dihabiskan bersama pasangan akan lebih menyenangkan. Kamu juga tidak perlu khawatir karena Enervon Active tidak menimbulkan efek samping sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari. Klik di sini untuk mendapatkan produk Enervon Active secara online!