Liburan dengan keluarga besar memiliki tantangan dan keseruan yang jauh berbeda dibanding liburan sendiri atau dengan teman. Salah satunya adalah memilih objek wisata yang cocok dikunjungi semua usia dalam keluarga. Jadi tidak hanya orang dewasa yang merasakan keseruannya, anak-anak juga dapat bermain dengan aman. Magelang, Jawa Tengah menjadi salah satu destinasi wisata keluarga yang sangat direkomendasikan. Simak daftar wisata Magelang yang wajib dicoba bersama keluarga besar berikut ini.

 

 

Wisata Magelang untuk Keluarga Besar

 

1. Candi Borobudur

Bicara soal Magelang tentu saja tempat wisata pertama untuk keluarga adalah Candi Borobudur. Kemegahan bangunan bersejarah ini menawarkan keindahan seni zaman dulu yang unik dan penuh makna atau cerita. Selain menyaksikan salah satu keajaiban dunia ini, kamu dan keluarga juga bisa memanfaatkan banyak fasilitas di sana. Mulai dari area bermain yang luas, tempat makan, hingga area berburu oleh-oleh khas pun ada. Candi Borobudur juga memberlakukan tarif yang lebih murah jika kamu datang bersama rombongan dengan jumlah minimal 20 orang. Bagaimana? Sudah ada rencana mau mengajak siapa saja?

 

2. Nepal Van Java

Sumber: thetravelauthor.com

Diberi nama Nepal Van Java karena memang kamu akan terasa seperti berkunjung ke Pegunungan Himalaya di Nepal. Sejuk dan cenderung dingin, pemandangan menghampar luas, hingga lautan awan yang cantik akan menyambut kamu di sana bila datang di waktu yang tepat. Kemudian lengkapi keseruannya dengan makan bersama, dijamin latar belakang kaki Gunung Sumbing akan menambah kenikmatan menyantap menu khas Magelang.

 

3. Silancur Highland

Sumber: bob.kemenparekraf.go.id

Berikutnya ada Silancur Highland, tempat wisata asri yang juga ada di kaki Gunung Sumbing ini berada di ketinggian 1.300 mdpl. Menjadikannya sebagai destinasi yang cocok bagi kamu dan keluarga pecinta alam. Selain pemandangan dataran tinggi dan deretan pegunungan, kamu juga bisa jalan-jalan ke kebun bunga warna-warni di sana. Bahkan kamu juga bisa menikmati indahnya malam dengan fasilitas glamping yang seru untuk dicoba. Bayangkan bangun pagi disambut sejuknya udara pegunungan yang bersih.

 

4. Ketep Pass

Sumber: bob.kemenparekraf.go.id

Nah, untuk kamu yang ingin membawa cukup banyak anak kecil selama liburan, Ketep Pass adalah lokasi yang tepat. Berada di Bukit Sawangan menjadikan destinasi ini memiliki latar belakang Gunung Merapi yang megah dan cukup dekat dengan jangkauan mata. Meskipun begitu, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas gardu pandang dengan teropong dan area yang luas. Untuk menambah pengetahuan, kunjungi Museum Vulkanologi yang menawarkan beragam media belajar tentang sejarah dan karakter Gunung Merapi. Mulai dari koleksi bebatuan hasil letusan, foto meletusnya, hingga volcano theater.

 

5. Kyai Langgeng

Sumber: www.kyailanggeng.com

Bagi kamu yang mencari spot wisata berupa taman bermain air, Magelang juga punya lho. Taman Kyai Langgeng menawarkan beragam atraksi dan aktivitas seru yang tidak hanya bisa dinikmati anak-anak saja. Tapi pengunjung dewasa juga diajak untuk menikmati wahana penuh tantangan. Di antaranya flying fox, ATV, sepeda gantung, jembatan kaca, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga wisata edukasi untuk anak-anak di bagian taman satwa dan anjungan dirgantara. Satu lokasi wisata dengan puluhan keseruan ini dekat dengan pusat kota sehingga aksesnya mudah, apalagi untuk keluarga besar.

 

6. Gereja Ayam

Sumber: bob.kemenparekraf.go.id

Dinamakan sebagai Gereja Ayam karena puncak tempat ibadah ini memang menyerupai kepala ayam jantan, meskipun sebenarnya adalah kepala burung merpati dengan mahkota. Selain arsitektur yang unik, gereja yang ada di Bukit Rhema ini menawarkan keindahan pemandangan dari atas mahkota burung tadi. Apalagi jika kamu datang saat matahari terbit, dijamin keindahannya akan semakin memukai. Keunikan lainnya adalah meski bernama gereja, tempat wisata ini juga memiliki ruangan berdoa untuk kelima agama lainnya. Keren sekali, bukan? Jangan lupa juga untuk mencicipi menu khas Bukit Rhema di kedai yang letaknya masih satu komplek dengan Gereja Ayam.

 

7. Sungai Elo

Sumber: raftingelo.id

Apakah keluarga kamu suka dengan aktivitas air yang cukup menantang? Jika ya, maka Sungai Elo adalah destinasi di Magelang yang harus dicoba. Dengan atraksi utama berupa rafting, anak-anak dengan usia minimal 5-12 tahun juga bisa menikmati keseruannya lho. Kamu bisa memilih paket untuk program halfday atau oneday trip dengan durasi perjalanan 2,5-4 jam tergantung paket yang dipilih. Tenang saja, pengelola tidak hanya menyediakan peralatan keamanan yang lengkap. Tapi juga tim penyelamatan, tim P3K, dan asuransi. Untuk urusan makan, keluarga dapat menikmati hidangan dari pengelola atau membelinya dengan bebas di rumah makan dan warung di sekitarnya. Dijamin liburan kamu akan sangat berkesan di sini.

 

8. Sendang Mudal

Sumber: KSMTour.com

Tidak puas bermain air di Sungai Elo? Lanjutkan perjalanan kamu ke Sendang Mudal, telaga air yang terkenal dengan airnya yang jernih sekali. Jangankan kaki dan tanganmu, pasir di dasar kolam pun dapat terlihat dengan cukup jelas. Sumber air sendang ini tidak hanya bersih tapi juga terus berganti karena sirkulasinya yang baik. Dengan kedalaman sepinggang orang dewasa dan area kolam yang tidak terlalu luas membuat kamu mudah menjangkau anak-anak.

 

 

Selain daftar wisata Magelang di atas, sebenarnya masih banyak lagi destinasi yang tak kalah seru dan menarik untuk dikunjungi. Di antaranya adalah Lereng Merbabu, Candi Mendut, Punthuk Setumbu, Air Terjun Kedung Kayang, Hutan Pinus Kragilan, Mangli Sky View, dan Awang-awang Telomoyo.

Untuk memenuhi energi harian selama liburan, Enervon-C Effervescent adalah jawabannya. Dengan bentuk yang mudah larut dalam air, tubuh akan lebih cepat menyerap multivitamin dan mineral yang terkandung. Sehingga meski beraktivitas seharian penuh, imun tubuh dan stamina akan tetap terjaga. Persiapkan liburan kamu dan keluarga dari sekarang dengan memastikan persediaannya sebelum berlibur. Dapatkan Enervon-C Effervescent di Shopee atau Tokopedia officialnya.