Bulan suci ramadan merupakan salah satu momen yang paling ditunggu oleh umat muslim. Selain keseruan buka bersama, bulan ini juga menjanjikan kesempatan melipatgandakan pahala ibadah seluas-luasnya. Salah satu bentuk rasa senang para muslim, persiapan menyambut ramadan dilakukan dari berbagai sisi. Mulai dari persiapan ilmu agama, mental, hingga fisik. Temukan banyak persiapan menyambut ramadan di bawah ini.

 


Secara garis besar, persiapan menyambut ramadan terdiri dari dua kategori. Pertama adalah persiapan dari diri sendiri, baik fisik, mental, maupun material. Serta yang kedua adalah mengondisikan faktor eksternal agar mendukung faktor internal. Mengapa persiapan ini menjadi perlu? Tentu saja karena puasa bulan ramadan, ibadah wajib yang mengharuskan umat muslim tidak makan dan minum serta mengontrol emosi dan hawa nafsu. Puasa dilakukan dari fajar terlihat hingga fajar tenggelam selama satu bulan penuh. Simak beberapa bentuk tips persiapan bulan ramadan berikut ini.

Persiapan dari Diri Sendiri

1. Tambah dan Segarkan Kembali Ilmu Agama

Sumber: Pexels/AlenaDarmel

Segarkan ingatan kamu mengenai ketentuan, cara, dan larangan ibadah selama bulan ramadan, terutama saat menjalani amalan wajib puasa. Selain itu, penting juga untuk menambah pengetahuan agama lain. Contohnya adalah motivasi beribadah dari Rasulullah SAW dan para sahabatnya. Kamu bisa mendapatkan ilmu agama dari berbagai sumber bahan bacaan, forum agama, dan/atau dengan berguru langsung kepada ulama. Dengan begitu kamu bisa mengeksplorasi amalan-amalan sunah lain dan mulai membiasakan hal tersebut pada bulan ramadan. Termasuk menjadi pengingat untuk menyelesaikan hutang puasa jika punya.

2. Memaafkan Orang Sekitar dan Introspeksi Diri

Dari sisi psikologis, ibadah bulan ramadan juga membutuhkan hati yang bersih, tulus ikhlas, dan jauh dari penyakit hati. Pertama, lakukanlah introspeksi diri dengan mengakui kesalahan. Baik kesalahan dengan sesama manusia maupun melanggar aturan Allah SWT. Kemudian berharap pada ampunan-Nya dan minta maaf pada orang di sekitarmu. Kedua, maafkanlah orang atau hal-hal di sekitarmu dan cobalah untuk berdamai. Ibadah selama bulan ramadan dapat dilakukan dengan lebih tenang dan ringan jika beban tersebut mampu dihilangkan.

3. Memastikan Tubuh Fit dan Siap Puasa

Tentu saja yang tak kalah penting adalah persiapan fisik. Fakta bahwa tubuh yang berenergi dan bugar selama berpuasa adalah modal penting dalam beraktivitas dan menjalani ibadah lainnya. Untuk itu, persiapkan tubuh kamu dengan mulai membiasakan gaya hidup sehat. Di antaranya adalah mengonsumsi menu makan gizi seimbang serta memahami dan mempraktikkan cara minum air putih yang tepat selama puasa. Ketahui juga jenis suplemen atau vitamin apa yang paling cocok untuk tubuh kamu. Meski sering diremehkan, suplemen makan bisa menjadi trik untuk menjaga stamina tubuh tetap stabil selama bulan ramadan. Hal paling penting dari persiapan fisik ini adalah berusaha sebaik mungkin untuk tidak jatuh sakit. Dengan begitu, pelaksanaan ibadah selama satu bulan penuh akan lebih khusyuk.


Persiapan Faktor Eksternal

1. Membersihkan Rumah dan Sekitarnya

Untuk mendukung dan meningkatkan kesemangatan kamu selama bulan ramadan, melihat rumah dan sekeliling kamu bersih bisa menjadi trik yang sangat membantu. Apalagi dengan ayat yang menyebutkan bahwa kebersihan sebagian dari iman. Bahkan jika perlu, tambah beberapa ornamen atau hiasan khusus bertemakan ramadan agar suasananya semakin meriah. Dijamin persiapan menyambut ramadan kamu akan semakin terlihat.

2. Rencanakan Menu Sahur dan Berbuka Sehat

Untuk persiapan fisik dari luar, rencanakan menu makan sahur dan berbuka puasa yang sehat untuk beberapa hari ke depan. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah cara mendapatkan makanan, apakah masak sendiri atau membeli keluar? Perlukah kamu melakukan meal preparation? Serta hal-hal lain sesuai dengan kebiasaan kamu di rumah atau di kos. Selain mencegah kebingungan sesaat sebelum makan, langkah ini juga dapat membantu kamu mengelola asupan nutrisi harian terutama saat sahur.

3. Menyiapkan Sarana Prasarana Ibadah

Faktor eksternal lain yang juga ikut mendukung semangat ibadah adalah sarana prasarananya. Mulai dari memilih masjid terdekat, menyiapkan Al-Qur’an kesayangan, mencuci sajadah, sarung dan mukena paling nyaman, dan lain sebagainya. Terutama bagi kamu yang tinggal sendiri, urusan memilih trik bangun sahur juga perlu diatur lho. Jadi kamu bisa lebih siap menghadapi hari-hari di bulan ramadan.

4. Menganggarkan Sedekah Lebih Banyak

Selain ibadah puasa, sedekah juga memiliki pahala yang besar terutama pada bulan suci yang penuh berkah ini. Anggarkan sedekah dan infak yang lebih besar dibanding hari-hari biasa. Kemudian tentukan juga pengelola sedekah terpercaya yang akan kamu amanati untuk menyalurkan selain menyalurkannya sendiri. Termasuk bagaimana kamu akan menunaikan zakat fitrah juga perlu disiapkan.

 

Enervon-C Effervescent

Sumber: Pexels/Thirdman

Perlu dipahami bahwa puasa ramadan tidak boleh menjadi penghalang bagimu untuk melalui hari yang padat. Bulan yang suci ini jangan sampai menjadi alasan untuk bermalas-malasan ya. Dengan persiapan yang tepat dan maksimal, puasa dan bulan ramadan akan memberikanmu berkah yang luar biasa. Jangan lupa untuk menstok suplemen penambah energi seperti yang telah dijelaskan di atas.

 


Enervon-C Effervescent menjadi salah satu tambahan makan yang direkomendasikan untuk membantu memenuhi asupan nutrisi harian dan meningkatkan daya tahan tubuh selama puasa. Dengan multivitamin dan mineralnya yang lengkap, #BersamaMenujuKemenangan di bulan ramadan dengan tubuh bugar dan berenergi setiap hari.