Gaya hidup kebanyakan orang zaman sekarang suka berubah-ubah. Salah satu perubahan yang cukup signifikan adalah penggunaan gula aren untuk kesehatan. Selain menjadi pemanis alami, ternyata mengonsumsi gula aren juga bisa dapat banyak manfaat.

Terlebih, saat menjelang puasa seperti ini, mengonsumsi gula berlebihan dapat mempengaruhi kelancaran puasa kamu, lho. Oleh karena itu, sekarang ini gula aren menjadi salah satu pilihan tepat sebagai pemanis alami.

Penasaran apa saja manfaat mengonsumsi gula aren? Sila simak bahasan kali ini ya!

Kandungan Kalium Sebagai Elektrolit

6 Keuntungan Konsumsi Gula Merah, Bisa Jadi Pemanis Alami Takjilmu! credit: indegenousbartender.com

Gula aren mengandung kalium yang dijadikan sebagai elektrolit penting dalam metabolisme tubuh. Elektrolit adalah salah satu zat penting untuk menjaga keseimbangan cairan pada jantung. Oleh karena itu, agar puasa tetap lancar, kamu mesti memerhatikan komposisi elektrolit yang kamu konsumsi, nih.

Karbohidrat yang Dijadikan Energi

6 Keuntungan Konsumsi Gula Merah, Bisa Jadi Pemanis Alami Takjilmu! credit: grosirmesin.com

Tidak jauh berbeda dari tebu – gula aren tentu diproses menjadi karbohidrat dan dibakar di dalam tubuh menjadi energy. Gula aren sendiri dapat mempertahankan keperluan energi kamu supaya cukup untuk beraktivitas seharian, terlebih saat berpuasa!

Inulin Untuk Fermentasi Bakteri Usus

6 Keuntungan Konsumsi Gula Merah, Bisa Jadi Pemanis Alami Takjilmu! credit: grosirmesin.com

Inulin adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memfermentasikan bakteri usus. Nah, gula aren memiliki inulin yang tubuhmu butuhkan. Selain itu, gula aren memiliki serat yang dapat memperlancar pencernaan!

Shut Down Radikal Bebas

6 Keuntungan Konsumsi Gula Merah, Bisa Jadi Pemanis Alami Takjilmu! credit: bisnisukm.com

Percaya atau tidak kalau ternyata gula aren juga bisa menangkal radikan bebas dan melindungi tubuh dari penyakit dengan antioksidan yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, cukup pentingkan untuk mengonsumsi gula aren dalam jumlah yang sudah ditakar pas untuk tubuh.

Kalium Untuk Cegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah salah satu penyakit tulang yang menghantui banyak orang karena kurang dapat asupan kalium. Nah, kalium juga terdapat di dalam gula aren, sehingga jika kamu mengonsumsi gula aren, kamu juga bisa dapat zat kalium yang cukup untuk menghindari tulang dari osteoporosis.

Polyphenol Menghindari Penyakit Jantung

6 Keuntungan Konsumsi Gula Merah, Bisa Jadi Pemanis Alami Takjilmu! credit: idntimes.com

Dengan takaran atau ukuran yang pas, polyphenol yang ada di gula aren dapat memperlancar pembuluh darah sehingga menekan angka resiko penyakit jantung.

Wah bagaimana nih? Ternyata cukup pentingkan konsumsi gula aren? Oleh karena itu, kamu bisa mulai dari sekarang untuk mencoba mengganti gula biasa dengan gula aren nih.

 

Source – idntimes.com

Feature Image - fimela.com