Melakukan perjalanan jauh adalah aktivitas yang membutuhkan banyak energi tubuh. Baik itu mengemudi kendaraan pribadi maupun menggunakan transportasi umum. Apalagi jika membutuhkan waktu berjam-jam dari satu lokasi ke lokasi berikutnya, misalnya saat liburan. Apapun tujuan perjalananmu, menjaga stamina tubuh tetap prima adalah sebuah keharusan. Banyak cara untuk tetap bertenaga saat melakukan perjalanan jauh ini. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman penambah stamina yang alami. Meskipun minuman alami membutuhkan tenaga sedikit lebih banyak dibanding minuman berenergi instan, namun risikonya sangat kecil dan bahkan tidak ada. Simak daftar minuman penambah stamina yang aman dan mudah diperoleh berikut ini.

Stamina dan Minuman Penambahnya

Sebelumnya, mari mengingat kembali secara singkat apa itu stamina dan cara kerjanya. Stamina adalah daya tahan atau kemampuan manusia untuk melawan rasa lelah untuk batas waktu tertentu. Hal ini terjadi ketika tubuh dituntut untuk melakukan aktivitas yang intensif, baik frekuensinya maupun kekuatan yang dibutuhkan. Dengan kata lain, banyak anggota tubuh yang akan bekerja cukup berat untuk mempertahankan stamina seseorang. Semakin lama menjalankan kegiatan berat, maka semakin baik stamina yang dimilikinya. Termasuk ketika kamu melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil. Sehingga wajar apabila kamu membutuhkan minuman penambah stamina agar perjalanan kamu tidak terhambat dengan waktu istirahat.

Meski banyak dipilih, namun minuman berenergi instan memiliki risiko yang besar jika dikonsumsi dalam porsi yang besar dan/atau terus menerus dalam jangka panjang. Selain ketergantungan, beberapa penyakit berat juga bisa didapatkan dari situ. Itulah kenapa sangat disarankan bagi kamu untuk mengonsumsi minuman penambah stamina yang aman karena kandungan alaminya.

Daftar Minuman Penambah Stamina Alami

1. Air Kelapa Muda

Minuman pertama yang sangat direkomendasikan untuk menambah stamina adalah air kelapa muda. Dengan kandungan kalium dan asam laurat, mengonsumsi air kelapa muda alami dapat menambah cairan tubuh dan meningkatkan metabolisme. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan memperlancar aliran darah dan hal ini sangat membantu mengurangi kelelahan dalam perjalanan jauh. Sedangkan metabolisme yang baik akan membantu tubuh mengubah asupan makan menjadi energi.

Minuman ini juga bisa dinikmati bersama jenis bahan minuman lain jika kamu ingin rasa yang bervariasi. Mulai dari bubuk teh hijau, air lemon, hingga daun mint menjadikan air kelapa semakin seru diminum. Apalagi dengan manfaat teh hijau dan mint yang juga mampu melawan rasa lelah. Benar-benar menu yang lengkap, bukan?

2. Jus Apel

Berikutnya adalah minuman yang sepertinya sudah banyak memiliki penggemar, yaitu jus apel. Buah apel memiliki kandungan gula alami dan karbohidrat yang mudah diubah menjadi energi. Artinya, konsumsi jus apel atau buah apel langsung akan meningkatkan stamina dengan cepat. Selain itu, kandungan antioksidan didalamnya dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas yang lebih banyak dijumpai ketika berkendara. Agar menambah cita rasa, kamu bisa mencampurkan apel dengan buah lain, seperti jeruk, wortel, dan buah lainnya untuk meningkatkan asupan vitamin C pencegah lelah, serat, dan hidrasi tubuh.

3. Jus Buah Bit

Buah bit terbukti mampu meningkatkan tenaga fisik dalam aktivitas yang padat dan/atau berat, termasuk perjalanan jauh. Penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi buah bit dapat menjalankan kegiatan seperti olahraga 16% lebih lama dibanding yang tidak mengonsumsinya. Selain itu, buah ini juga dapat meningkatkan efektivitas penggunaan oksigen dan mengendalikan gula darah. Jauh berbeda dengan minuman berenergi instan yang meningkatkan gula darah.

Jika kamu tidak terlalu suka dengan rasa manisnya yang unik, kamu bisa menambahkan buah lain yang memiliki manfaat hampir sama. Diantaranya buah stroberi, anggur, atau madu. Kamu akan mendapatkan manfaat vitamin C yang tinggi.

4. Jus Hijau

Diberi nama jus hijau karena memang bahan-bahan yang digunakan berupa sayuran hijau seperti bayam, kangkung, seledri, dan mentimun. Tenang saja ya, dengan mengganti air putih dengan air kelapa muda dan tambahan lemon, rasanya tidak akan pahit. Sayuran hijau memiliki serat yang dapat membantu tubuh menyerap nutrisi lebih maksimal sehingga pembentukan energi juga akan lebih lancar. Belum lagi dengan manfaat lainnya seperti menjaga imunitas tubuh, sumber vitamin B yang mampu menurunkan rasa lelah, dan masih banyak lagi.

5. Smoothie

Smoothie adalah minuman yang menggunakan sayur, buah, atau kombinasi keduanya kemudian dipadukan dengan produk susu dan turunannya. Bahan utama paling populer yang digunakan untuk membuat smoothie adalah pisang, stroberi, bayam, selada, dan masih banyak lagi. Tidak hanya susu, kamu juga bisa mencampurnya (blender) dengan keju atau yogurt.

Pisang sendiri memiliki kandungan kalium dan serat yang tinggi untuk memenuhi energi harian. Dalam 2 buah pisang yang dikonsumsi, kamu bisa memenuhi kalori untuk aktivitas berat seperti olahraga 1 jam. Jika dipadukan dengan susu yang mengandung multivitamin, khususnya vitamin B kompleks, maka minuman ini akan efektif meningkatkan stamina di perjalanan.

6. Yogurt

Menyambung poin sebelumnya, yogurt juga bisa menjadi salah satu bahan campuran untuk smoothies kamu. Selain probiotik untuk pencernaan sehat, yogurt juga mengandung vitamin B yang berpengaruh besar dalam pembentukan energi tubuh. Tidak berhenti di situ, minum atau makan yogurt akan menjadi sumber protein yang cepat dan hampir tanpa risiko.

7. Jus Kurma

Buah terakhir yang juga disarankan untuk membantu meningkatkan stamina adalah kurma. Kamu tentu tahu bahwa kurma sering dijadikan makanan pembuka saat buka puasa karena kandungan gula dan kalium yang tinggi. Hal ini juga bisa diterapkan saat kamu dalam perjalanan panjang. Selain itu, vitamin B yang cukup tinggi juga akan mencegah tubuh mudah lelah.

 


Itu tadi adalah beberapa minuman penambah stamina yang mudah didapatkan sekaligus menyehatkan. Untuk mengoptimalkan manfaat dari berbagai jenis minuman di atas, sangat disarankan mengonsumsi suplemen penambah stamina. Baik dikonsumsi untuk kebutuhan energi harian maupun saat melakukan perjalanan jauh. Enervon Active hadir dengan kandungan vitamin dan mineral yang lengkap, memungkinkan kamu memenuhi energi harian, termasuk ketika kamu memiliki aktivitas yang padat. Tambahan makanan yang baik dikonsumsi setiap hari ini bisa menjaga stamina tubuh tetap stabil meski melakukan perjalanan jauh. Kamu tak perlu takut mengalami kelelahan meski mencoba banyak hal ketika liburan. Cobalah sekarang juga dan pastikan kamu mendapatkan produk yang original di sini.