Sebagai seorang pegawai negeri maupun karyawan swasta, kamu pasti akrab dengan istilah perjalanan dinas yang diadakan oleh instansi atau perusahaan tempatmu bekerja. Bagi sebagian besar orang, melakukan perjalanan dinas ke luar kota bahkan luar negeri adalah momen paling menyenangkan. Meski bepergian dalam rangka mengurus pekerjaan, namun perjalanan di luar kantor ini bikin suasana kerja jadi berbeda daripada rutinitas sehari-hari. Jika memungkinkan, kamu bisa mengisi waktu luang untuk explore tempat menarik di kota yang kamu kunjungi. Nah, agar semua berjalan sesuai keinginanmu, lakukan persiapan perjalanan dinas dengan baik. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam persiapan perjalanan dinas.

Tips Persiapan Perjalanan Dinas yang Praktis

1. Riset Kota Tujuan untuk Dinas

Langkah pertama dalam persiapan perjalanan dinas adalah lakukan riset kota tujuan dinas. Tujuannya tentu agar kamu dari awal telah mengetahui kondisi kota tujuan serta lebih mudah melakukan mobilitas selama business trip. Dimulai dari cari tahu informasi geografis, cuaca, transportasi lokal, hingga tempat penginapan. Dengan begitu, kamu tidak akan kebingungan selama dinas di kota tujuan.  

2. Cek Transportasi dan Akomodasi Perjalanan

Adakalanya urusan transportasi dan akomodasi selama perjalanan dinas, ditanggung sendiri oleh karyawan. Artinya, pada saat booking transportasi, penginapan, hingga konsumsi, menggunakan uang pribadi atau uang saku di awal. Perusahaan kemudian memberikan reimbursement atau uang pengganti business trip kepada karyawan dengan menyertakan nota pembayaran. 

Untuk itu, sebelum berangkat dinas, alangkah baiknya kamu pandai mengatur keuangan dengan memesan transportasi, hotel, dan paket konsumsi selama business trip. Memanfaatkan berbagai aplikasi online untuk traveling yang akan membantumu merencanakan business trip yang menyenangkan, seperti Traveloka, tiket.com, Agoda, KAI Access, dan lain sebagainya. Untuk menghemat anggaran, kamu bisa memanfaatkan berbagai promo dan voucher menarik dari aplikasi. Jangan lupa untuk catat semua pengeluaran ya!

perjalanan dinas 

3. Periksa Kembali Agenda Meeting atau Visit

Jika tujuan business trip melibatkan klien atau mitra, pastikan agenda meeting atau penandatangan kontrak kerja telah sesuai tanggal dan lokasinya. Sebagai perwakilan perusahaan, tunjukkan profesionalitasmu kepada klien atau mitra. Maka pastikan kamu mengkonfirmasi jadwal meeting kepada klien yang akan kamu temui. Hal ini penting untuk memastikan agenda meeting di luar kota berjalan lancar.

4. Persiapkan Materi Business Trip secara Lengkap

Sebelum berangkat dinas, pastikan semua materi saat bertemu dengan klien atau mitra di kota tujuan, telah kamu persiapkan dengan lengkap. Materi meeting biasanya dalam bentuk presentasi, dokumen, maket, laptop, modem internet atau lain sebagainya. Termasuk berbagai alat dan perlengkapan menjadi persiapan perjalanan dinas paling penting yang akan menjadi alat tempur untuk menyelesaikan pekerjaan. Di awal kamu bisa membuat list apa saja materi yang akan kamu bawa selama business trip untuk memastikan tidak ada yang tertinggal.

persiapan perjalanan dinas 

5. Siapkan Pakaian dan Perlengkapan Mandi

Sama seperti traveling untuk liburan, packing pakaian adalah hal krusial dalam persiapan perjalanan dinas. Sebelum berangkat, berikan waktu yang cukup untuk packing pakaian yang akan kamu kenakan saat bekerja di lokasi tujuan. Sesuaikan pakaian dengan jenis acara yang kamu lakukan. Pilih pakaian yang berbahan nyaman dan mudah dikemas di dalam tas atau koper.

Selain pakaian, siapkan pula perlengkapan mandi yang kini banyak dijual dalam ukuran travel size. Jangan selalu mengandalkan perlengkapan mandi yang ada di tempat penginapan karena bisa jadi tidak sesuai kebutuhanmu. Dengan membawa perlengkapan mandi pribadi ini kamu bisa menghemat pengeluaran serta tidak repot membelinya selama perjalanan.

6. Jaga Kondisi Tubuh Selalu Fit dan Prima

Fisik menjadi modal penting bagi setiap orang yang bekerja baik itu di kantor maupun saat business trip ke luar kota. Untuk mengoptimalkan produktivitas selama bekerja di luar kantor, sebaiknya kamu selalu menjaga kondisi tubuh selalu fit dan prima. 

Beberapa hari sebelum perjalanan dinas, pastikan kamu mempersiapkan kesehatan tubuhmu dengan baik. Mulai dari menjaga kualitas tidur yang cukup, asupan makanan bergizi, hingga meluangkan waktu untuk workout. Sehingga pada saat hari H, tubuhmu benar-benar fit dan siap melakukan perjalanan yang biasanya cukup melelahkan.

workout 

 

 

Agar stamina tubuhmu tetap prima, kamu memerlukan konsumsi multivitamin dan mineral tambahan secara rutin seperti Enervon Active!

Enervon Active adalah multivitamin terbaik dengan kandungan ENERZINC, yang bisa kamu konsumsi setiap hari lho! Multivitamin terbaik ini juga efektif bantu pembentukan energi di tubuh karena mengandung Non-acidic Vitamin C, Vitamin B Kompleks, dan juga Zinc. 

Enervon Active aman dikonsumsi untuk lambung dan nggak akan buat ketagihan. Multivitamin ini dalam kemasan praktis sehingga mudah kamu bawa kemana-mana selama perjalanan dinas.

Yuk, segera dapatkan produk Enervon Active untuk asupan harian dan miliki gaya hidup aktif setiap hari! Dapatkan produk aslinya dengan mengunjungi official store di Shopee atau Tokopedia berikut!