Setiap orang pasti ingin berhasil dalam pekerjaannya. Namun, ketidakpahaman seseorang terhadap minat atau passion- nya masing- masing membuat kamu sulit untuk menemukan pekerjaan yang cocok.

Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa menemukan minat dalam diri agar bisa mendapatkan pekerjaan yang disukai? Berikut ini caranya, yuk disimak!

1. Mengetahui passion dari bidang pelajaran yang kamu sukai

Credit: inc.com

Mencari tahu minat atau passion kamu harus dilakukan sejak masih sekolah atau kuliah. Cara paling mudah untuk menemukan minatmu adalah dengan melihat pelajaran apa yang paling kamu sukai.

Contohnya, jika selama di sekolah kamu menyukai pelajaran komputer, maka kemungkinan besar itulah minatmu. Minat seseorang dapat terlihat jika orang tersebut tidak pernah merasa kesulitan atau terbebani untuk mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan bidang yang disukainya.

Dan jika kamu sudah menyukai satu bidang tersebut, apapun kesulitan yang dihadapi, maka kamu tidak akan mudah menyerah dalam mengerjakannya.

2. Uji minat kamu dengan mengikuti program magang

Credit: blogs.gartner.com

Magang merupakan cara efektif lainnya yang bisa kamu coba untuk menemukan minatmu di dunia kerja. Saat magang, kamu tidak akan dituntut untuk memilih perusahaan atau pekerjaan yang sesuai dengan jurusan. Karena itu, saat magang kamu bisa bebas mencoba berbagai jenis pekerjaan untuk menguji pekerjaan apa yang cocok dan sesuai dengan passion kamu.

Misalnya, kamu merasa memiliki minat di dunia design namun ingin mencoba magang di bidang marketing. Setelah coba magang, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi. Pertama, kamu ternyata merasa nyaman dan mampu menguasai bidang pekerjaan tersebut.

Atau yang kedua, kemampuan yang kamu miliki ternyata tidak cocok dengan pekerjaan magang. Dan melalui pengalaman itulah, kamu akan lebih yakin terhadap mina tapa yang dimiliki. Sehingga nanti kamu bisa menemukan pekerjaan yang disukai.

3. Pastikan job description pekerjaan yang ada sesuai dengan minatmu

Credit: indianyouth.net

Meskipun kamu sudah mengetahui minatmu, tetapi ternyata masih banyak orang yang sulit untuk menemukan pekerjaan yang disukai dan cocok dengan passion­nya. Untuk itu, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada HR perusahaan,  tentang tugas apa saja yang akan kamu kerjakan. Lalu, di posisi tersebut, nantinya kamu akan lebih banyak terekspos dengan apa.

Dari pertanyaan tersebut, kamu dapat memiliki gambaran jelas tentang pekerjaan dan akhirnya kamu bisa memutuskan apakah posisi yang ditawarkan sesuai dengan minatmu atau tidak.

Yang paling penting, jangan pernah sepelekan passion kamu dalam dunia kerja ya. Tanpa adanya minat dan keterampilan yang mendukung, kamu akan sulit untuk mengembangkan karier di pekerjaanmu, karena besar kemungkinan kamu akan bekerja dengan tidak sepenuh hati. Jadi, mantapkan pilihanmu ya!

 

 

Featured Image - psychologies.co.uk