Salah satu alasan orang merasa bahagia ketika menyambut lebaran adalah mendapatkan THR. Sebab, dari uang THR tersebut, setiap orang akan membelanjakan uangnya untuk kebutuhan sehari-hari. Namun demikian, tidak semua orang memahami bagaimana cara mengelola THR dengan tepat. 

Maka dari itu, agar dapat membelanjakannya dengan tepat, artikel di bawah ini akan memberikan informasi Anda tentang cara mengelola THR secara efektif dan efisien. Simak selengkapnya di bawah ini. 

7 Cara Mengelola THR dengan Tepat

Berikut ini adalah cara mengelola dengan tepat yaitu:

1. Menabung Sebagian Uang THR

Tidak bisa dimungkiri bahwa ketika Anda mendapatkan THR pasti akan mengalami perasaan senang. Apalagi uang THR biasanya lebih banyak daripada gaji bulanan Anda. 

Namun begitu, Anda patut waspada. Jangan sampai Anda membelanjakan seluruh uang THR untuk kebutuhan yang tidak diperlukan. Alangkah lebih baik Anda cukup membelanjakan sebagian, dan sebagian yang lain digunakan untuk menabung. 

Salah satu cara menabung yang baik adalah Anda menyisihkan uang tersebut sejak awal ketika mendapatkan THR. Sebab, dengan demikian, mudah bagi Anda untuk menyesuaikan uang dengan kebutuhan lainnya. 

Setelah menyisihkan uang maka selanjutnya Anda bisa menabung melalui bank. Cara yang lain, Anda bisa menabung dalam bentuk investasi seperti reksadana, emas, ataupun saham.

2. Mengelola Keinginan Belanja Online

Salah satu tantangan Anda ketika mendapatkan THR adalah potongan harga yang besar di setiap e-commerce. Dengan adanya diskon yang besar, Anda biasanya akan kesulitan untuk menahan hasrat tidak belanja online. 

Terlebih e-commerce biasanya tidak tanggung-tanggung dalam memberikan diskon yang besar. Jika Anda tidak paham cara mengelola THR dengan tepat, Anda akan menjadi kalap dan ingin segera menghabiskan seluruh uang THR. 

Untuk menyiasati hal tersebut, sama seperti cara pertama, Anda perlu mengalokasikan dana untuk kebutuhan yang penting. Dengan demikian, Anda tidak akan menjadi kalap saat ingin berbelanja online. 

3. Membuat Daftar Kebutuhan yang Penting

Cara ketiga adalah Anda perlu membuat daftar kebutuhan yang penting. Hal ini menjadi alarm bagi Anda agar tidak membelanjakan uang terlalu banyak. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk membuat daftar mana kebutuhan penting dan mana kebutuhan yang tidak perlu. 

Salah satu contohnya, Anda membutuhkan uang THR untuk mudik. Oleh karena itu, sisihkan uang untuk membeli tiket pergi dan pulang. Jika Anda sudah mendapatkan tiket, Anda baru bisa mengalokasikan dana untuk kebutuhan lainnya. 

4. Sisihkan Uang untuk Zakat dan Sedekah

Cara keempat yang perlu Anda ketahui adalah Anda perlu menyisihkan sebagian uang THR untuk membayar zakat dan sedekah, khususnya bagi Anda yang beragama Islam. 

Cobalah Anda untuk bersedekah kepada orang-orang yang tidak mampu. Selain sedekah, sudah menjadi kewajiban bagi orang yang mampu, terutama bagi mereka yang mendapatkan THR, untuk membayar zakat sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. 

5. Melunasi Utang

Cara kelima dalam mengelola THR adalah Anda perlu melunasi utang jika masih memilikinya. Hal ini justru menjadi penting karena ketika mendapatkan THR maka itulah momen yang tepat untuk melunasi utang. 

Apabila Anda tidak segera melunasi utang maka hal tersebut justru menjadi beban dan bisa jadi Anda harus melunasi utang pada periode berikutnya. Namun, apabila Anda telah melunasi utang maka beban tersebut menjadi hilang dan Anda bisa tenang dalam menyambut lebaran. 

6. Menyisihkan Dana Darurat

Cara keenam yang bisa Anda lakukan adalah menyisihkan uang THR untuk sebagian dana darurat. Hal tersebut menjadi penting karena dana darurat bisa menjadi dana cadangan ketika Anda ternyata kehabisan dana. 

Anda bisa menyisihkan uang THR sebesar 20-30%. Dengan dana darurat tersebut, Anda tidak perlu khawatir ketika ternyata ada kebutuhan mendesak yang segera harus dibayar. Semisal, pembayaran internet, kecelakaan, dan hal-hal darurat lainnya. 

7. Merencanakan Pengeluaran untuk Lebaran Berikutnya

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan ketika mendapatkan THR adalah berpikir untuk menyisihkan dana karena di kemudian hari bisa digunakan lebaran selanjutnya. Barangkali hal ini bisa jadi justru tidak menjadi panduan Anda dalam cara mengelola THR. 

Namun, siapa sangka, apabila Anda justru menyisihkan uang THR untuk lebaran berikutnya maka Anda bisa tenang dalam menjalani lebaran. Sebab, dana untuk seluruh kebutuhan pentingnya telah tersedia pada THR di periode sebelumnya. 

Ketika Anda telah mengetahui bagaimana cara mengelola THR dengan tepat maka Anda perlu memahami kebutuhan yang penting untuk diri Anda. Terlebih Anda perlu menyiapkan diri sebaik mungkin untuk menyambut lebaran. 

Agar tubuh Anda selalu bugar saat lebaran, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan vitaminmu dengan Enervon-C. Enervon-C merupakan vitamin yang tepat untuk memenuhi kebutuhan suplemen makanan sehari-hari. Enervon-C memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup baik.

Kandungan tersebut antara lain Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Asam Folat, Omega 3, dan Lutein. Bersama Enervon-C, kebutuhan fisik Anda akan tetap bugar dan siap menyambut lebaran dengan baik. Temukan produk-produk Enervon lainnya di Tokopedia dan Shopee sekarang juga.