Jalan-jalan bersama keluarga atau teman satu geng menjadi impian sebagian besar orang. Konsep liburan paling sesuai untuk agenda tersebut adalah road trip. Secara garis besar, road trip adalah perjalanan darat panjang dari satu kota atau daerah ke kota lain dengan motor atau mobil dalam waktu yang berurutan. Penggunaan motor atau mobil biasanya tergantung dari kekuatan anggota road trip itu sendiri. Terlepas dari lelah dan tantangannya, konsep liburan bersama yang satu ini membawa beberapa manfaat. Simak manfaat dan tips mempersiapkannya berikut ini.

Manfaat Road Trip

1. Memperluas Kesempatan Menjelajahi Destinasi Wisata

Dengan mengemudi kendaraan secara mandiri, kamu dan rombongan memiliki kesempatan yang lebih luas untuk menjelajahi destinasi wisata. Kamu tidak perlu khawatir mengeksplorasi satu kota karena tidak ada batasan lokasi. Selama kamu dan kendaraan mampu menjangkaunya, tidak ada yang bisa menghalangi kamu untuk menemukan hidden gem dari kota tersebut. Bahkan bukan tidak mungkin kamu bisa menemukan destinasi wisata baru yang sedang viral dan/atau menawarkan pemandangan yang masih murni. Menarik, bukan?

2. Memudahkan Perjalanan Wisata Kuliner

Dalam suatu daerah, tidak jarang tempat makan andalan orang lokal justru berlokasi di tempat yang sulit dijangkau. Meskipun tempat makan tersebut tidak ada di pinggir jalan raya, kamu tetap bisa mengunjunginya dengan leluasa. Kamu akan menemukan serunya wisata kuliner yang sesuai dengan selera dan menu favorit di berbagai daerah yang menjadi rute perjalanan.

Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah memenuhi keinginan menu makan yang berbeda dari setiap anggota road trip. Tentu saja hal ini akan lebih meningkatkan keberagaman makanan yang kamu cicipi. Road trip waktu yang tepat untuk memanjakan lidah. Jangan lupa untuk memperhatikan pola makan sehat ya.

 

3. Memungkinkan Perjalanan yang Fleksibel

Telah sedikit terlihat dari kedua poin di atas, kamu dan rombongan akan lebih fleksibel melakukan perjalanan. Baik dari segi waktu, wilayah, hingga aktivitas yang dipilih. jauh berbeda jika kamu bergantung pada jadwal keberangkatan pesawat, kereta, atau transportasi umum lainnya.

Beberapa kegiatan seru seperti diving dan snorkeling memiliki batasan terkait penerbangan. Wisatawan yang melakukan aktivitas menyelam selama beberapa kali dalam sehari perlu memilih jadwal penerbangan minimal 18 jam setelah penyelaman terakhir. Hal ini tidak begitu berarti jika kamu melakukan road trip.

4. Meningkatkan Kualitas Momen Bersama

Manfaat terakhir dan yang paling banyak dicari adalah kualitas momen bersama yang meningkat. Kamu dan rombongan akan menghabiskan waktu bersama lebih banyak dibandingkan dengan transportasi umum. Terutama jika kamu memilih mobil sebagai kendaraan utama. Perjalanan antarkota dan destinasi yang memakan banyak waktu membuat hubungan anggota road trip lebih erat. Bukan tidak mungkin beberapa masalah komunikasi bisa terselesaikan sepulang dari perjalanan tersebut.

 

Tips Mempersiapkan Road Trip

1. Memilih Kendaraan Paling Nyaman dan Mengecek Kondisinya

Tips pertama datang dari pemilihan kendaraan untuk road trip. Motor akan cocok untuk kamu dan rombongan dengan fisik yang kuat dan bugar. Ketahanan mengemudi motor di jalan antarkota menjadi tantangan tersendiri. Sedangkan mobil akan cocok untuk anggota road trip dengan kondisi kesehatan yang beragam, seperti anggota keluarga anak-anak, remaja, dan lansia. Kendaraan apa pun yang dipilih harus dilakukan pengecekan kondisinya secara menyeluruh. Mulai dari kelengkapan dan performa setiap perangkatnya, menambah aksesoris kendaraan yang penting, hingga kualitas bahan bakar yang akan dibeli.

2. Menentukan Rute Perjalanan dan Tempat Beristirahat

Kemudian tentukan kota atau daerah yang akan dikunjungi untuk menjadi sebuah rute perjalanan. Dari sini kamu akan lebih mudah menentukan jalan yang akan diambil. Kenali jalan utama atau jalur antar provinsi yang akan dilalui. Sehingga meskipun kamu mengeksplor lokasi yang terpencil, kamu dan rombongan tetap bisa kembali ke jalur utama dengan mudah.

Termasuk memilih tempat atau titik untuk beristirahat sebelum sampai ke kota berikutnya. Pengemudi dan kendaraan sama-sama membutuhkan jeda waktu agar tidak rusak atau sakit. Jika memang membutuhkan tempat tidur yang lebih nyaman dibanding rest area, rencanakan juga penginapan yang akan diambil.

3. Menyiapkan Bekal Praktis dan Sehat

Perjalanan panjang tidak bisa dipisahkan dengan mempersiapkan bekal yang banyak. Beberapa orang lebih suka membawa sedikit dan membeli tambahannya di perjalanan dan yang lain memilih membawa banyak sekaligus dari rumah. Apa pun caranya, pilihlah jenis makanan dan minuman yang tidak hanya praktis, tapi juga menyehatkan tubuh. Melakukan perjalanan membutuhkan energi yang cukup besar, sehingga asupan gizinya harus mendukung pemenuhan kebutuhan tubuh. Apalagi untuk kamu yang akan banyak memegang kemudi kendaraan.

4. Menjaga Kesehatan Beberapa Hari sebelum Berangkat

Agar perjalanan kamu diawali dengan tubuh yang bugar dan siap berkendara, jagalah kesehatan beberapa hari sebelum berangkat. Pola makan dan pola istirahat yang teratur akan sangat memengaruhi kondisi tubuh selama perjalanan. Termasuk dalam menikmati momen seru bersama.

Untuk mendukung pelaksanaan road trip yang lancar dan menyenangkan, penting sekali menjaga tubuh tetap sehat dan berenergi. Agar proses pemenuhan asupan gizi berimbang tetap bisa dilakukan, manfaatkan berbagai macam produk suplemen yang ada. Enervon-C Effervescent hadir dalam bentuk yang mudah larut dalam air. Selain mencukupi kebutuhan vitamin dan cairan tubuh harian, kamu dan rombongan dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama road trip. Dapatkan produknya yang asli dengan membuka toko official Tokopedia atau Shopee sekarang juga.