Menurut KBBI, kata “stamina” memiliki dua pengertian dari segi fisik dan psikis. Pertama, stamina adalah kekuatan dan energi fisik untuk mempertahankan kesehatannya selama beraktivitas. Kedua, stamina sebagai ketabahan dan ketahanan mental seseorang dalam menghadapi semua kegiatannya. Tubuh manusia memiliki tingkat stamina yang beragam. Sebagian orang sudah lelah dengan aktivitas padat pada siang hari. Namun banyak juga yang bisa mempertahankan staminanya hingga sebelum tidur. Akhirnya tidak jarang seseorang mencoba menemukan cara menambah stamina paling efektif.

Secara garis besar, stamina tubuh akan bertambah dan menurun secara stabil jika kamu memiliki pola hidup sehat. Banyak orang dengan pola hidup yang baik akan memiliki stamina yang tinggi meski harus melalui hari yang padat. Untuk itu, mari memulai sebagian atau semua cara menambah stamina yang efektif dan aman di bawah ini.

Cara Menambah Stamina yang Efektif dan Aman

1. Bangun Pagi dan Sarapan Sehat

Salah satu tanda tubuh dengan stamina yang kuat adalah bangun pagi dengan badan yang segar. Siklus tidur dengan ritme sirkadian yang baik akan membuat kamu siap mengawali hari. Jangan sampai melewatkan sarapan dengan alasan tidak sempat atau kurang berselera makan. Sarapan sehat sederhana dengan proses pembuatan yang praktis sudah banyak variasinya. Selain menjaga konsentrasi, sarapan juga akan membuat stamina berada pada level terbaik untuk memulai hari.

2. Lakukan Peregangan atau Olahraga Ringan

Sebelum atau sesudah sarapan, sempatkan diri untuk melakukan peregangan ringan selama kurang lebih 10 menit agar otot yang digunakan tidur semalaman tidak kaku. Selain itu, kamu juga akan lebih berenergi. Bahkan jika bisa, dapatkan sinar matahari dan udara segar untuk membantu meningkatkan suasana hati.

3. Pola Makan Tepat

Asupan nutrisi yang cukup dan lengkap akan menambah stamina dan mencegah rasa kantuk datang di siang hari. Secara garis besar, pola makan yang disarankan adalah bahan makan yang bergizi, bervariasi, dan tepat waktu. Agar waktu makan teratur, hindari camilan dengan kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi. Selain itu, kurangi frekuensi mengonsumsi late night snack agar pencernaan tidak bekerja terlalu berat.

4. Mengurangi atau Menghindari Rokok

Tubuh membutuhkan hormon sitokinin untuk melakukan proses pertumbuhan dan perkembangan, termasuk menghambat proses penuaan. Hormon ini akan dihasilkan tubuh saat tidur. Sedangkan rokok meningkatkan kecenderungan seseorang untuk terjaga sehingga produksi hormon tersebut menurun. Kondisi yang berlangsung terus menerus dalam waktu lama ini yang memengaruhi stamina tubuh juga ikut menurun.

5. Membatasi Konsumsi Kafein

Kafein memang banyak dituju untuk meningkatkan konsentrasi dan kesadaran. Zat ini juga dikenal mampu meningkatkan stamina secara instan dan efektif. Namun dampak jangka panjangnya kurang aman bagi tubuh. Minum kopi yang disarankan bagi usia dewasa yang sehat adalah maksimal 400 mg atau sekitar 4 gelas.

6. Minum Air Putih Teratur

Cegahlah penurunan stamina tubuh dengan memastikan konsumsi cairan tercukupi. Hidrasi tubuh yang tepat akan membuat stamina lebih stabil selama seharian. Jangan menunggu haus baru minum. Jika kamu sering lupa minum karena terlalu fokus bekerja atau belajar, cobalah dengan mengatur alarm minum setiap 2 jam sekali di antara jadwal makan besar.

7. Camilan Berbahan Aman dan Sehat

Bicara soal makan besar, tak bisa dipungkiri kita suka makan atau minum yang sifatnya sebagai camilan. Agar tidak ada zat gizi yang tidak diperlukan tubuh menumpuk, hindari camilan dengan kandungan gula, garam, dan lemak yang tinggi. Pilih bahan makan yang memiliki kandungan gula alami seperti buah atau garam dan lemak alami seperti kacang-kacangan. Pertimbangkan juga memilih makanan dan minuman herbal yang menambah stamina.

8. Melatih Kekuatan Otot

Kunci dari stamina yang tinggi adalah latihan yang konsisten meskipun tidak berat. Pilih olahraga favorit yang menyenangkan untuk dilakukan setiap hari. Cukup dengan olahraga selama kurang lebih 30 menit per hari dan 4-5 kali seminggu, kamu akan merangsang kekuatan otot dan organ tubuh lainnya. Jika ingin mendapatkan manfaat ganda bagi psikis, yoga dan meditasi bisa menjadi alternatif pilihan.

9. Mengelola Beban Pikiran

Telah dijelaskan pada awal pembahasan bahwa stamina juga berkaitan erat dengan ketahanan mental. Salah satu cara yang ampuh dilaksanakan adalah dengan pintar mengelola beban pikiran. Baik beban yang berasal dari lingkungan kerja, lingkungan pertemanan, maupun yang berasal dari diri sendiri. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, begitu pun sebaliknya.

10. Tidur Berkualitas dan Cukup

Terakhir namun tak kalah penting, menambah stamina bisa didapatkan dari cara istirahat atau tidur yang tepat. Manusia dewasa membutuhkan setidaknya 7-8 jam tidur agar badan dapat berfungsi prima pada hari berikutnya. Selain kuantitas, kualitasnya juga perlu diperhatikan. Misalnya dengan menambah diffuser beraromaterapi di rumah, mematikan lampu kamar, dan memilih bantal paling nyaman. Cara menambah stamina yang satu ini berpengaruh besar pada praktik poin lainnya.

Stamina Tinggi Bersama Enervon Active

Stamina tubuh yang stabil menjadi sebuah kebutuhan semua orang, terutama dengan aktivitas padat setiap hari. Tidak hanya bekerja dan belajar, liburan dengan menjelajahi alam dan aktivitas seru lain juga membutuhkan stamina untuk menciptakan momen indah bersama keluarga dan teman. Enervon Active siap menemani kamu melalui semua hari padat. Di rumah, di kantor, hingga di destinasi wisata keren patut dipersiapkan dengan mengonsumsi suplemen makan ini. Kandungan vitamin dan mineral yang beragam akan membantu memastikan kecukupan energi harian dan menjaga daya tahan tubuh. Produk yang asli juga bisa diakses melalui Tokopedia atau Shopee resmi kapan saja. Ayo tambah stamina tubuh dan selesaikan hari dengan momen berharga.