Apa pun pekerjaan atau profesi yang sedang dijalani, usia pensiun tidak dapat dicegah. Selain aturan tenaga kerja yang berlaku, seseorang sampai pada usia tertentu sulit mempertahankan kinerja atau kualitas kerja yang sama. Meskipun begitu, pensiun bukanlah hal yang menakutkan jika dipersiapkan dari sekarang. Tidak hanya soal finansial, tapi juga kondisi tubuh yang tetap bugar agar tidak mudah sakit. Salah satu cara mempertahankan kebugaran tubuh adalah dengan memiliki usaha setelah pensiun. Sehingga tidak hanya tubuh yang sehat, kamu juga bisa tetap mandiri dalam hal keuangan. Terapkan beberapa tips pensiun dan usaha setelah pensiun di bawah ini.

 


Tips Sehat dan Produktif Saat Pensiun

Menurut aturan pemerintah yang berlaku, usia pensiun seorang tenaga kerja adalah 58 tahun meskipun beberapa perusahaan swasta masih ada yang menerapkan aturan usia 60 tahun. Pada usia tersebut, orang dengan usia lanjut cenderung memiliki fisik yang lemah dan mudah sakit. Padahal sebenarnya masih ada keinginan untuk beraktivitas seperti biasanya. Untuk itu, terapkan tips sehat dan produktif saat usia pensiun berikut.

1. Miliki Pola Makan yang Baik

Langkah awal memiliki tubuh yang sehat di usia lanjut adalah memiliki pola makan sehat. Tidak hanya waktu yang teratur saja, tapi asupan nutrisi yang lengkap. Komposisi antara karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral harus seimbang. Selain itu, konsumsi air putih harian yang cukup juga membantu tubuh tetap fit. Konsumsi suplemen makan khusus lansia seperti Enervon Gold dapat membantu memastikan kebutuhan gizi terpenuhi. Tidak hanya itu, daya tahan tubuh juga dapat terjaga dengan baik.

2. Membiasakan Rutinitas Sehat

Selain pola makan, lansia atau usia pensiun juga perlu memiliki rutinitas harian yang aktif. Tentu saja aktif dalam hal ini tidak sama levelnya dengan saat muda dahulu. Namun lansia juga butuh aktivitas fisik untuk merawat tubuh tetap bugar. Beberapa contoh kegiatan rutin yang dimaksud adalah olahraga ringan, berkebun, membaca, dan lain sebagainya. Mengelola usaha dari rumah adalah solusi paling banyak dipilih oleh para pensiunan. Hal ini karena manfaat berlipat yang bisa didapatkan dari usaha yang dipilih.


Ide Usaha Setelah Pensiun

Bicara soal membangun usaha setelah pensiun, bagi sebagian orang mungkin hal ini merepotkan untuk lansia yang seharusnya tinggal bersantai dan menikmati hari tua saja. Namun manfaat memiliki usaha bagi lansia lebih dari sekedar keuntungan ekonomi. Manfaat lainnya termasuk pada mendukung pola hidup sehat dan produktif yang telah dijelaskan di atas. Mari pertimbangkan beberapa ide usaha berikut ini.

1. Properti, Kos, dan Kontrakan

Jika kamu memiliki modal yang besar, baik itu berupa uang tabungan atau tanah, maka usaha properti bisa menjadi pilihan. Properti bisa dalam bentuk sewa menyewa tanah, lahan kosong, apartemen, kamar kos, dan/atau kontrakan. Usahakan cari tanah dengan lokasi yang strategis secara ekonomi. Misalnya dekat dengan jalan raya, sekolah, kampus, komplek perkantoran, dan lain-lain. Selain membutuhkan mobilitas yang sedikit bagi pensiunan untuk mengelola, usaha ini juga akan mendatangkan penghasilan rutin setiap bulan yang cukup besar karena harganya terus naik setiap tahun.

2. Tempat Persewaan

Kemudian bisa juga dengan membuka usaha persewaan alat atau fasilitas tertentu. Beberapa contoh di antaranya adalah persewaan sound system, perlengkapan acara pernikahan, alat pertanian yang cukup mahal, hingga rental motor atau mobil. Modalnya memang relatif besar namun hanya saat awal pengadaan saja. Hal ini bisa diakali dengan memanfaatkan barang-barang pribadi yang sudah dikoleksi jauh sebelum pensiun.

3. Perkebunan dan Peternakan

Untuk kamu yang gemar dengan aktivitas merawat tanaman dan hewan ternak, usaha agrobisnis dan peternakan bisa menjadi pilihan. Apalagi jika kamu memiliki kebun, sawah, atau lahan menganggur yang kurang cocok menjadi penginapan. Mulai dari menjual tanaman hias serta bibitnya hingga membudidayakan tanaman penghasil bahan makan banyak dipilih. Beberapa jenis peternakan dengan perawatan yang mudah adalah sapi, ayam pedaging, ayam petelur, dan lele. Selain hasil yang cukup besar saat panen, usaha ini juga akan memberi rutinitas sederhana setiap hari.

4. Bisnis Waralaba

Usaha berikutnya adalah membuka bisnis waralaba atau franchise. Kamu cukup membeli merek dagang dan menjalin kerja sama dengan pemilik waralaba. Kamu sudah bisa membuka bisnis tanpa susah payah membuat promosi dan menyiapkan bahan baku. Pada level waralaba yang besar, kamu bisa memilih bisnis minimarket atau ekspedisi pengiriman barang. Sedangkan untuk level menengah, kamu bisa mencoba waralaba kuliner seperti aneka minuman, street food, hingga camilan sehat.

5. Konsultan

Bagi kamu yang ingin tetap menghasilkan karya dalam bidang ilmu pengetahuan, menjadi konsultan bisa dipilih sebagai usaha setelah pensiun. Dengan modal pengalaman selama bekerja dan kemampuan untuk terus memperbarui ilmu pengetahuan, kamu bisa menawarkan jasa ini kepada klien yang membutuhkan. Tidak perlu modal finansial yang besar kamu sudah bisa membukanya di rumah dan memanfaatkan metode pemasaran dari mulut ke mulut.

6. Usaha Kecil dan Menengah Lainnya

Selain usaha di atas, ada juga pilihan lain untuk kamu yang lebih suka membuka usaha kecil dan menengah. Selain lebih mudah dikelola, modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Beberapa usaha yang dimaksud adalah fotokopi, laundry, café, counter pulsa, dan masih banyak lagi lainnya.


 

Agar rencana membuka usaha setelah pensiun kamu dapat terlaksana dengan baik, pastikan kamu memiliki tubuh yang sehat ya. Meskipun pada praktiknya kamu akan mempekerjakan karyawan, tapi pemilik usaha akan tetap menjadi pemimpinnya. Mari mengusahakan tubuh sehat dan bugar di usia emas dari sekarang. Untuk menunjang pemenuhan energi lansia sehari-hari, Enervon Gold siap membantu dengan kandungan multivitamin dan mineralnya yang lengkap. Dapatkan produk yang asli dengan memesannya di Tokopedia atau Shopee official Enervon. Pensiun tidak lagi menjadi momok untuk kamu dan keluarga dengan tubuh yang sehat.