Jalan-jalan atau wisata ke luar negeri menjadi salah satu impian sebagian besar orang. Baik untuk mencoba beragam atraksi, berwisata kuliner, hingga nonton konser musisi kesayangan adalah sederetan latar belakang seseorang ingin pergi ke luar negeri. Apalagi jika negara tersebut telah memberikan izin bebas berkunjung, tentu kamu tidak lagi perlu mengurus visa. Dikenal dengan istilah negara bebas visa, banyak sekali daya tarik yang harus dikunjungi untuk mengoptimalkan kemudahan ini. Simak daftarnya berikut ini.

Negara Bebas Visa dan Visa On Arrival

Negara bebas visa untuk Warga Negara Indonesia (WNI) adalah negara yang telah memberikan izin bagi pemegang paspor Indonesia untuk masuk ke wilayah mereka meski tanpa membawa visa. Kamu bisa masuk negara tersebut tanpa visa sama sekali atau dengan memiliki Visa On Arrival.

Setiap negara memiliki batas waktu yang berbeda, namun rata-rata pemerintah negara ini memberikan izin dengan jangka waktu maksimal 30 hari. Sedangkan untuk tujuan yang diperbolehkan mengunjungi negara ini selain wisata adalah tugas pemerintahan, pembicaraan bisnis, pembelian barang, rapat, dan transit.

Nah, untuk tujuan wisata, terdapat kurang lebih 72 negara bebas visa yang bisa dikunjungi. Kamu hanya perlu membawa paspor yang masih berlaku dan tiket kembali atau tiket terusan untuk melanjutkan perjalanan berikutnya. Dengan mengikuti protokol kesehatan Indonesia dan negara tujuan, kamu bisa menjelajahi keindahannya. Simak 7 negara bebas visa yang direkomendasikan untuk menghabiskan waktu berlibur kamu.

Destinasi Wisata Negara Bebas Visa Paling Direkomendasikan

1. Singapura – bebas visa 30 hari

Destinasi pertama yang direkomendasikan adalah negara tetangga, Singapura. Dengan konsep wisata kota, kamu bisa menjelajahi beragam keindahan negara ini yang dipadukan dengan kecanggihan teknologi. Sebut saja Singapore Cable Car, The Original DUCKtours, Singapore Flyer, hingga Changi Experience Studio. Cocok juga untuk wisata keluarga, negara ini juga menawarkan keseruan wisata edukasi bagi anak-anak. Mulai dari yang paling ikonik, yaitu Universal Studio Singapore. Hingga beragam lokasi wisata bertemakan flora dan fauna, seperti S.E.A. Aquarium, Singapore Zoo, River Wonders, dan Night Safari. Lengkap sekali, bukan?

2. Malaysia – bebas visa 30 hari

Negara tetangga berikutnya yang tak boleh dilewatkan adalah Malaysia, negara rumpun melayu yang menawarkan beragam keseruan. Terbagi menjadi dua bagian, Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Malaysia Barat akan memberikan kamu pengalaman menjelajahi budaya Malaysia. Mulai dari wisata kuliner di Gurney Drive, Menara Petronas yang memukau, keseruan Legoland Malaysia, hingga menariknya budaya umat Hindu di Gua Batu dan budaya Cina di Kuil Kek Lok Si. Sedangkan Malaysia Timur akan menyajikan deretan wisata alam yang masih murni, seperti Pulau Manukan, Pulau Mantanani, Gunung Kinabalu, dan Gua Mulu.

3. Thailand – bebas visa 30 hari

Salah satu destinasi paling ikonik di Thailand adalah Phuket. Namun pemandangan alam lain yang tak kalah cantik di sana adalah Pantai Railay, Krabi, Chiang Mai, dan Phu Thok. Dari segi wisata budaya, tempat wisata paling direkomendasikan adalah The Grand Palace, Wet Arun, Pattaya, dan Sung Nong Nooch. Negara yang juga populer dengan beragam street food-nya ini menjadi surga kuliner bagi kamu yang ingin memanjakan lidah.

4. Hong Kong – bebas visa 30 hari

Hong Kong terkenal menjadi negara dengan kebijakan ekonomi yang cukup bebas. Tak heran jika atraksi wisata yang ditawarkan pun sangat beragam untuk semua usia. Mulai dari Hong Kong Disneyland, Ocean Park, Star Ferry, Sky100 yang menawan, hingga pusat belanja Tsim Sha Tsui yang megah. Untuk penjelajahan malam hari, lokasi yang direkomendasikan adalah Lan Kwai Fong dan Temple Street Night Market.

5. Yordania – visa on arrival 90 hari

Untuk kamu yang suka dan gemar menjelajahi sejarah dan budaya islam, negara Yordania adalah pilihan yang tepat. Selain Laut Mati yang populer, kamu bisa menyaksikan bukti kemegahan kerajaan zaman sebelum masehi. Mulai dari situs warisan dunia Petra, Al Khazneh, Madaba, hingga Jerash yang penuh dengan peninggalan sejarah Romawi. Negara Timur Tengah yang cantik dan sayang untuk dilewatkan.

6. Qatar – bebas visa 30 hari

Menjadi tuan rumah piala dunia 2022, Qatar ternyata termasuk dalam negara bebas visa. Kamu bisa menjelajahi budaya dan sejarah islam dengan konsep perkotaan yang meriah. Mulai dari Museum Seni Islam, Souq Waqif, Benteng Al Zubara, hingga Qatar National Museum siap memberikan kamu edukasi yang menarik. Jangan lupakan juga gedung pencakar langit Burj Khalifa dan indahnya gurun pasir Qatar.

7. Bermuda – bebas visa tanpa batasan waktu

Bermuda adalah satu-satunya negara bebas visa tanpa batasan waktu yang harus dikunjungi untuk wisata. Beberapa destinasi wisata yang patut dikunjungi adalah Crystal & Fantasy Caves, Museum Nasional Bermuda, Teluk Tobacco, Pantai Elbow, Gibb’s Hill Lighthouse, dan Unfinished Church. Sedangkan untuk wisata keluarga, kamu bisa mengunjungi Akuarium, Museum, dan Kebun Binatang Bermuda. Negara dengan suhu hangat yang siap memberikan pengalaman berharga bagi kamu dan keluarga.

Sudahkah kamu memilih negara bebas visa mana yang akan dituju? Dengan daya tarik unik, setiap negara akan memberikan pengalaman penjelajahan yang berbeda. Buat semua kunjungan kamu dan teman atau keluarga semakin berkesan dengan menjaga kesehatan tubuh.

Perjalanan jauh ke lingkungan dengan suhu dan kondisi yang berbeda dengan Indonesia perlu dipersiapkan dengan baik. Salah satunya dengan membawa vitamin peningkat imun tubuh. Enervon-C Effervescent hadir dengan banyak keunggulan yang cocok untuk kamu bawa. Mulai dari kandungan vitamin dan mineral lengkap, bahan yang nyaman bagi lambung, hingga bentuk yang praktis dibawa dan mudah larut dalam air. Pastikan kamu telah memilikinya sebelum berlibur ke luar negeri dengan mengakses langsung Shopee atau Tokopedia Enervon. Temukan juga beragam varian lain untuk menunjang kesehatan tubuh kamu dalam toko yang sama.